Timnas U-20 Indonesia Mengasah Diri dengan Menantang Prancis dan Slovakia

Timnas U-20 Indonesia Mengasah Diri dengan Menantang Prancis dan Slovakia
info gambar utama

Timnas U-20 Indonesia terus menempa diri demi tampil maksimal di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Pasukan Garuda Nusantara mempersiapkan diri dengan melakoni pemusatan latihan (TC) di Eropa.

Timnas U-20 Indonesia telah menuntaskan TC tahap pertama di Turki yang digelar sejak 16 Oktober 2022. Agenda di Turki kini sudah rampung dan tim bertolak ke Spanyol via Wina, Austria pada Selasa (15/11).

Serangkaian agenda telah menanti di Spanyol. Bukan hanya latihan rutin, anak-anak asuh Shin Tae-yong juga melakoni laga melawan sejumlah tim.

Estafet Kepemimpinan Perempuan Indonesia di Induk Sepak Bola ASEAN

Menghadapi Prancis, Melatih Mental

Timnas U-20 Indonesia menghadapi Timnas U-20 Prancis. Itu adalah laga perdana di Spanyol. Laga digelar di Pinatar Arena Football Center, Murcia, Spanyol, Kamis (18/11).

Dalam laga tersebut, Timnas U-20 Indonesia kalah dengan skor 0-6. Kendati kalah telak, namun hasil tersebut bisa dibilang sangat wajar mengingat kelas Prancis jelas jauh lebih unggul di atas kertas. Terlebih, Timnas U-20 Indonesia masih kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dari Turki.

"Karena kondisi mereka belum pulih karena kelelahan, para pemain belum bisa memberikan kemampuan terbaik di laga ini. Tentu ada evaluasi untuk tim, karena di pertandingan tadi banyak melakukan kesalahan," kata Shin Tae-yong seperti dilansir laman resmi PSSI.

Bagi Shin Tae-yong, ada hal yang lebih penting dari laga melawan Prancis, yakni mental. Prancis jelas adalah tim raksasa dan mereka turut menempa Timnas U-20 Indonesia untuk selalu berani menghadapi lawan setangguh apapun.

"Kami ingin jika pemain melawan tim yang kuat serta kualitasnya diatas mereka agar jangan takut dan harus kuat mental. Kemampuan pemain sebenarnya baik sekali, namun karena takut duluan jadi kita tidak bisa menampilkan permainan terbaik," tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

PSM Makassar: Klub Sepak Bola Tertua Indonesia yang Kini Berusia 107 Tahun

Menghadapi Slovakia

Bukan hanya Prancis, Timnas U-20 Indonesia juga punya lawan tangguh lain, yakni Timnas U-20 Slovakia. Laga kedua tim dihelat pada Sabtu (19/11).

Bermain di tempat yang samma dengan saat menghadapi Prancis, Timnas U-20 Indonesia kalah dengan skor 1-2. Timnas U-20 Indonesia sebenarnya mampu unggul lebih dulu. Namun mereka kemudian kebobolan dua gol dan tidak mampu mengejar ketertinggalan.

Kendati tidak setinggi level Prancis, Slovakia juga termasuk lawan yang tangguh. Apalagi, Slovakia dikenal sebagai produsen banyak pemain-pemain top yang berlaga di klub papan atas Eropa.

Nantinya, Timnas U-20 Indonesia direncanakan masih akan melakoni pertandidngan lagi di Spanyol.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini