6 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

6 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna
info gambar utama

Pernahkan Anda penasaran dengan proses metamorfosis pada hewan? Dilihat dari segi biologis, metamorfosis dibagi menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Artikel kali ini akan mengulas tentang 6 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna. Seperti apa?

Pengertian Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk mulai dari telur, larva, kemudian menjadi bentuk yang sempurna dan dewasa. Metamorfosis merupakan perkembangan biologi yang dialami oleh hewan dan ditandai dengan perubahan penampilan serta struktur sesudah kelahiran. Perubahan tersebut dapat disebabkan karena pertumbuhan serta diferensiasi sel.

Metamorfosis sempurna juga sering disebut dengan perkembangan holometabola dan terdiri dari 4 fase yaitu telur, larva, pupa, dan imago (hewan dewasa).

Salah satu hal yang harus diingat adalah, sebelum menjadi imago, larva akan melakukan metamorfosis menjadi pupa atau kepompong yang mana pada umumnya hewan tidak makan pada fase ini.

Baca juga: 5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Contoh dan gambar hewan yang mengalami metamorfosis sempurna

1. Kupu-kupu

contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna-kupukupu
Ilustrasi proses metamorfosis sempurna pada kupu-kupu @Freepik

Contoh hewan metamorfosis sempurna yang pertama adalah kupu-kupu.

Metamorfosis sempurna yang terjadi pada kupu-kupu adalah ketika telur menetas dan berubah menjadi larva ( ulat ) sesudah 3 hingga 5 hari.

Pada tahap ini larva akan memakan dedaunan selama berhari-hari hingga tubuhnya semakin besar dan akhirnya berhenti makan.

Di masa pertumbuhan, kulit larva juga akan bertambah ketat dan mengalami periode pergantian kulit. Biasanya larva akan berganti kulit 4 hingga 6 kali, sesudah mencapai pertumbuhan maksimal di stadium empat, larva akan berganti tempat berlindung kemudian melekatkan diri ke ranting. Setelah itu akan berubah menjadi kepompong.

Fase kepompong pada kupu-kupu memakan waktu kurang lebih 20 hari dan pada fase ini kupu-kupu memasuki masa puasa dalam artian tidak makan dan minum sama sekali.

Setelah melalui fase kepompong, kupu-kupu dewasa akan keluar dan mengeringkan sayapnya dalam waktu 1 hingga 2 jam sebelum siap terbang untuk pertama kalinya.

2. Semut

Foto: Wikimedia Commons
info gambar
metamorfosis semut
info gambar

Semut menjadi contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna lainnya. Semut mengalami metamorfosis ketika masih dalam bentuk telur. Kemudian telur menetas menjadi larva, pada fase yang memakan waktu 6 hingga 12 hari ini, larva diberi makan oleh semut dewasa hingga siap masuk ke tahap pupa.

Fase pupa pada semut membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Namun, kisaran waktu yang dibutuhkan adalah 9 hingga 30 hari untuk menjadi semut dewasa.

3. Katak

contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna-kodok
Ilustrasi Proses metamorfosis pada katak @Freepik/microvector

Contoh hewan metamorfosis sempurna berikutnya adalah katak.

Seperti yang kita ketahui, katak adalah hewan yang dapat hidup pada dua alam yaitu di air dan di darat. Fase metamorfosis dari katak dimulai dari telur, kecebong, katak muda atau katak berekor kemudian katak dewasa.

Fase metamorfosis pada katak membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 16 minggu hingga menjadi bentuk katak dewasa.

4. Puthul

Phyllophaga helleri. Foto: Wikimedia Commons
info gambar
ilustrasi metamorfosis sempurna puthul
info gambar

Keempat, contoh hewan metamorfosis sempurna adalah Puthul.

Puthul merupakan sejenis serangga yang bentuknya mirip dengan kumbang dengan nama latin Phyllophaga helleri.

Serangga yang satu ini termasuk hama yang paling dimusuhi oleh petani karena sangat aktif dalam menyerang perakaran tanaman padi.

Puthul termasuk hewan yang menjalani proses metamorfosis sempurna yaitu dimulai dari telur, larva (uret), kepompong, hingga ke tahap terakhir yaitu serangga dewasa.

5. Nyamuk

contoh metamorfosis sempurna nyamuk
Ilustrasi proses metamorfosis sempurna pada nyamuk @Freepik

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna selanjutnya adalah nyamuk. Metamorfosis nyamuk bermula dari telur dan menetas menjadi larva ( jentik-jentik ).

Pada fase ini, larva nyamuk akan hidup di air dan kerap muncul ke permukaan untuk menghirup udara.

Selanjutnya, jentik-jentik tersebut akan berubah menjadi pupa dan menempel di air. Pada fase ini pupa nyamuk juga tidak makan dalam kurun waktu 2-7 hari hingga menjadi nyamuk dewasa.

Pada umumnya metamorfosis nyamuk membutuhkan waktu 2 minggu namun kondisi juga sangat berpengaruh dan membuat proses metamorfosis bisa lebih cepat atau lebih lambat.

6. Lebah

metamorfosis sempurna lebah
info gambar

contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna-lebah
Ilustrasi proses metamorfosis sempurna pada lebah @Freepik

Lebah memiliki urutan metamorfosis sempurna yang mirip dengan kupu-kupu. Lebah dewasa bertelur, lalu telur menetas menjadi larva dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu.

Setelahnya larva akan terus makan selama satu minggu dan masuk ke tahap kepompong. Pada tahapan ini lebah tidak makan hingga berubah menjadi lebah dewasa. Semua tahapan metamorfosis pada lebah membutuhkan waktu kurang lebih 21 hari atau 3 minggu.

Demikian informasi mengenai pengertian dan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Kawan GNFI akan keragaman siklus hidup hewan di sekitar kita.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini