Kilas Balik Perhelatan Akbar Miss Grand International 2022 di Indonesia

Kilas Balik Perhelatan Akbar Miss Grand International 2022 di Indonesia
info gambar utama

Perhelatan akbar Miss Grand International 2022 telah selesai dilaksanakan pada Selasa, 25 Oktober 2022 lalu. Kendati telah memasuki satu bulan pascamalam final, kontes kecantikan dunia yang digelar di dua kota ini masih menyisakan rasa haru dan bangga. Bagaimana tidak, Indonesia berhasil menjadi tuan rumah dengan baik dan membawa pulang mahkota juara tiga (second runner-up).

Berasal dari Thailand, Miss Grand International (MGI) merupakan ajang kecantikan yang mengadvokasikan perdamaian dunia. Penyelenggaraan MGI 2022 bertepatan dengan satu dekadenya kontes besutan Nawat Itsaragrisil ini. Tidak tanggung-tanggung, kontestan pada edisi kali ini dikarantina selama kurang lebih satu bulan.

Selama proses karantina tersebut, sebanyak 69 ratu kecantikan dari berbagai negara melakukan serangkaian kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Selama karantina, kontestan juga dinilai secara tidak langsung. Jika Kawan tidak sempat mengikuti keseruan MGI 2022 pada bulan lalu, berikut rangkuman yang perlu Kawan simak.

Dibuat Lebih Spesial

Presiden Miss Grand International, Nawat Itsaragrisil, beserta kontestan MGI 2022 di The Seminyak Beach Resort and Spa | Foto: Miss Grand International/Facebook
info gambar

Pergelaran MGI 2022 dapat dikatakan spesial. Selain karena merayakan sepuluh tahun berdirinya organisasi MGI, edisi kali ini juga menjadi edisi perdana Indonesia sebagai tuan rumah. Karantina MGI 2022 berlangsung di dua kota, yakni Bali pada 4–14 Oktober dan Jakarta pada 15–26 Oktober. Seluruh kontestan bermalam di The Seminyak Beach Resort and Spa, Bali dan Le Meridien Jakarta.

Karantina dimulai dengan acara penyematan selempang (sashing ceremony). Dalam acara ini, masing-masing kontestan diberikan selempang yang bertuliskan nama negaranya. Uniknya, sashing ceremony MGI 2022 digelar di tepi pantai pada sore hari menjelang malam, sehingga keindahan langit Bali berhasil dipertontonkan.

Sashing ceremony tersebut sekaligus meresmikan jalannya karantina MGI 2022. Dari sana, kontestan kemudian melakukan berbagai kegiatan dan tampak menikmati pengalaman mereka selama berada di Indonesia, mulai dari kunjungan ke berbagai tempat hingga terlibat dalam kegiatan kebudayaan.

Tidak hanya itu, MGI edisi kali ini juga tampak spesial dari penghargaan yang diberikan kepada pemenang. Jika biasanya hanya kontestan yang berhasil masuk lima besar (top five) yang diberikan mahkota, edisi kali ini lebih ekstra dengan memahkotai sepuluh peserta terbaik (top ten). Sepuluh besar MGI 2022 juga dilibatkan dalam proyek kerja selama beberapa waktu di Bangkok, Thailand.

Desainer Asal Banyuwangi Rancang Kostum untuk Mesir di Miss Grand International 2021

Mengeksplor Eksotisme Bali

Kontestan MGI 2022 mengunjungi Puri Lukisan Museum | Foto: Miss Grand International/Facebook
info gambar

Selama menjalani karantina di Bali, kontestan MGI 2022 disuguhkan dengan eksotisme Pulau Dewata. Dalam kurun waktu tidak sampai dua minggu, mereka diajak untuk mengeksplor berbagai tempat di Bali dan ikut andil dalam pertunjukkan budaya.

Beberapa hari setelah karantina resmi dimulai, para kontestan melangsungkan kompetisi pakaian olahraga (sportswear competition). Kompetisi yang berlangsung pada 9 Oktober 2022 itu dilaksanakan di Bebek Tepi Sawah Bali. Ini merupakan terobosan Indonesia selaku tuan rumah, pasalnya kompetisi pakaian olahraga baru digelar pada edisi MGI 2022.

Selanjutnya, pada 11 Oktober 2022, kontestan MGI tampil dalam pertunjukkan spektakuler bertajuk “Bali Agung The Grand Show”. Pertunjukkan yang mengangkat kisah raja Bali tersebut merupakan kolaborasi antara seratus penari teater Bali Agung dan seluruh kontestan MGI.

Bali Agung Show sejatinya pertunjukkan rutin yang digelar oleh Bali Safari. Biasanya, pertunjukkan ini menampilkan seni pertunjukkan tradisional Pulau Dewata yang dikombinasikan dengan aksi satwa-satwa yang ada di Bali Safari.

Khusus kali ini, Bali Agung The Grand Show melibatkan kontestan MGI 2022 yang menampilkan kebolehan mereka dalam ber-catwalk. Mereka tampil anggun dengan balutan kebaya Bali modifikasi. Tidak sedikit dari mereka yang juga belajar tarian Bali untuk menambah keindahan penampilannya.

Agenda eksplor Bali berlanjut ke Puri Lukisan Museum pada 13 Oktober 2022. Di sini, seluruh kontestan MGI mengenakan kebaya tradisional Bali berwarna putih, lengkap dengan kain tenun sebagai bawahannya. Mereka belajar tarian Bali, bermain alat musik gambang, dan membuat suvenir khas Bali.

Kontestan Indonesia Resmi Menyandang Gelar Miss International 2017

Berkunjung ke Monas dan Tampil di JMFW

Kontestan MGI 2021 mengenakan busana rancangan desainer Indonesia di JMFW 2022 | Foto: Miss Grand International/Facebook
info gambar

Seluruh kontestan bertolak menuju Jakarta setelah menyelesaikan rangkaian karantina di Bali. Sesampainya di Jakarta, kontestan MGI berkunjung ke Monumen Nasional (Monas). Layaknya turis, mereka berswafoto dengan latar belakang Monas yang menjulang.

Selama di ibu kota, kontestan dikenalkan dengan kehidupan urban Indonesia. Mereka tampak mengunjungi beberapa pusat hiburan dan sejumlah kontestan juga diundang untuk tampil di beberapa acara televisi nasional.

Kontestan MGI bahkan dilibatkan dalam gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2022. Seluruh kontestan tampil memperagakan rancangan busana muslimah Indonesia. Tidak ketinggalan, mereka juga mengenakan hijab.

Sentuhan Budaya Indonesia Pada Malam Final

Nguyen Thuc Thuy Tien, Miss Grand International 2021 asal Vietnam dan peserta MGI 2022 menampilkan tarian pembuka di malam final MGI 2022 | Foto: @tienng12/Instagram
info gambar

Malam final MGI 2022 dilangsungkan di Sentul International Convention Center. Malam final MGI selalu dikenal dengan tarian pembukanya yang memukau. Pada edisi di Indonesia ini, tarian pembuka dibuat dengan sentuhan budaya nusantara.

Kontestan menari dalam balutan cocktail dress yang terbuat dari kain Bali, ditambah dengan kelat bahu sebagai aksesoris. Sementara itu, Nguyen Thuc Thuy Tien, pemegang gelar MGI 2021, tampil sebagai senter tarian dengan mengenakan pakaian modifikasi Bali kuning keemasan.

Sentuhan Indonesia lainnya tampak pada kolaborasi instrumen musik tradisional dalam musik pengiring tarian. Tidak hanya itu, pada sesi sepuluh besar, kontestan MGI tampil menawan dengan baju dan kipas yang memiliki sentuhan batik.

Pada malam final, Indonesia yang diwakili oleh gadis asal Sumatera Selatan, Andina Julie, berhasil memukau dewan juri. Ia dinobatkan sebagai juara ketiga atau second runner-up dan membawa pulang mahkota untuk tanah air. Sementara itu, gelar utama Miss Grand International 2022 dimenangkan oleh Isabella Menin dari Brasil.

Sebagai informasi, Indonesia pernah menjuarai kontes MGI pada 2016 lalu lewat gadis berdarah Sumatera Utara, Ariska Putri Pertiwi. Beberapa tahun setelah itu, Nadia Purwoko dan Aurra Kharisma berhasil membawa pulang predikat juara ketiga dan keempat pada tahun 2018 dan 2020.

Gaun Desainer Indonesia Jadi Primadona di Miss Grand International 2017

Setelah malam final berlangsung, pemenang sepuluh besar MGI 2022 diajak melancong ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Perhelatan akbar MGI 2022 berhasil menjadi wahana promosi wisata dan budaya, sekaligus unjuk kebolehan Indonesia dalam menggelar kontes kecantikan bergengsi di dunia.

Referensi: Kumparan.com | Kompas.com | marariversafarilodge.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini