Daftar Lengkap Makanan Khas Papua dan Jajanan Oleh-Oleh (6 Provinsi)

Daftar Lengkap Makanan Khas Papua dan Jajanan Oleh-Oleh (6 Provinsi)
info gambar utama

Makanan Tradisional Khas Papua dari 6 Provinsi - Dari ujung timur Indonesia yang dikenal dengan keelokan alamnya yang sangat memukau, adatnya yang kental ternyata menyimpan ragam makanan khas Papua yang unik patut untuk Anda kenal dan coba. Rata-rata, makanan khas Papua dibuat dengan hasil alam terbaik dari tanah ini sehingga memiliki rasa yang khas dan tradisional.

Berikut ini makanan khas Papua dari 6 Provinsi yang ada yakni: Provinsi Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Ikan Asar Khas Jayapura, Papua - beritapapua.id
info gambar

1. Papeda dengan Ikan Kuah Kuning (Papua)

Papeda merupakan makanan khas Papua yang terbuat dari pohon sagu yang diperas, disaring dan dimasak hingga memiliki tekstur yang kental, padat dengan rasa tawar. Papeda merupakan salah satu makanan yang paling dikenal banyak orang, karena makanan ini adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Papua yang kaya akan sumber karbohidrat. Kini, papeda juga bisa dibuat dari tepung sagu dengan air yang mendidih dengan mengaduknya hingga mengental ditambahkan sedikit garam.

Biasanya, papeda disajikan dengan ikan kuah kuning dengan rasanya yang sangat segar terbuat dari kunyit dan bumbu rempah lainnya seperti bawang merah, cabe merah dan lainnya . Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tongkol atau ikan bandeng.

2. Keladi Tumbuk (Papua)

Terbuat dari talas yang direbus lalu ditumbuk hingga halus, rasanya tawar dan lembut layaknya bubur. Makanan khas Papua satu ini biasanya disajikan dengan sayur pakis lodeh, ikan suwir asap dan sambal sehingga menciptakan cita rasa yang unik dan gurih dari sajian sayur lodeh dan ikan suir. Makanan ini kaya akan nutrisi dan cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet karena rendah gula dan karbohidrat.

3. Ikan Asar (Jayapura, Papua)

Ikan asar khas Jayapura diasapi dengan cara peletakannya secara diagonal di sisi bara yang menghasilkan asap agar ikan benar-benar masak dan kering hingga ke sisi daging ikan selama 4 hingga 5 jam di dalam ruangan yang tertutup.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan yang memiliki daging bertekstur padat seperti ikan cakalang, ikan tongkol, ikan ekor kuning dan lainnya. Rasanya yang gurih dan aromanya yang segar, ikan ini sangat pas disantap bersama nasi panas yang dilengkapi dengan sambal kecap dan sayung kangkung.

Ikan asar (asap) ini juga dikenal sebagai makanan khas Maluku karena fauna endemiknya yang mirip dengan Papua. Di Maluku makanan ini disebut ikan asap cakalang.

4. Aunuve Habre (Papua)

Terbuat dari olahan ikan cakalang atau bisa juga menggunakan ikan tongkol atau ikan tuna dengan resep sederhana yaitu garam, air dan dibaluri dengan asam jawa lalu dibungkus menggunakan daun talas. Setelah semua bumbu meresap, lalu makanan khas Papua ini dikukus hingga matang. Aunuve Habre khas Papua ini memiliki rasa yang unik dan sangat nikmat jika disajikan dengan papeda.

5. Norohombi (Papua)

Merupakan salah satu makanan tradisional Papua yang terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, udang kering yang dimasak di atas daun pisang. Rasanya yang unik dan nikmat, membuat norohombi khas Papua ini menjadi makanan yang paling banyak digemari masyarakat di sana.

Aunu Senebre khas Merauke - lifestyle.okezone.com
info gambar

6. Aunu Senebre (Merauke, Papua Selatan)

Bahan utama makanan khas Papua satu ini adalah irisan daun talas yang dicampurkan dengan ikan teri nasi. Meski terlihat kering, aunu senebre ini memiliki tekstur yang sedikit basah yang pas disantap bersama papeda atau umbi-umbian. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas, membuat makanan ini menjadi makanan yang populer.

Baca juga: 10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat (NTB) Paling Favorit

7. Labu Ikan Kuah Kuning (Papua Selatan)

Memiliki perpaduan rasa asam, manis dan gurih makanan khas Papua Selatan ini menjadi salah satu hidangan yang ada saat perayaan seperti lebaran ataupun natal. Terbuat dari labu kuning yang sudah matang dengan struktur buah yang keras dan dikukus lebih kurang 30 menit atau buah sudah masak dengan sempurna. Ditambah dengan bumbu seperti sereh, jahe, asam jawa yang dihaluskan dan dicampurkan dengan ikan kakap yang telah direbus. Rasanya sangat nikmat dan menjadi santapan yang lezat bagi masyarakat Papua.

8. Sagu Sep (Merauke, Papua Selatan)

Ini merupakan salah satu camilan dan menjadi makanan khas Papua yang memiliki citarasa gurih. Terbuat dari sagu yang dicampur dengan kelapa, dengan proses pembuatannya yang cukup unik yaitu dimasak menggunakan alat bakar batu yang disebut barapen.

Ikan Bakar Manokwari - sajiansedap.grid.id
info gambar

9. Ikan Bungkus (Papua Barat)

Mirip dengan pepes ikan, namun ikan bungkus dari Papua dibungkus menggunakan daun talas. Makanan khas Papua Barat ini terbuat dari ikan laut dengan menggunakan daun salam dan bumbu campuran khas papua lainnya. Wanginya yang khas dan sangat meresap hingga ke daging ikan saat Anda memakannya.

10. Ikan Bakar (Manokwari, Papua Barat)

Rasanya pedas, ikan bakar Manokwari terbuat dari ikan tongkol yang dibaluri dengan perasan jeruk nipis serta rempah-rempah khas papua yang digiling halus sebelum di bakar. Rasanyanya yang mantap dan nikmat, disajikan dengan sambal khas Papua yang mungkin tidak akan Anda temui di tempat lainnya karena menggunakan cabai khas Papua.

Baca juga: 5 Makanan Khas Maluku yang Berbahan Dasar Ikan

11. Asida (Fakfak, Papua Barat)

Teksturnya kenyal seperti dodol, asida Fakfak merupakan salah satu hidangan wajib yang ada saat Ramadhan dan Idul Fitri. Makanan khas Papua Barat ini terbuat dari tepung gandum, mentega, gula merah dan ditambahkan dengan campuran rempah-rempah. Rasanya yang nikmat, membuat asida selalu menjadi menu wajib untuk berbuka puasa.

12. Martabak Sagu (Fak Fak, Papua Barat)

Rasanya yang manis dan gurih akan membuat Anda ketagihan jika mencicipi makanan khas Papua Barat ini. Martabak ini diolah dari bahan sagu yang sudah dihaluskan lalu digoreng hingga kecoklatan dan ditambahkan gula aren atau gula merah. Rasanya yang unik, membuat kudapan ini menjadi makanan populer bagi masyarakat Papua Barat dan sekitar.

13. Kue Lontar (Fakfak, Papua Barat)

Terlihat seperti pie susu, makanan khas Papua Barat satu ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan susu. Rasanya yang manis dan gurih membuat banyak orang menyukai kue lontar, yang memiliki tekstur kulit renyah namun terasa lembut di bagian dalamnya.

Baca juga: Nikmatnya 7 Makanan Khas Sumatera Utara Terbaik dari Tanah Batak

Udang Selingkuh dari Sungai Baliem, Wamena - seindotravel.com
info gambar

14. Ikan Bakar Batu (Papua Pegunungan)

Merupakan ikan yang dibakar di atas batu, di mana proses pembuatan ikan bakar batu ini adalah proses memasaknya yang tradisional yaitu dilakukan dengan menggali lubang di dalam tanah untuk meletakkan kayu bakar dan batu karang. Lalu, ikan yang telah dibumbui akan dibakar di atasnya lalu ditutupi menggunakan daun pisang. Rasanya cukup unik, seperti ikan asap yang nikmat.

Baca juga: 10 Makanan Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) yang Unik dan Lezat

15. Udang Selingkuh (Sungai Baliem, Wamena, Papua Pegunungan)

Bentuk tubuh udang namun memiliki capit seperti kepiting, itulah alasan mengapa dinamakan udang selingkuh. Udang air tawar dari Sungai Baliem ini memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda dengan udang pada umumnya. Dagingnya yang berserat, sedikit lembut dan rasanya yang manis biasanya makanan khas Papua satu ini dihidangkan dengan dimasak atau digoreng dan dipadukan dengan bunga pepaya atau tumis kangkung yang sangat nikmat.

Ikan Bakar Colo-Colo - www.masakapahariini.com
info gambar

16. Ikan Bakar Colo-Colo (Timika, Papua Tengah)

Makanan khas Papua, ikan bakar colo-colo memiliki bahan utama ikan kuwe, bawal atau tongkol namun biasanya menggunakan ikan dabu-dabu yang dibakar dan disajikan dengan sambal colo yang ditaburi di atas ikan. Rasanya yang pedas dari campuran bawang merah, cabe rawit, tomat muda, dan perasan jeruk nipis yang akan terasa nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Dijamin nagih dan cocok bagi Anda yang menyukai rasa pedas.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Recommended dan Wajib Dicoba

17. Kepiting Karaka (Mimika, Papua Tengah)

Merupakan kepiting besar yang mudah ditemui di muara sungai sekitaran Kabupaten Mimika. Masyarakat Papua bisa menyebutnya dengan Karaka, yang biasanya diolah dengan bumbu khas Papua, biasanya masyarakat sekitar mengolahnya dengan cara ditumis. Rasa daging kepiting yang lezat, wajib untuk Anda nikmati jika berkunjung ke sini.

18. Ulat Sagu (Sorong, Papua Barat Daya)

Ulat Sagu banyak tersedia di daerah Sorong, Papua Barat Daya, terutama di daerah pedalaman. Tahukah Anda bahwa ulat sagu termasuk makanan yang laris manis bagi masyarakat lokal. Pasalnya, selain enak rasanya, makanan khas ini juga bergizi dan teruji di laboratorium akan manfaat kesehatannya.

5 Oleh-Oleh Jajanan Khas Papua untuk Buah Tangan Wisatawan

1. Kue Eurimoo

Merupakan kue basah yang dimasak dengan cara direbus dan memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang gurih. Makanan khas Papua ini terbuat dari tepung sagu, buah pisang dan kelapa parut.

2. Kue Bagea

Dikenal juga dengan nama kue sagu bagea, karena memiliki bahan dasar sagu dengan cita rasa rempah. Kue ini memiliki bentuk yang kecil dan berwarna coklat pucat. Asalnya bagea merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara. Namun turut menyebar ke Papua sehingga menjadi bagian dari makanan tradisional Papua ini.

3. Abon Gulung Papua

Makanan khas Papua ini bisa menjadi oleh-oleh terbaik untuk dibawa pulang, yaitu merupakan roti yang diolesi mayones diisi dengan abon. Rasanya gurih dan enak, akan membuat Anda nagih untuk mencicipinya.

4. Sagu Lempeng

Disebut juga dengan roti tawarnya masyarakat Papua, karena memiliki rasa yang tawar dengan tekstur keras dan cocok dinikmati dengan air agar terasa lunak. Makanan khas Papua ini diolah dengan cara dibakar dan dicetak persegi panjang atau empat dengan besi.

5. Buah Matoa

Matoa merupakan tanaman buah khas Papua yang juga wajib untuk Anda cicipi, rasanya juga unik seperti kombinasi lengkeng, rambutan, dan durian. Daging buahnya juga kenyal, bening dan sedikit berair seperti buah kelengkeng.

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal Lezat untuk Dinikmati

Selain oleh-oleh makanan khas Papua yang telah dijelaskan di atas, masih banyak buah tangan yang bisa Anda bawa saat pulang dari Papua seperti abon rusa, keripik keladi, petatas, sarang semut, dan buah merah yang wajib untuk Anda cicipi.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini