5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna
info gambar utama

Di dalam siklus hidup hewan, metamorfosis merupakan istilah yang tidak asing untuk didengar. Metamorfosis sendiri merupakan perubahan bentuk fisik yang terjadi dalam rangkaian tahapan perkembangan. Metamorfosis sendiri terbagi menjadi 2 yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Pada metamorfosis sempurna hewan melalui 4 tahap yaitu telur, larva, pupa, dan imago. Sedangkan pada metamorfosis tidak sempurna hanya terdiri dari 3 tahapan mulai dari telur, nimfa kemudian langsung menjadi hewan dewasa tanpa mengalami fase pupa atau kepompong selama masa pertumbuhan.

Baca juga: 6 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola) adalah fase pertumbuhan pada hewan yang hanya terdiri dari 3 tahapan yaitu telur, nimfa, dan hewan dewasa (imago) yang mana pada setiap fase ini pada umumnya tidak terdapat perubahan bentuk yang spesifik antara nimfa dan imago.

Nimfa atau yang bisa disebut dengan hewan muda memiliki bentuk yang hampir sama dengan imago. Hanya saja nimfa memiliki ukuran yang lebih kecil dan umumnya belum memiliki sayap.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

1. Capung

metamorfosis capung
info gambar

metamorfosis tidak sempurna capung
info gambar

Daur hidup dari capung dimulai dari menetasnya telur setelah 1-3 minggu. Telur menetas menjadi larva capung yang mana akan mengalami pergantian kulit sebanyak 8-12 kali.

Fase ini berlangsung sangat lama bahkan dapat mencapai 4 tahun sampai pada akhirnya menjadi capung dewasa.

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna lainnya adalah kecoak. Mirip dengan capung, fase perkembangan awal dari metamorfosis dimulai dari telur. Telur kecoak pada umumnya akan menetas pada rentang waktu 24-38 hari.

Setelahnya, telur akan menetas menjadi nimfa. Pada fase ini nimfa kecoak akan berganti kulit beberapa kali. Mulai dari masih menjadi nimfa kecil berwarna putih dengan tubuh yang lunak hingga menjadi kecoak muda dengan ukuran lebih besar, tubuh yang mengeras dan bewarna lebih gelap.

Pada kondisi optimal, setelah berganti kulit 8 kali dalam waktu 9 bulan, nimfa akan berubah menjadi kecoak dewasa dengan sayap dan mulai bisa terbang.

3. Jangkrik

metamorfosisi jangkrik
info gambar
contoh metamorfosis tidak sempurna jangkrik
info gambar

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna ketiga adalah jangkrik. Seperti dua hewan sebelumnya, jangkrik juga melalui 3 tahapan hingga menjadi jangkrik dewasa.

Di dalam siklus tersebut, jangkrik memerlukan waktu kurang lebih 83 hari sampai menjadi jangkrik dewasa. Pada fase telur, jangkrik memerlukan waktu 3 hari untuk menetas.

Sesudah menetas, nantinya nimfa akan keluar, fase ini berlangsung selama 40 hari. Setelah menjadi jangkrik dewasa, hewan ini umumnya memerlukan waktu selama 40 hari dan siap kawin untuk bereproduksi.

4. Belalang

metamorfosis belalang
info gambar
contoh metamorfosis tidak sempurna belalang
info gambar

Berbeda dengan jangkrik, ketika ada di fase telur, umumnya belalang memerlukan waktu selama 1 hingga 10 bulan agar bisa menetas. Hal tersebut bergantung dari jenis belalang serta kondisi lingkungan.

Contohnya seperti di daerah yang memiliki musim dingin, telur belalang akan menetas lebih lama dibanding saat ada di daerah tropis. Sesudah menetas, telur belalang akan keluar dari cangkang dan mulai mencari makan.

Ketika menjadi nimfa, belalang hanya mengandalkan kaki kecilnya untuk merayap di ranting tanaman, fase ini berlangsung selama 30 hingga 40 hari sampai berubah menjadi belalang dewasa.

5. Rayap

Sumber: Pexels
info gambar
contoh metamorfosis tidak sempurna rayap
info gambar

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna terakhir pada daftar ini adalah rayap. Telur rayap pada umumnya akan menetas dalam kurun waktu 8-11 hari.

Telur akan menetas menjadi nimfa. Nimfa rayap akan mengalami pergantian kulit beberapa kali hingga menjadi rayap dewasa.

Uniknya, pada fase nimfa, ratu rayap akan membagi para nimfa ke dalam beberapa kasta atau golongan seperti rayap produktif (laron), rayap prajurit, dan rayap pekerja.

Demikian informasi seputar metamorfosis tidak sempurna pada hewan beserta contoh hewan yang mengalaminya. Alam kita memang menyimpan berbagai fenomena yang menarik untuk digali salah satunya mengenai daur hidup hewan yang beragam dan memiliki keunikan tersendiri. Semoga bermanfaat!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini