Kalimantan, Pulau Seribu Sungai

Kalimantan, Pulau Seribu Sungai
info gambar utama

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terbentang luas dari sabang hingga merauke yang terdiri dari lima pulau besar. Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua yang ada di Indonesia yang memiliki luas sekitar 743.330 km².

Seperti yang kita ketahui, pulau Kalimantan dikenal sebagai tempat penangkaran orang utan terbesar di dunia. Pulau Kalimantan juga memiliki pesona sungai yang tak kalah cantik dengan aliran sungai yang saling terhubung satu sama lain, sehingga pulau Kalimantan di beri julukan sebagai pulau seribu sungai.

Di Kalimantan terdapat bermacam-macam sungai, mulai dari sungai berukuran kecil dan sungai yang berukuran besar ada di kalimantan. Sungai-sungai tersebut terbentang dan saling terhubung satu sama lain. Beberapa sungai besar yang ada di Kalimantan adalah sungai Barito, sungai Kapuas, sungai Serongga, sungai Kahayan dan sungai Mahakam.

Sungai Kapuas adalah sungai dengan urutan pertama yang memasuki jajaran sungai terpanjang yang ada Kalimantan yang bertepat di daerah Kapuas. Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 1.178 km dengan kedalamaan kurang lebih 27 m. Sungai Kapuas merupakan sungai kehidupan bagi lebih dari 700 macam ikan termasuk 12 jenis ikan langka yang hidup di dalam sungai Kapuas tersebut.

Ayo Manfaatkan Aliran Sungai Menjadi Pembangkit Listrik!
Sungai Kapuas
info gambar

Sungai yang ada di Kalimantan umumnya memiliki debit air yang stabil, sehingga sungai-sungai yang ada di Kalimantan dapat di manfaatkan oleh masyarakat sekitar. Bagi masyarakat Kalimantan, sungai telah menjadi bagian penting bagi kehidupan sehari-hari.

Banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat Kalimantan di sungai contohnya seperti kegiatan mandi, mencuci baju, dan banyak juga masyarakat yang menjadikannya ladang penghasilan dengan membuat penangkaran ikan.

Oleh karena itu, keberadaan sungai tidak dapat di lepaskan dari masyarakat yang hidup di daerah Kalimantan karena sungai memiliki peran besar dalam keberlangsungan kehidupan mereka.

Sungai yang ada di Kalimantan juga dimanfaatkan sebagai lokasi jual beli. Fenomena ini cukup menarik perhatian contohnya adalah pasar terapung yang ada di Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di sungai Siring yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Tengah. Kegiatan jual beli yang di lakukan antara penjual dan pembeli di laksanakan di atas perahu kayu yang biasanya di sebut masyarakat di sana dengan sebutan jukung.

Inilah 7 Pasar Apung di Indonesia, Sudah Tahu?
Pasar Terapung
info gambar

Barang yang biasanya di jual di pasar terapung cukup beragam, di sana kita dapat menjumpai penjual yang menjual barang hasil pertanian dan perkebunan perkebunan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Di pasar terapung para pengunjung juga dapat menemukan dagangan lain seperti ikan, pakaian dan kue, bahkan tidak jarang dapat kita temui seorang penjual yang berjualan soto khas Banjar, yaitu soto Banjar. Pasar terapung ini hanya buka di hari Minggu dari jam 7 pagi sampai 12 siang WITA.

Sungai yang ada di Kalimantan juga di manfaatkan sebagai destinasi dan daya tarik bagi para pendatang yang sedang berkunjung di sana. Salah satu destinasi tersebut yaitu susur sungai Kahayan yang terletak di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Jejak Jakarta sebagai Kota Air, Dulunya Banyak Rawa dan Aliran Sungai

Wisata ini menawarkan perjalanan untuk menyusuri sungai Kahayan yang membelah suasana hutan gambut dengan berlayar menggunakan kelotok warga yang ada di sana. Wisata susur sungai Kahayan ini tidak di kenakan tarif. Sebelum sampai di lokasi susur sungai Kahayan dapat di tempuh setelah perjalanan selama 40 menit dari bandara Tjilik Riwut hingga ke tempat susur sungai tersebut.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini