10 Spot Foto Estetik Di Kota Lama Semarang

10 Spot Foto Estetik Di Kota Lama Semarang
info gambar utama

Kota Lama Semarang adalah salah satu destinasi wisata bersejarah ikonik di Jawa Tengah. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan bergaya klasik kolonial dengan sejarah panjang dari abad ke-16.

Gaya dan bentuk bangunannya yang unik membuat Kota Lama menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi untuk berburu spot foto yang estetik dan klasik. Selain itu jalan dan penataan bangunan di Kota Lama juga tertata rapi serta kamu dapat dengan leluasa mengeksplor kawasan ini karena destinasi wisata ini tidak dipungut biaya serta dapat diakses dengan kendaraan bermotor atau sepeda.

Nah bagi kamu yang ingin berburu spot foto estetik nan klasik di kawasan Kota Lama Semarang, berikut adalah 10 rekomendasi spot foto di Kota Lama yang perlu kamu kunjungi.

1. Gedung Marabunta

Gedung Marabunta menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Bangunan ini dahulu bernama “Schouwburg” yang memiliki arti gedung pertunjukan atau teater. Dan sekitar tahun 1824, Gedung Marabunta dibangun dengan tujuan sebagai tempat hiburan dan pertunjukan Komedi Stamboel atau teater sandiwara keliling mirip sirkus yang saat itu populer di dataran Eropa.

Selain itu, Gedung Marabunta juga dijadikan sebagai pertunjukan musik dan tarian yang mendatangkan musisi dan penari terkenal pada masa era kolonial. Lalu pada masa pasca kemerdekaan, Kodam VII Diponegoro mendapatkan hak untuk menggunakan gedung ini dan dikelola oleh perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) yang bernama “Marabunta”.

Arti nama Marabunta sendiri berasal dari spesies semut tentara yang terkenal ganas, dan menjadi nama gedung ini hingga sekarang serta di atasnya dibangun patung semut raksasa.

2. Gedung Marba

Gedung Marba menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Gedung bergaya klasik renaisans ini dibangun dan dimiliki oleh saudagar yang bernama Marta Badjunet. Gedung ini pun diberi nama berdasarkan akronim dari nama pemiliknya dan dijadikan sebagai kantor urusan pelayaran serta toko dagang yang bernama Ekspedisi Muatan Kapal Laut.

3. Gedung Spiegel

Gedung Spiegel menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Gedung Spiegel pertama kali dibangun pada tahun 1895 oleh kongsi pengusaha Austria-Hungaria keturunan Yahudi, yaitu Moritz Moses Addler (1854-1927), Herman Spiegel (wafat 1911), dan Ignacz Back (1873-1955). Gedung ini awalnya digunakan sebagai toko yang menjual pakaian dari merk-merk ternama hingga dekorasi rumah dan bernama NV Winkel Maatschappij "H Spiegel".

Lalu setelah berakhirnya kolonial Hindia Belanda, Gedung Spiegel ini beralih fungsi menjadi gudang dengan kondisi terbengkalai dan tidak terawat. Hingga pada 8 Juni 2015, Gedung Spiegel direstorasi menjadi Spiegel Bar & Bistro dan beralih fungsi menjadi restoran dan kafe.

4. Taman Garuda

Taman Garuda menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Taman Garuda adalah salah satu ruang terbuka hijau yang berada di kawasan Kota Lama. Taman yang terletak di Jalan Garuda Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang ini memiliki keunikan dengan adanya Patung Garuda yang berada di tengahnya. Walau berukuran kecil, Taman Garuda kerap kali menjadi tempat alternatif menikmati sore dan spot foto dengan spot Patung Garuda ini.

5. Taman Srigunting

Taman Srigunting menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Taman ini dahulu pernah menjadi lapangan parade atau dalam bahasa Belanda disebut paradeplein. Kawasan ini menjadi tempat bagi tentara-tentara Belanda untuk melaksanakan latihan militer dan upacara. Hingga pada akhir tahun 1970, kawasan ini mulai dibangun menjadi paru-paru kota dan ditanami berbagai pohon dan tanaman.

Tetapi saat itu Taman Srigunting belum menjadi seperti sekarang ini dan belum boleh dikunjungi oleh masyarakat. Hingga pada tahun 2004, Taman Srigunting mulai dibuka untuk umum dan menjadi salah satu destinasi favorit di kawasan Kota Lama Semarang.

Baca Juga 10 Rekomendasi Tempat Wisata Hidden Gems di Kota Semarang.

6. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Gereja Blenduk dibangun pada tahun 1753 dengan gaya Neo-Klasik dan menjadi salah satu landmark dari Kota Semarang. Gereja yang terletak di Jalan Letjend Suprapto No. 32, Kota Lama Semarang ini memiliki keunikan dengan bentuk kubahnya yang menggembung. Keunikan dari gereja inilah yang mendasari nama Gereja Blenduk ini, yang dalam bahasa Jawa berarti menggembung.

Gereja yang sekarang bernama Gereja GPIB Immanuel ini memiliki gaya bangunan setangkup dengan facade tunggal yang secara vertikal terbagi atas tiga bagian. Dengan jumlah lantainya sebanyak dua buah dan menghadap ke Selatan. Gereja Blenduk hingga kini masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu.

7. Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan salah satu museum bernuansa modern di Semarang dengan interior minimalis berwarna putih yang menyajikan karya-karya seni kontemporer karya seniman kontemporer seperti Eddy Susanto dan Mujahidin Nurrahman. Museum ini menyajikan berbagai jenis karya seni dari lukisan, patung, hingga berbagai seni abstrak lainnya. Di Museum Semarang Contemporary Art Gallery.

8. Pasar Klithikan Asem Kawak

Pasar Klithikan Asem Kawak menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Pasar klithikan adalah salah satu pasar barang klasik dan vintage yang bertempat di Gedung Industri Kreatif Jl Garuda No. 1. Di pasar ini menjual berbagai macam jenis barang kuno, mulai dari keramik, patung-patung, guci, artefak, furniture, reklame, pusaka hingga batu candi relief.

Bahkan, koleksi uang dan permainan tradisional pun tersedia. Selain itu kamu juga bisa berbincang dengan penjual terkait sejarah barang tersebut dan berfoto berlatarbelakang barang-barang yang dijual disana.

9. Museum Kota Lama

Museum Kota Lama menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Museum Kota Lama adalah museum yang menyajikan sejarah Kota Semarang dari awal berdirinya pada tahun 1547 hingga saat ini. Museum yang baru diresmikan tanggal Februari 2022 ini menyajikan edukasi dan pendekatan menggunakan teknologi visual yang futuristik, sehingga sangat cocok menjadi destinasi wisata bagi kamu untuk menghabiskan weekend ini.

10. Rumah Akar

Rumah Akar menjadi spot foto estetik, instagramable, dan vintage di Kota Lama Semarang

Rumah akar adalah sebuah julukan pada rumah tua yang dibelit akar pohon besar di Jl. Jalak, Kota Lama. Bangunan ini menjadi saksi bisu sejarah panjangnya jurnalistik di Semarang. Rumah akar dulunya adalah kantor koran NV Dagblad de Locomotief, koran berbahasa Belanda tertua di Semarang pada tahun 1863.

Lalu setelah masa kemerdekaan Indonesia, kantor koran ini pun terpaksa direbut dan diambil alih grup Tempo. Dan lalu bangunan tersebut juga sempat dimanfaatkan sebagai markas koran Suluh Marhaen sebelum akhirnya menjadi tidak terawat dan ditinggalkan.

Nah itulah beberapa spot foto estetik dan kekinian di Kota Lama Semarang yang sangat cocok kamu abadikan dan menjadi feeds media sosial kamu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin berkunjung ke Kota Lama ini ya!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini