Kabar Gembira bagi Traveler, Kereta Api Baru Tujuan Banyuwangi Kini Hadir

Kabar Gembira bagi Traveler, Kereta Api Baru Tujuan Banyuwangi Kini Hadir
info gambar utama

Bagi para pelancong yang ingin ke Banyuwangi, kini tersedia kereta api baru. Menikmati keindahan Banyuwangi pastinya akan lebih mudah.

Kereta api baru tersebut adalah KA Blambangan Ekspres yang baru saja diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). KA Blambangan Ekspres melayani rute Ketapang-Semarang Tawang.

Peresmian KA Blambangan Ekspres dilakukan lewat seremoni pemberangkatan perdana di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, pada Jumat (2/11) lalu. Dalam acara turut hadir Vice President KAI Daerah Operasi 9 Jember Broer Rizal dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

"KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Ketapang menuju Surabaya hingga Semarang dan sebaliknya," kata Broer Rizal seperti dilansir Antara.

Hadirnya KA Blambangan Ekspres tentu memudahkan masyarakat khususnya yang berada di Jawa Tengah untuk datang ke Banyuwangi, khususnya dalam rangka berwisata. Apalagi, salah satu tujuan dari dioperasikannya KA Blambangan Ekspres memang untuk mendongkrak sektor pariwisata di daerah ujung timur Pulau Jawa itu.

"KA Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata bagi Kabupaten Banyuwangi serta daerah-daerah lain yang dilalui," ujar Broer Rizal.

Bagi Kawan GNFI dari Semarang dan sekitarnya yang berminat ke Banyuwangi menggunakan KA Blambangan Ekspres, jangan lupa untuk memperhatikan jadwalnya. Dari Stasiun Ketapang Banyuwangi, kereta berangkat pada pukul 19.30 WIB dan dijadwalkam tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44 WIB. Sementara itu dari Stasiun Semarang Tawang, kereta berangkat pada pukul 18.05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40 WIB.

Ada harga tiket spesial bagi penumpang di momen peluncuran KA Blambangan Ekspres ini. Untuk keberangkatan tanggal 2-18 Desember 2022, tersedia tiket promo untuk kelas eksekutif seharga Rp250.000 dan kelas ekonomi seharga Rp150.000.

Ritual Petik Laut, Kosmologi Masyarakat Banyuwangi untuk Lestarikan Alam

Tempat Wisata Menarik di Banyuwangi

Jika KA Blambangan Ekspres akan memudahkan masyarakat untuk berwisata ke Banyuwangi, apa saja destinasi wisata menarik yang ada di sana?

Satu destinasi wisata menarik di Banyuwangi adalah Teluk Hijau, yakni pantai yang dikenal dengan air lautnya yang berwarna hijau. Hanya saja, jarak Teluk Hijau dari pusat kota terbilang jauh, yakni 90 km.

Kemudian ada pula Gunung Ijen. Gunung Ini sangat terkenal dengan blue fire, yakni kawahnya yang berwarna biru. Fenomena blue fire hanya ada 2 di dunia, yaitu di Gunung Ijen dan di Islandia.

Tempat wisata menarik lainnya adalah Taman Nasional Baluran. Jika beruntung, Kawan GNFI bisa bertemu dengan berbagai hewan eksotis seperti macan tutul jawa.

Ramah Lingkungan, Bandara Banyuwangi Masuk 20 Besar Arsitektur Terbaik Dunia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini