Kejurnas PBSI Hadir Lagi, Misi Pencarian Calon Bintang Bulutangkis Indonesia Berlanjut

Kejurnas PBSI Hadir Lagi, Misi Pencarian Calon Bintang Bulutangkis Indonesia Berlanjut
info gambar utama

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) segera kembali menggelar Kejuaraan Nasional alias Kejurnas. Misi pencarian calon bintang bulutangkis Indonesia pun berlanjut.

PBSI memastikan akan menggelar Kejurnas di pengujung tahun 2022 ini. Ajang tersebut dijadwalkan digelar di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, 12-17 Desember 2022.

Dengan demikian, Kejurnas kembali hadir setelah sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-29. Digelarnya kembali Kejurnas adalah momen penting berhubung ajang tersebut adalah amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PBSI.

“Setelah sempat vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air, tahun ini akhirnya ajang bulutangkis bergengsi yang bertajuk BNI Kejuaraan Nasional PBSI tahun 2022 bisa kita gelar kembali," ujar Ketua Pelaksana Kejurnas PBSI Armand Darmadji dalam laman resmi PBSI.

"Kejurnas kali ini tak hanya memenuhi amanat AD/ART PBSI, tetapi juga sebagai upaya untuk mencari bibit-bibit pemain potensial sebagai bentuk regenerasi pemain yang akan penghuni Pelatnas Cipayung,” lanjutnya.

Kejurnas PBSI nantinya akan mempertandingan dua kategori. Pertama adalah kategori beregu campuran kelompok dewasa antar perkumpulan. Lalu kategori kedua adalah dan perseorangan taruna usia di bawah 19 tahun yang dibagi ke dalam lima nomor.

Jumlah peserta yang akan ambil bagian adalah 628 atlet. Jumlah tersebut terdiri dari 238 atlet dari 21 klub di kategori beregu campuran dewasa serta 390 atlet dari 26 provinsi siap berlaga di kategori perseorangan taruna. Mereka bersaing memperebutkan hadiah dengan total Rp 1,1 miliar di mana untuk kejuaraan beregu disediakan Rp 800 juta, sedangkan di perseorangan taruna Rp 300 juta.

Deretan Film Ini Angkat Kisah Perjuangan Atlet Indonesia yang Menginspirasi

Mencari Calon Bintang

Kejurnas PBSI bukan ajang biasa. Dari sana akan dijaring bibit-bibit potensial untuk menjadi calon bintang bulutangkis Indonesia di masa depan.

Atlet yang bersinar di Kejurnas nantinya akan diikutsertakan dalam pelatnas. Ini adalah salah satu langkah untuk menggerakan proses regenerasi atlet bulutangkis yang sempat terhambat pandemi.

“Sebagai bagian dari program kerja Binpres di tahun 2022 ke tahun 2023 maka BNI Kejurnas PBSI 2022 ini sangat penting dilaksanakan. Untuk menjaring bibit-bibit pemain untuk menghuni Pelatnas Cipayung tahun 2023,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky.

Namun, perlu diketahui bahwa Kejurnas PBSI bukan satu-satunya jalan bagi atlet muda untum bisa masuk pelatnas. Tersedia pula jalur lain untuk menuju ke sana, yakni melalui Seleknas 2022.

Sejarah Baru & Momen Kebangkitan di Balik All Indonesia Final di Denmark Open 2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini