8 Rekomendasi Makanan Khas Solo Legendaris yang Wajib Anda Coba

8 Rekomendasi Makanan Khas Solo Legendaris yang Wajib Anda Coba
info gambar utama

Jika Anda sedang liburan di kota Solo, maka jangan lewatkan kuliner khas yang dimilikinya. Sebab, kota Solo tidak hanya kaya akan destinasi wisatanya saja, melainkan juga menyimpan segudang makanan khasnya yang begitu unik.

Jika Anda penasaran, maka segera simak ulasan berikut yang akan menambah referensi Anda mengenai rekomendasi makanan khas Solo paling legendaris yang pastinya menggugah selera. So, staytune!

Pada dasarnya ada banyak sekali rekomendasi kuliner khas dari daerah Solo yang begitu populer sampai saat ini. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Berikut berbagai macam kuliner khas dari daerah Solo yang wajib untuk dinikmati.

1. Sate Kere

sate kere makanan khas solo
info gambar

Rekomendasi makanan khas Solo yang pertama yaitu sate kere. Makanan yang hanya ada di Solo ini dinamakan “kere” yang dalam bahasa Indonesia bermakna miskin atau tidak punya uang.

Memiliki nama unik, sate ini memang lahir karena kesenjangan sosial dimana jaman dahulu hanya orang berada yang dapat menikmati sate daging.

Sate kere dibuat dari bahan utama tempe gembus yang merupakan olahan ampas kedelai yang berasal dari sisa produksi tahu dan juga jeroan sapi. Nantinya sate kere akan disajikan dengan siraman bumbu kacang yang menjadikannya semakin sedap untuk disantap.

2. Tahu Acar

tahu acar makanan khas solo
info gambar

Saat berada di Solo, Anda harus mencicipi tahu acar karena rekomendasi kuliner yang kedua ini sekarang mulai susah ditemui. Bahan utama pembuatan tahu acar ini cukup simpel yaitu hanya berasal dari tempe dan juga tahu saja di mana biasanya disajikan dengan kuah asam.

3. Tahu Kupat

tahu kupat makanan khas solo
info gambar

Makanan khas Solo yang satu ini terbuat dari tahu goreng dan juga irisan ketupat. Biasanya tahu kupat juga disajikan dengan beberapa toping seperti mie, kol, tauge, dan juga siraman kuah kecap manis yang masih hangat. Bahkan, tahu kupat juga bisa ditambah dengan sambal sesuai selera para penikmatnya.

4. Cabuk Rambak

cabuk rambak makanan khas solo
info gambar

Jika Anda merasa bosan dengan makanan khas Solo yang itu-itu saja, maka sesekali cobalah kuliner yang bernama cabuk rambak.

Mengungkap maknanya, cabuk mengacu pada bahan utama sausnya yaitu wijen dan rambak merupakan sebutan untuk kerupuk nasi atau yang biasa disebut juga dengan karak.

Isian makanan tradisional ini di antaranya ketupat, karak, dan juga sambal serta pastinya kuah wijen.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

5. Serabi Notosuman

serabi notosuman makanan khas solo
info gambar

Camilan atau kudapan yang paling terkenal di Solo adalah serabi notosuman karena sudah dijajakan sejak tahun 1923 silam. Menariknya lagi, ternyata bahan utama dari serabi ini sangat simpel yaitu hanya terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan menggunakan santan gurih saja.

Menjadi jajanan legendaris, rahasia kelezatan serabi ini adalah penggunaan beras Cendani yang berkualitas dan ditumbuk sendiri. Dulu hingga kini serabi Notosuman juga masih mempertahankan dua varian rasa yaitu original dan cokelat. Ditambah dengan cara pembuatan yang tradisional sehingga menambah cita rasanya yang begitu ikonik.

6. Soto Gading

soto gading makanan khas solo
info gambar

Apabila Anda ingin makanan khas Solo yang menyegarkan maka tak ada salahnya untuk mencoba Soto Gading. Soto Gading berisikan suwiran ayam, tomat, beberapa potongan kentang, kubis, tauge, irisan seledri, dan juga taburan bawang goreng. Setelah itu Soto Gading ini disiram dengan menggunakan kuah kaldu ayam yang masih hangat. Bagaimana, apakah perut Anda mulai keroncongan?

7. Nasi Liwet

liwet makanan khas solo
info gambar

Salah satu kuliner yang begitu ikonik dari daerah Solo yaitu Nasi Liwet karena cita rasa tradisionalnya sendiri memang khas. Isian dari Nasi Liwet ini berupa sayur labu siam, telur rebus, dan beberapa suwiran ayam yang disiram dengan menggunakan santan kuah yang begitu kental.

Baca juga: 10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat (NTB) Paling Favorit

8. Sate Buntel

sate buntel makanan khas solo
info gambar

Terakhir, kuliner khas dari daerah Solo yang tak boleh Anda lewatkan yaitu Sate Buntel. Bahkan, Sate Buntel ini menjadi salah satu jenis makanan yang digemari oleh Presiden Joko Widodo. Mengingat rasa dari Sate Buntel sendiri memang begitu gurih dan biasanya dicocol dengan menggunakan sambal kecap yang pedas manis.

Baca juga:5 Makanan Khas Jawa Tengah yang paling Terkenal

Demikian ulasan mengenai 8 makanan khas Solo yang wajib Anda coba. Mengingat cita rasa dari semua makanan khas Solo yang begitu juara, jangan lupa untuk mencicipi semuanya ketika singgah ke kota ini ya, food hunters!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini