9 Makanan Khas Minangkabau: Favoritnya Penyuka Pedas

9 Makanan Khas Minangkabau: Favoritnya Penyuka Pedas
info gambar utama

Sumatra Barat, dikenal dengan masakannya yang mendunia! Ini terbukti dengan adanya rumah makan Minang di seluruh penjuru negeri dan beberapa negara yang ada di dunia, dengan menu andalan seperti makanan khas Minangkabau rendang yang telah dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terenak di dunia.

Bukan hanya rendang, masih banyak rekomendasi makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk Anda cicipi bagi si penyuka masakan pedas di antaranya:

1. Ikan Asam Padeh

Ikan Asam Padeh © resepkoki.id
info gambar

Memiliki citarasa asam dan pedas, makanan khas Sumatera Barat satu ini akan memberikan sensasi segar pada lidah dan perut Anda. Biasanya, ikan yang digunakan dalam membuat ikan asam padeh adalah jenis ikan seperti ikan tongkol, kakap, ikan kembung, atau gurame dimasak dengan bumbu cabe khas sehingga membuat kuah menjadi merah yang menggiurkan selera jika disajikan dengan nasi hangat.

Baca juga: 5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

2. Dendeng

Dendeng Balado © fimela.com
info gambar

Terbuat dari daging yang diiris tipis tanpa lemak lalu digoreng, dendeng salah satu makanan khas Sumatera Barat yang cukup awet. Rasanya nikmat dan enak, biasanya dendeng akan disajikan dengan cabe merah yang dikenal dengan nama dendeng balado. Selain itu ada juga dendeng batokok, yang mana daging akan dipukul yang juga disajikan dengan cabe merah.

Baca juga: 6 Makanan Khas Bali yang Enak dan Jarang Diketahui

3. Itiak Lado Mudo

Itiak Lado Mudo © kulinear.hops.id
info gambar

Dibuat dari olahan daging bebek dan cabe hijau yang menggiurkan, itiak lado mudo menjadi salah satu menu andalan bagi masyarakat Minang terutama di daerah Agam, Sumatera Barat. Bahkan, makanan khas Minang satu ini juga menjadi makanan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Itiak lado mudo memiliki cita rasa yang pedas dan juga gurih, membuat siapapun yang mencicipinya langsung suka.

4. Gulai Banak

Gulai Banak © saribundo.biz
info gambar

Banak adalah bahasa Minang yang berarti otak, jadi gulai banak adalah gulai otak dengan bahan utama otak sapi dengan tekstur yang lembut dan enak tentunya. Makanan khas Sumatera Barat ini diolah dengan bumbu gulai pada umumnya, seperti santan, cabe, bawang dan bahan lainnya yang dihaluskan sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan nikmat.

5. Ayam Pop

Ayam Pop © saribundo.biz
info gambar

Ingin menikmati olahan ayam kampung dengan rasa yang gurih? Anda bisa mencicipi makanan khas Sumatra Minang yaitu ayam pop yang terbuat dari ayam kampung yang direbus bersama lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam dan jeruk nipis dengan campuran air kelapa. Setelah itu, saat disajikan rebusan ayam tadi akan dihangatkan sebentar menggunakan minyak goreng lalu disajikan dengan cabai merah dan daun singkong yang nikmat.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Enak, Otentik, dan Wajib Dicoba

6. Kalio

Kalio Daging © resepkoki.id
info gambar

Merupakan makanan khas Minangkabau yang memiliki tektur lengket, basah dengan aroma yang cukup kental. Kalio merupakan rendang yang setengah jadi, di mana warnanya masih kecoklatan. Soal rasa tentu sangat nikmat, terlebih jika Anda menyantapnya dengan nasi hangat, sangat menggiurkan selera.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Dicoba

7. Gulai Paku

Gulai Paku © resepkoki.id
info gambar

Gulai paku atau pakis, biasanya akan Anda jumpai pada penjual lontong padang. Biasanya gulai paku rumahan disajikan dengan tambahan ikan asin jambal, udang, atau ikan teri. Rasanya juga unik, yaitu dengan kuah berwarna kuning dari hasil pemasakan memiliki rasa pedas asam yang menggugah selera.

Baca juga: 7 Makanan Khas Kalimantan Timur yang Lezat dan Menggugah Selera

8. Martabak Kubang

Martabak Kubang © cookpad.com/desmawatikuretangin
info gambar

Masyarakat Minang juga mengenalnya dengan nama martabak mesir, yang dibuat dengan adonan tepung yang berisi telur, daging cincang yang dibumbui atau dibuat rendang dan daun bawang. Makanan khas Minangkabau satu ini disajikan dengan kuah cuka dengan irisan bawang, tomat dan cabe rawit segar. Makanan khas Sumatera Barat ini berasal dari Kubang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang wajib untuk Anda cicipi.

9. Gulai Gajeboh

Gulai Gajeboh © saribundo.biz
info gambar

Dibuat dengan olahan daging sapi yang berlemak disajikan dengan kuah asam padeh yang segar dan tidak menggunakan santan. Proses pembuatannya masih sama dengan ikan asam padeh, hanya saja ini menggunakan daging sapi yang masih memiliki lemak atau gajih. Rasanya sangat nikmat dan wajib untuk Anda coba.

Baca juga: Nikmatnya 7 Makanan Khas Sumatera Utara Terbaik dari Tanah Batak

Dari ragam masakan Sumatera Barat yang dijelaskan, mana nih yang sudah pernah Anda cicipi dan penasaran untuk dicicipi? Yuk, share komentar Anda dan ceritakan bagaimana rasanya.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini