Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba
info gambar utama

Berkunjung ke Jawa Timur tidak akan lengkap jika tidak mencoba kuliner di sana. Kebetulan, Jawa Timur punya aneka makanan khas yang enak dan tersebar di berbagai daerah. Umumnya, makanan khas Jawa Timur memiliki cita rasa asin, gurih, pedas, dan kaya rempah. Namun, ada juga beberapa makanan khas di sana yang memiliki cita rasa manis.

Berikut ini, ada beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa kamu coba saat nanti berkunjung ke provinsi beribu kota Surabaya tersebut!

1. Rawon

Ini adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling populer. Kuahnya yang hitam dan cita rasa yang kaya rempah adalah ciri khas dari makanan ini. Kuah pada rawon dibuat dari kluwek yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar dan kemiri. Kuah tersebut lalu diberi tambahan potongan daging sapi yang dipotong kotak-kotak dan tauge.

Selain menyantapnya bersama nasi, kamu juga bisa menyantap rawon bersama telur asin, sambal, jeruk nipis, dan kerupuk udang. Ada tiga warung rawon yang bisa kamu kunjungi jika ingin menyantap makanan ini, yaitu Rawon Nguling di Pasuruan, Rawon Setan di Jalan Embong (Malang), dan Rawon Kalkulator di Taman Bungkul (Surabaya).

Baca juga: 10 Makanan Khas Jogja yang Istimewa, Tak Hanya Gudeg Lho!

2. Bakso Malang

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu bakso ikonik di Indonesia ini. Bakso ini bisa kamu temukan di seluruh suduh Kota dan Kabupaten Malang. Ciri khas makanan ini adalah pada penggunaan pangsit yang menambah cita rasa gurih pada makanan ini.

Pangsit tersebut lalu disajikan bersama dengan bakso, tahu coklat atau tahu putih, bakso aci, mie atau bihun, sayuran, serta tentu saja kuah bakso yang gurih dan hangat. Jika ingin menikmati makanan khas Jawa Timur ini, kamu bisa datang ke Bakso President, Bakso Prima Cak Bowo, atau Bakso Pemuda. Ketiganya sama-sama bisa kamu temukan di kota Malang.

Baca juga: 7 Makanan Khas Jakarta yang Lezat dan Wajib Dicoba

3. Soto Lamongan

Kamu yang suka soto dan sedang di Jawa Timur wajib menyantap makanan satu ini. Tidak seperti soto umumnya, soto Lamongan menggunakan taburan koya yang ditaburkan ke atas sotonya. Isian soto Lamongan sendiri umumnya terdiri dari irisan kol, suwiran daging ayam, daun bawang, bihun, tomat, dan potongan telur ayam. Semua isian soto tersebut lalu disiram kuah bening kekuningan dan diberi taburan koya di atasnya.

Salah satu warung soto Lamongan yang terkenal adalah Depot Asih Jaya. Warung soto Lamongan yang sudah ada sejak 1986 ini tidak hanya warga sekitar Lamongan saja. Warga luar kota sampai tokoh-tokoh terkenal juga pernah ke sana. Depot Asih Jaya sendiri bisa kamu sambangi di jalan Panglima Sudirman No. 84, Dapur Timur, Banjarmendalan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62212.

Baca juga: 5 Makanan Khas Riau dengan Kuah yang Menggugah Selera

4. Pecel Madiun

Selain dikenal sebagai kota perdagangan, pendidikan, dan industri, Madiun juga dikenal sebagai kota wisata kuliner lewat salah satu makanan khas di sana, pecel Madiun. Makanan ini berisi berbagai macam sayur yang diberi sambal kacang, serta disajikan di atas daun pisang. Makanan tersebut bisa disantap bersama nasi, peyek, dan lauk pauk lainnya.

Salah satu tempat yang cocok untuk menikmati makanan ini adalah Nasi Pecel 99 Madiun. Tempat ini menyajikan pecel Madiun dengan sambal kacang hasil resep buatan sendiri. Pecel Madiun di tempat ini bisa kamu nikmati bersama nasi, lauk pauk, serta rempeyek kacang atau kedelai. Menurut situs Tripzilla, tempat yang sudah ada sejak 1987 ini merupakan salah satu rumah makan kesukaan mantan presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

5. Gethuk Pisang

Berbeda dengan empat makanan khas sebelumnya, makanan satu ini memiliki cita rasa yang cenderung manis. Berbeda dari getuk kebanyakan, getuk khas Jawa Timur ini dibuat dari pisang raja yang sudah matang.

Baca juga: 5 Makanan Khas Jambi Bercita Rasa Manis

Jenis pisang tersebut dipilih karena memiliki cita rasa yang khas, serta memiliki tekstur yang cocok untuk dijadikan gethuk pisang. Makanan ini biasanya disajikan dengan daun pisang dan lidi, serta memiliki tampilan mirip pepes atau lontong. Makanan ini bisa kamu temui pada penjaja jajanan pasar yang ada di Kediri.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini