Destinasi Wisata Museum dengan Biaya Termurah di Pulau Jawa

Destinasi Wisata Museum dengan Biaya Termurah di Pulau Jawa
info gambar utama

Menghabiskan hari libur di akhir pekan lebih menyenangkan dengan mengunjungi museum bersama kerabat. Melihat berbagai pameran seni dan koleksi unik dapat menyegarkan pikiran sebelum kembali beraktivitas pada hari Senin.

Bicara soal museum, ada satu tren yang tengah digandrungi anak muda masa kini, namanya museum date atau kencan museum. Banyak pasangan muda-mudi berkunjung ke museum untuk quality time, bukan lagi ke mal atau makan di restoran. Alasannya, karena interior museum sangat instagrammable dan suasana di dalamnya pun terasa lebih romantis.

Di samping itu, berkencan di museum tak perlu biaya yang mahal. Banyak pula topik yang bisa dibicarakan, sehingga para pasangan itu menjadi lebih dekat.

Nah, untuk Anda yang berada di Pulau Jawa dan berencana akan melakukan kencan museum dalam waktu dekat, Good News From Indonesia punya rekomendasi museum datelow budget berdasarkan hasil penelitian Peta Lestari.

Data di bawah ini berisi sejumlah informasi penting, meliputi harga tiket yang super murah, ketersediaan transportasi, tempat makan, dan pusat perbelanjaan yang jaraknya kurang dari 1 kilometer, hingga bagus atau tidak ketika hujan. Berikut rangkumannya.

Bekunjung ke Museum Sumpah Pemuda, Saksi Bisu Momen Bersejarah pada 28 Oktober 1928

Jakarta

Ada dua museum di Ibu Kota Jakarta yang setidaknya dapat menjadi tempat menghabiskan waktu akhir pekan, namun dengan biaya yang tak menguras kantong, yakni Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahilah di kawasan Kota Tua.

Di Museum Bank Indonesia, pengunjung dapat menikmati destinasi wisata satu ini dengan hanya membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Selain bisa mengetahui bagaimana perjalanan duina perbankan di Indonesia, tempat ini juga memadai dengan sejumlah lingkungan sekitar yang mendukung.

Museum Bank Indonesia mudah dijangkau dengan sederet pilihan transportasi dan adanya atraksi atau pertunjukan wisata di sekitarnya. Jika ingin beristirahat, pilihan untuk mengisi tenaga berupa tempat makan juga banyak tersedia.

Ditambah lagi, museum Indonesia memiliki lanskap memadai dan bagus apabila saat sedang hujan. Apabila selesai menikmati isi museum, pengunjung juga bisa mencari hiburan lainnya dengan mampir ke pusat perbelanjaan yang berada tak jauh dari lokasi museum.

Selain Museum Bank Indonesia, ada juga Museum Fatahilah yang dapat didatangi dengan harga tiket masuk tak kalah murah, yakni hanya berkisar antara Rp1.500 sampai Rp3.500 saja.

Tak kalah memukau, di destinasi satu ini juga terdapat sejumlah fasilitas dan akses pendukung seperti transportasi, aktrasi wisata lain, tempat makan, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi.

Museum Gatot Subroto Ungaran, Mengenang Perjuangan Sang Jenderal

Bandung

Bagi Anda yang berada di Kota Bandung dan sekitarnya, museum Konferensi Asia Afrika (KAA) dan Gedung Sate bisa jadi referensi untuk berkencan.

Di Museum KAA, Anda dapat melihat berbagai koleksi benda tiga dimensi beserta foto dokumenter dari peristiwa pertemuan Tugu, konferensi kolombo, konferensi bogor, dan KAA pada 1955. Sementara itu, Gedung Sate memamerkan diorama sejarah gedung tersebut. Banyak foto masa lalu bisa dilihat di setiap dinding.

Untuk datang ke museum KAA, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis, sedangkan Gedung Sate mematok harga Rp5000 saja.

Fasilitas umum yang tersedia di sekitar kedua museum ini juga cukup lengkap, seperti layanan transportasi, atraksi wisata lain, tempat makan, dan pusat perbelanjaan dengan jarak kurang dari 1 kilometer. Dijamin, kencan museum Anda akan lebih nyaman.

Belajar Alam Seru Di Museum Nasional Sejarah Alam Nasional Bogor

Yogyakarta

Kalau di Yogyakarta, museum untuk kencan dengan harga murah jatuh kepada Museum Sonobudoyo yang terletak di Jalan Pangurakan No.6, Ngupasan Kecamatan Gondomanan. Museum ini termasuk yang paling difavoritkan wisatawan.

Di dalamnya, terdapat keramik zaman neolitikum, patung perunggu abad ke-8, berbagai bentuk wayang kulit, hingga senjata kuno Jawa. Biasanya, pengelola museum juga menampilkan pertunjukkan seni yang lain.

Harga tiket masuk Museum Sonobudoyo sangat murah, yaitu Rp2000 sampai Rp3000 saja. Jika sudah puas berkeliling museum, Anda bisa berbelanja di pusat kuliner dan perbelanjaan yang ada di sekitarnya.

Museum murah lainnya di Yogyakarta adalah Museum Sandi, Jalan Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Gondokusuman. Sesuai namanya, museum ini menyimpan benda bersejarah dalam dunia persandian Indonesia, termasuk buku sandi pada zaman agresi militer Belanda 1948.

Untuk masuk ke Museum Sandi, Anda hanya perlu membayar Rp3000 saja. Di sekitar museum juga terdapat banyak tempat makan dan pusat perbelanjaan. Tapi, Anda tidak disarankan untuk datang ketika hujan, ya.

Peringati Hari Museum Nasional, Inilah 10 Daftar Museum Tertua di Indonesia

Surabaya

Dua museum terakhir yang bisa jadi referensi untuk berkencan berasal dari Kota Surabaya. Pertama, Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 November. Tempat ini dibangun untuk mengenang perjuangan para arek suroboyo yang tewas melawan Belanda.

Museum ini sangat cocok untuk berkencan ataupun berlibur bersama keluarga. Harga tiket masuknya antara gratis hingga Rp5000. Akses transportasi, pertunjukkan lain, dan tempat makan juga ada di sekitar museum.

Berikutnya ada museum House of Sampoerna. Bangunan ini dulunya berfungsi sebagai panti asuhan putra milik pemerintah Pelanda, tapi kemudian dibeli oleh Liem Seeng Tee dan mengubahnya menjadi tempat produksi rokok sampoerna pertama.

Di museum ini,m Anda bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia dan berkeliling Surabaya secara gratis. Museum ini juga menyediakan kafe dengan menu beragam, seperti burger, roti lapis, sosis, dan kopi. Sebelum pulang, jangan lupa beli suvenir khas, seperti miniatur dari kayu, kain batik, gelang, baju, kalung, dan tas.

Nah, itu dia beberapa museum di Pulau Jawa yang cocok untuk museum date. Kalau Anda ingin dapat rekomendasi yang lebih banyak, silakan kunjungi Peta Lestari sekarang!

Museum Menyapa Masyarakat di Lorong Wisata Program 'Museum Keliling' ala Museum Kota Makassar

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini