10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat (NTB) Paling Favorit

10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat (NTB) Paling Favorit
info gambar utama

Jika Anda berada di Nusa Tenggara Barat baik untuk keperluan bisnis maupun liburan, tak ada salahnya mencicipi ragam sajian sedap di pulau ini. Makanan khas Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai karakteristik yang mirip dengan masakan khas Bali, terutama dari penggunaan rempah dan cita rasanya yang tajam dan cenderung pedas.

Berikut 10 rekomendasi makanan Khas Nusa Tenggara Barat yang sebaiknya Anda coba:

Baca juga: 10 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang Unik dan Lezat

1. Ayam Taliwang

makanan khas nusa tenggara barat NTB ayam taliwang
info gambar

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Ayam taliwang merupakan salah satu hidangan populer khas Lombok, NTB. Sejatinya makanan ini merupakan sajian ayam bakar yang menggunakan bumbu khas NTB. Sebagai pelengkap, ayam taliwang disajikan dengan nasi hangat, sambal manis atau asin yang akan semakin memanjakan lidah.

2. Sayur Ares

Sayur Ares merupakan makanan khas NTB yang dibuat menggunakan bahan dasar pelepah atau gedebog pisang kepok muda atau pisang raja. Bahan ini dimasak dengan santan, dan bumbu rempah-rempah khas NTB sehingga menghasilkan cita rasa manis dan juga gurih.

Baca juga: 6 Makanan Khas Bali yang Enak dan Jarang Diketahui

3. Beberuk Terong

beberuk terong makanan khas nusa tenggarabarat NTB
info gambar

Makanan khas NTB yang bisa Anda cicipi berikutnya adalah beberuk terong. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar terong.

Beberuk terong dibuat dari terong ungu bulat dan kacang panjang yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sambal tomat pedas.

Beberuk terong merupakan salah satu jenis sambal khas NTB yang biasanya menjadi pelengkap sajian ayam taliwang. Cita rasanya yang segar sekaligus pedas sangat pas disantap dengan seporsi ayam taliwang dan nasi hangat.

Baca juga: 5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

4. Sate Pusut

makanan khas NTB nusa tenggara barat sate pusut
info gambar

Sate pusut merupakan sebuah hidangan sate khas Lombok yang terbuat dari daging sapi giling. Bagi Anda yang baru melihatnya, mungkin sate ini sekilas mirip dengan sate lilit khas Bali.

Meskipun mirip, kedua sate tersebut memiliki perbedaan dalam segi bumbu. Sate pusut ini memiliki rasa yang gurih sehingga menawarkan cita rasa yang enak dan mudah diterima oleh lidah.

5. Kelaq Sebie

makanan khas NTB nusa tenggara barat kelaq sebie
info gambar

Apabila Anda penikmat makanan dengan rasa pedas maka kelaq sebie bisa dicoba bila ke NTB.

Kelaq sendiri digunakan oleh masyarakat NTB untuk menyebut masakan berkuah atau sayur. Sementara sebie memiliki arti cabai dalam bahasa sasak. Sehingga bila digabungkan, kelaqsebie memiliki arti sayur cabai.

Kelaq sebie sering disebut sebagai makanan khas NTB terpedas karena menggunakan bahan dasar cabai yang sangat banyak bahkan bisa mencapai satu kilogram untuk satu kali memasak.

Penggunaan cabai ini bahkan lebih banyak dibandingkan dengan bahan pelengkap lainnya seperti terong, ikan tongkol dan kacang panjang.

Baca juga: 9 Makanan Khas Minangkabau (Sumatera Barat), Favoritnya Penyuka Pedas

6. Kelaq Lebui

makanan khas NTB nusa tenggara barat kelaq lebui
info gambar

Kelaq lebui adalah salah satu makanan khas NTB yang menggunakan bahan dasar kedelai hitam. Kelaq lebui dimasak dengan campuran daging sapi, irisan bawang merah, daun bawang, serta daun kemangi. Aroma yang harum dan rasanya yang enak membuat kelaq lebui menjadi salah satu makanan paling favorit di Nusa Tenggara Barat.

7. Kelaq Kelor

makanan khas NTB nusa tenggara barat kelaq kelor
info gambar

Kelaq kelor merupakan makanan khas NTB yang dibuat menggunakan daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening.

Biasanya di daerah lain, daun kelor sering digunakan untuk memandikan mayat atau pengusir roh halus.

Namun, di NTB daun kelor dapat diolah menjadi makanan yang sangat menggugah selera. Apalagi jika disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi khas NTB. Dijamin akan membuat perut Anda keroncongan.

8. Ayam Rarang

makanan khas NTB nusa tenggara barat ayam rarang
info gambar

Selain ayam taliwang, NTB juga punya ayam rarang sebagai salah satu menu yang tidak boleh dilewatkan. Ayam rarang sendiri adalah makanan khas Nusa Tenggara Barat yang menggunakan bahan dasar ayam kampung.

Memang sekilas, tampilan ayam rarang tampak pedas karena berlumur bumbu sambal dan ditaburi cabai rawit. Namun setelah dicicipi, cita rasa ayam rarang tidak sepedas penampilannya dan justru sangat segar dan menggugah selera.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung

9. Plecing Kangkung

makanan khas NTB nusa tenggara barat pelecing kangkung
info gambar

Plecing kangkung adalah salah satu kuliner khas NTB yang berbahan utama kangkung dan sambal tomat. Plecing kangkung sendiri sangat digemari oleh para pemburu kuliner karena memiliki cita rasa istimewa.

Tidak seperti plecing kangkung lainnya yang disiram dengan sambal kacang, plecing kangkung khas NTB disiram dengan sambal tomat pedas yang segar. Bukan hanya itu, kangkung yang digunakan juga berbeda karena menggunakan kangkung NTB yang terkenal memiliki batang yang lebih besar dan daun yang lebar.

10. Bebalung

makanan khas NTB nusa tenggara barat bebalung
info gambar

Makanan khas Nusa Tenggara Barat yang berasal dari Lombok ini merupakan olahan iga sapi atau iga kerbau yang dimasak seperti soto namun dengan menggunakan bumbu khusus.

Usut punya usut, kata “bebalung” dalam bahasa sasak memiliki arti “tenaga”. Dinamakan demikian karena hidangan ini dipercaya dapat menambah vitalitas dan membuat penikmatnya semakin bertenaga.

Baca artikel terkait: 7 Makanan Tradisional Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Demikian informasi mengenai daftar makanan khas Nusa Tenggara Barat paling favorit dan wajib untuk Anda coba. Setelah mengetahui aneka sajian di atas, rasanya ingin mencoba semuanya, bukan?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini