Nikmatnya 7 Makanan Khas Sumatera Utara Terbaik dari Tanah Batak

Nikmatnya 7 Makanan Khas Sumatera Utara Terbaik dari Tanah Batak
info gambar utama

Nikmatnya 7 Makanan khas Sumatera UtaraTerbaik - Suku Batak merupakan salah satu etnis terbesar di Indonesia yang mayoritas mendiami Sumatera Utara. Ragam suku bangsa serumpun di tanah Batak terdiri dari Batak Karo, Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Mandailing, Batak Simalungun, dan Batak Angkola. Dari ragam suku ini, banyak tersimpan tradisi hingga makanan khas Batak yang memiliki cita rasa unik dan wajib Anda coba.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas Sumatera Utara yang wajib untuk dicicipi, jika berkunjung ke Sumatera Utara di antaranya:

1. Natinombur

foto: correcto.id
info gambar

Merupakan makanan khas Sumatera Utara berbahan dasar ikan air tawar seperti ikan lele, ikan emas atau ikan mujair yang diolah bersama rempah-rempah serta santan lalu dibakar atau digoreng hingga matang. Ikan ini lalu disiram bersama sambal yang melimpah, kebayang kan bagaimana lezatnya natinombur ini? Nah dalam pembuatannya yang terpenting adalah “tombur” nya yaitu bumbu dan saus yang dilumuri pada ikan.

Baca juga: 9 Makanan Khas Minangkabau, Sumatera Barat: Favoritnya Penyuka Pedas

2. Mie Gomak

Foto merdeka.com
info gambar

Bagi Anda yang sudah menonton film Ngeri-Ngeri Sedap, tentu kenal dengan nama makanan khas Batak satu ini. Mie gomak terbuat dari bahan yang juga disebut sebagai Mie Besar oleh masyarakat Batak, mie ini lalu disirami kuah atau sambal yang terbuat dari bumbu khas Batak dicampur bersama rempah andaliman yang membuat mie gomak rasanya sangat khas. Pemberian nama mie gomak karena proses pembuatan mie ini adalah dengan cara digenggam.

3. Kue Ombus-Ombus

Foto: daerahkita.com
info gambar

Makanan khas Sumatera Utara satu ini biasa dijumpai dalam acara-acara adat Batak dan berasal dari Kota Siborong-borong, Tapanuli Utara. Kue ombus-ombus merupakan salah satu makanan ringan yang terbuat dari tepung beras yang berisikan gula merah di dalamnya. Tentu rasanya manis dan lezat saat disantap dan wajib untuk Anda cicipi.

Baca juga: Daftar Lengkap Makanan Khas Papua dan Jajanan Oleh-Oleh dari 6 Provinsinya

4. Manuk Napinadar

Foto: Foto: Turisian/Iwan Gunawan
info gambar

Merupakan makanan khas Batak berbahan dasar ayam diolah dengan cara dipanggang atau dibakar, biasanya ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Perlu diketahui, dalam proses pembuatan manuk napinadar ayam akan dibumbui bersama rempah-rempah khas Batak dan dicampurkan gota atau darah segar dari ayam itu sendiri. Manuk Napinadar ini memiliki cita rasa pedas dan gurih. Bagiaman, penasaran ingin mencicipinya?

5. Dali Ni Horbo

Foto: infopublik.id
info gambar

Selanjutnya, makanan khas Sumatera Utara terbaik dari tanah Batak adalah dali ni horbo, di mana makanan ini cukup dikenal oleh masyarakat luas. Bahan dasar makanan ini adalah susu kerbau yang dimasak dengan air garam dan perasan daun pepaya, kemudian didiamkan agar susu mengental dan mengendap. Setelah itu, dali ni horbo siap disantap dan dinikmati dengan rasanya yang asin dan gurih akan membuat Anda ketagihan. Uniknya, dalam proses pembuatan dali ni horbo ini masih menggunakan cara tradisional.

Baca juga: 6 Makanan Khas Bengkulu yang Unik dan Lezat

6. Naniura

Foto: radarpekalongan.com
info gambar

Dijuluki sebagai “sushi khas Batak”, naniura merupakan sajian ikan mas mentah dengan citarasa yang nikmat dan segar. Makanan khas Batak satu ini berasal dari Tapanuli Utara, di mana ikan mas akan dibersihkan dari lendir dan duri lalu direndam dengan air asam jeruk purut atau bisa juga menggunakan belimbing wuluh agar ikan matang. Setelah dikira matang, ikan mas akan disiram dengan bumbung kuning dan siap untuk Anda nikmati.

Baca juga: 7 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Tak Boleh Dilewatkan untuk Dicoba

7. Daun Ubi Tumbuk

Foto: katalogkuliner.com
info gambar

Dikenal banyak masyarakat, daun ubi tumbuk menjadi salah satu primadona makanan khas Batak yang wajib untuk Anda coba. Berbahan dasar daun singkong ditumbuk halus dan diolah bersama bahan-bahan seperti cabai, bawang putih, bawang merah, buah rimbang serta santan yang dimasak hingga matang.

Daun ubi tumbuk ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat, dan memiliki cita rasa yang unik yaitu asin, asam, gurih dan pedas menyatu dalam lidah Anda.

Baca juga: 7 Makanan Tradisional Khas Sunda yang Wajib Dicoba

Nah, itu tadi daftar makanan khas Sumatera Utara yang wajib untuk Anda cicipi jika berkunjung ke tanah Batak ini! Semoga info ini bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini