Pantai Losari Makassar, Bekas Pasar Ikan yang Jadi Ikon Ibukota Sulawesi Selatan

Pantai Losari Makassar, Bekas Pasar Ikan yang Jadi Ikon Ibukota Sulawesi Selatan
info gambar utama

Pantai Losari Makassar memiliki keindahan laut yang sangat memesona yang berlokasi di jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar. Selain menyaksikan matahari terbenam yang sangat memukau, di pantai ini Anda dapat menjajal kuliner khas Sulawesi Selatan dan melakukan kegiatan olahraga di lokasi.

Tak seperti pantai di Makassar lainnya, Pantai Losari Makassar tidak memiliki hamparan pasir luas yang akan Anda temui di sini. Bahkan di pantai ini juga tidak dibolehkan untuk berenang, karena airnya sangat dalam yang tentunya dapat membahayakan pengunjung untuk melakukan kegiatan berenang. Tetapi di Pantai ini Anda akan disuguhkan dengan ikon dan pemandangan yang cantik dari pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Makassar.

Sejarah Pantai Losari

Dahulunya, Pantai Losari merupakan pasar ikan pada pagi hingga siang hari dan pada sore hingga ke malam hari pantai ini digunakan sebagai tempat berjualan aneka makanan khas Makassar. Bahkan pantai ini juga memiliki julukan pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia karena terdapat warung-warung tenda yang menyambung satu sama lainnya sepanjang kurang lebih 1 KM.

Kemudian oleh pemerintah pusat dan atas ide dari Walikota Makassar sekitar tahun 1945 yaitu DM Van Switten mulailah dilakukan pembangunan hingga tampilan Pantai Losari menjadi seindah saat ini. Bukan hanya sebagai tempat wisata, di pantai ini Anda akan menemukan ukiran sejarah di sepanjang Pantai Losari Makassar.

Baca juga: Pantai Tanjung Bayang, Destinasi Terbaik untuk Liburan

Hingga saat ini, belum diketahui dari mana kata Losari ini berasal apa dari bahasa Belanda atau dari bahasa Makassar sendiri. Namun, menurut terjemahan bahasa Jawa yaitu Losari terdiri dari dua kata yakni Los dan Ari. Yang mana Los memiliki arti area yang digunakan untuk kegiatan jual beli yang terbagi menjadi beberapa toko, sementara ari diambil dari makna selaput pembungkus atau yang menyalurkan, seperti halnya “ari-ari”.

Keunikan dan Daya Tarik dari Pantai Losari Makassar

pantai losari
info gambar

Untuk mengunjungi pantai, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun kecuali parkir kendaraan. Terdapat keunikan saat berkunjung ke Pantai Losari ini serta ada beberapa kegiatan yang juga bisa dilakukan di sini, apa saja itu? Simak penjelasannya:

1. Menikmati wisata kuliner khas Makassar

pisang epe
info gambar

Akan banyak aneka kuliner khas Makassar yang dapat memanjakan lidah Anda di sini, warung-warung aneka kuliner ini dapat Anda jumpai di sekitaran Pantai Losari Makassar. Anda dapat menikmati aneka hidangan laut seperti lobster, cumi-cumi dan ikan pari dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu ada juga makanan khas Makassar yang wajib untuk Anda coba, yaitu pallu butung, pisang epe, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan lainnya.

Baca juga: Pantai Akkarena Makassar, Spot Terbaik Liburan dan Bermain di Kota Daeng

Perlu Anda ketahui, pisang epe adalah salah satu makanan khas Makassar yang paling banyak diincar para wisatawan saat berkunjung ke sini. Pisang Epe adalah sajian yang terbuat dari pisang raja yang dibakar, kemudian dijepit hingga pipih dan diberi air gula merah.

2. Bermain wahana air

Foto: celebes.co
info gambar

Jangan berkecil hati jika Anda tidak dapat bermain ombak di Pantai Losari karena ada wahana permainan air yang dapat dinikmati seperti naik perahu, sepeda air dan banana boat yang tentunya seru dan menyenangkan sambil menikmati sunset dan semilir angin yang sepoi-sepoi. Anda yang memiliki hobi memancing dapat melakukan kegiatan ini tanggul sekitaran pantai bersama warga dan pengunjung lainnya.

3. Berkunjung ke Anjungan Losari

@Deby Firmansyah/Google Review
info gambar

Pantai Losari Makassar memiliki beberapa anjungan dengan nama yang diambil dari nama-nama suku di Makassar, seperti Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar. Di anjungan ini ditampilkan ciri khas dari suku-suku tersebut, ada juga patung-patung Pahlawan Sulawesi Selatan, seperti Sultan Hasanudin, Sultan Alauddin, Arung Palakka serta masih banyak lagi yang lainnya.

4. Mengunjungi Masjid Terapung Makassar

Masjid terapung losari
info gambar

Pantai Losari Makassar memiliki sebuah Masjid unik yang bernama Masjid Amirul Mukminin, di mana posisi masjid ini menjorok ke lautan yang membuatnya berada di atas laut. Masjid yang diresmikan pada tahun 2012 ini dibuat menyerupai rumah adat tradisional Sulawesi Selatan.

5. Objek Wisata Lego-lego

Foto: Instagram/khaidirr
info gambar

Terdapat objek wisata lainnya di Pantai Losari Makassar ini, yaitu Lego-Lego yang terdapat sebuah masjid unik dengan nama Masjid 99 Kubah. Di sini merupakan salah satu spot foto terbaik dan Anda juga dapat menikmati sunset di wisata Lego-Lego ini.

Baca juga: Pantai Biru Makassar, Pantai Biru dengan Gradasi Biru yang Menenangkan

Tertarik mengunjungi Pantai Losari Makassar? Yuk, rencanakan liburan terbaik Anda bersama keluarga.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini