Kabar Gembira, 3 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia Menuju Status WNI

Kabar Gembira, 3 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia Menuju Status WNI
info gambar utama

Timnas Indonesia mendapat kabar kembira dari tiga calon pemain naturalisasi barunya. Mereka semakin dekat untuk bisa resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan membela Timnas Indonesia.

Tiga calon pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia adalah Shayne Pattynama, Jordi Amat, dan Sandy Walsh. Mereka adalah pesepak bola yang berkarier di luar negeri dan punya garis keturunan orang Indonesia.

Ketiganya telah menempuh proses naturalisasi agar mendapatkan status WNI. Proses yang mereka jalani sejauh terbilang positif dan lancar.

Peran Tokoh Betawi MH Thamrin Persatukan Bangsa Melalui Sepak Bola

Rekomendasi Disetujui

Untuk Shayne Pattynama, rekomendasi kewarganegaraan Indonesia untuk diberikan kepadanya telah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Komisi X DPR RI lebih dulu memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan tersebut. Kemudian Komisi III menyusul melakukan langkah serupa.

"Komisi III DPR RI menyetujui pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Adies Kadir, pimpinan sidang Komisi III DPR RI sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPR, seperti dilansir laman resmi PSSI.

Perlu diketahui, Komisi III DPR RI mengadakan rapat kerja dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Menteri Pemuda dan Olahraga di Gedung DPR RI Senayan pada Rabu (9/11). Dalam rapat kerja tersebut turut hadir Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen Yunus Nusi.

Shayne saat ini memegang kewarganegaraan Belanda, dengan darah Indonesia yang mengalir dari ayahnya. Pemain berusia 24 tahun itu kini membela klub Liga Norwegia, Viking FK.

Menanti Laga Timnas Indonesia Vs Belanda Terwujud Lagi

Menunggu Disumpah

Sementara rekomendasi kewarganegaraan Shayne Pattynama baru disetujui, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa dibilang lebih maju.

Jordi dan Sandy kini tinggal menunggu disumpah sebagai WNI. Artinya, mereka tinggal selangkah lagi untuk bisa membela Timnas Indonesia. Namun belum diketahui pasti kapan pengambilan sumpah akan dilaksanakan.

Rekomendasi Jordi dan Sandy sudah lebih dulu disetujui oleh Komisi III dan Komisi X DPR. Mereka juga telah melewati tahapan lain mulai dari wawancara di Badan Intelejen Negara (BIN) hingga cek kesehatan.

Keduanya berpeluang untuk tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Syaratnya, mereka harus sudah disumpah sebelum 20 November 2022 karena tanggal tersebut adalah tenggat waktu pendaftaran pemain.

Seperti Shayne, Jordi dan Sandy juga punya kewarganegaraan Belanda. Jordi bermain bagi klub Johor Darul Ta'zim, sedangkan Sandy di KV Mechelen.

Luis Milla ke Persib, Sepak Bola Indonesia Semakin Ramai oleh Pelatih Kelas Dunia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini