NexPage, Aplikasi Rangkuman Isi Buku yang Kini Hadir di Indonesia

NexPage, Aplikasi Rangkuman Isi Buku yang Kini Hadir di Indonesia
info gambar utama

Membaca adalah jendela dunia. Kegiatan membaca ini tentunya memberikan banyak sekali manfaat untuk kita semua. Entah itu hanya sekedar menambah pengetahuan saja, melatih kemampuan nalar dan pola pikir, atau bahkan menerapkannya apa yang didapat dari buku tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kini, akses buku sudah semakin mudah berkat adanya teknologi yang mendukung jangkauan buku ke masyarakat luas. Misalnya, kini sudah banyak pihak atau pengembang aplikasi yang menyediakan akses buku secara digital, baik itu secara gratis maupun berbayar.

Membaca memang sangat tepat dilakukan ketika waktu luang. Sehingga, intisari dari bacaan yang kita baca secara fokus bisa benar-benar dipahami. Sayangnya, minat baca orang Indonesia, khususnya pada buku-buku non-fiksi juga masih tergolong rendah.

Pada tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat baca dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University di AS.

Memang, tak sedikit pula orang yang tertarik untuk membaca demi menambah wawasannya, hanya saja terkadang merasa tidak memiliki waktu luang untuk membaca buku.

Jangan Asal Baca, Pahami Tekniknya untuk Bangun Kebiasaan Membaca

Hadir dengan pilihan bahasa Indonesia

NexPage
info gambar

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak ada solusinya. Ada sebuah aplikasi yang menyediakan rangkuman isi mengenai buku-buku populer, yaitu NexPage.

NexPage sendiri adalah sebuah aplikasi dari Singapura yang menghadirkan ringkasan dari berbagai buku non fiksi pertama di dunia. Setelah diluncurkannya versi yang berbahasa Inggris pada 2021 silam, kini kehadiran NexPage di tanah air juga telah memiliki opsi untuk penggunaan Bahasa Indonesia.

Tentunya hal ini bertujuan agar akses terhadap pengetahuan dari ringkasan buku ini bisa diterima secara lebih luas oleh masyarakat Indonesia.

“Kami percaya bahwa dengan meluncurkan konten kami dalam Bahasa Indonesia, kami dapat menjangkau lebih banyak orang Indonesia yang mungkin lebih suka membaca dalam bahasa ibu mereka,” ujar CEO NexPage, Tan Zhi Rong sebagaimana dikutip dari siaran pers NexPage.

Lebih lanjut, Tan Zhi Rong juga menambahkan bila tujuan utama dari lahirnya NexPage di Indonesia adalah untuk memberikan pengetahuan, mendorong peningkatan diri, dan pada akhirnya, mengubah dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

Terapkan Tips Mudah Membaca Buku Bahasa Inggris

Memiliki konten yang beragam

NexSpace
info gambar

Lalu, apa saja yang bisa diakses dalam NexPage ini? Jawabannya sangatlah beragam. Aplikasi ini menyediakan berbagai konten buku non fiksi populer di dunia yang terbagi atas berbagai topik. Sekarang, total ada 7.000 instalasi aplikasi seluler di seluruh dunia dengan ratusan pengguna aktif harian.

NexPage memiliki lebih dari 20 kategori yang bisa dipilh sesuai dengan minat atau ketertarikan masing-masing. Mulai dari ekonomi & bisnis, self improvement, kesehatan, pengembangan diri, parenting, buku-buku sosial dan berbagai jenis buku lannya

Ketika menggunakan aplikasi ini, nantinya Anda akan mendapatkan ringkasan dari sebuah buku yang bisa menjadi bacaan inti yang kemudian bisa dibaca dengan waktu kurang lebih 15 menit saja. Bacaan cepat ini akan menyaring wawasan utama dan poin-poin pembelajaran yang dapat diambil oleh pembaca.

Selain itu, pengguna yang tak berlangganan juga bisa mendapatkan rangkuman gratis secara mingguan di aplikasi. Bagi yang sibuk namun tetap ingin memiliki informasi dari buku, terseedia pula fitur audiobook.

Mengenai ketersediaannya, aplikasi ini bisa diakses di Google Play Store maupun Apple Store. Kedepannya, NexPage juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai elemen, mulai dari pemerintah, sekolah, organisasi nirlaba, berbagai pihak lain yang tertarik tertarik mengadakan kolaborasi.

Cara Meningkatkan Hobi Membaca ala Najwa Shihab

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini