Rekomendasi 5 Situs Internasional sebagai Referensi Skripsi

Rekomendasi 5 Situs Internasional sebagai Referensi Skripsi
info gambar utama

Skripsi sebagai tugas akhir untuk menempuh program studi sering kali membuat mahasiswa kewalahan nan kebingungan. Salah satu faktor penyebab tertundanya pengerjaan skripsi adalah tuntutan dosen kepada mahasiswa untuk mencantumkan jurnal internasional dengan berbagai ketentuan tergantung pada aturan masing-masing universitas.

Tuntutan tersebut terkadang membuat sebagian mahasiswa merasa kesulitan untuk mencari referensi kajian pustaka internasional. Sebagai solusinya, berikut ini rekomendasi situs internasional untuk referensi skripsi maupun—tesis dan disertasi—untuk mencari artikel ilmiah pada jurnal, bagian dari buku, maupun hasil seminar.

1. Springer

Sumber referensi skripsi yang pertama adalah Springer. Situs internasional ini merupakan bagian dari Springer Nature, yakni perusahaan publisher multinasional bereputasi asal Jerman. Springer membantu para peneliti dengan menyediakan segala bentuk referensi, seperti artikel ilmiah dari jurnal, buku, chapter, conference paper, dan conference proceedings dari berbagai disiplin ilmu. Kawan dapat mengakses berbagai artikel ilmiah tersebut di sini.

2. Taylor and Francis

Perusahaan publikasi yang berasal dari negara Inggris ini juga menyediakan bahan rujukan bagi para peneliti. Bahan rujukan yang disediakan berupa ebook, artikel ilmiah dari jurnal, editorial, dan review. Buat Kawan yang berniat untuk mencari buku di sini, kamu dapat mengunjungi laman Pencarian buku dapat dikunjungi di laman Taylor & Francis dan untuk pencarian artikel ilmiah bisa dengan mengakses laman tandfonline.com.

3. Emerald Insight

Rekomendasi situs internasional untuk referensi skripsi berikutnya adalah Emerald Insight yang berpusat di kota Bingley, Inggris. Situs ini merupakan sebuah penerbit bereputasi yang menyediakan berbagai artikel ilmiah dari jurnal. Tidak hanya itu, Kawan juga dapat menemukan beberapa buku maupun case studies di situs ini. Untuk mengaksesnya, Kawan bisa langsung klik di sini.

4. Wiley

Wiley adalah penerbit asal Kota New Jersey, Amerika Serikat, yang menyediakan berbagai artikel imliah dari jurnal, buku, editorial, hingga proceedings. Situs penerbit ini banyak dijadikan rekomendasi referensi oleh berbagai institusi pendidikan secara global. Kalau Kawan sedang bergelut dengan skripsi, laman akademik wiley bisa juga dijadikan sumber referensinya.

5. Sage Publisher

Terakhir, rekomendasi situs internasional untuk referensi skripsi adalah Sage Publisher. Situs ini menyediakan berbagai artikel ilmiah dari jurnal internasional. Selain itu, penerbit yang berpusat di California, Amerika Serikat ini juga menyediakan beragam buku dan editorial. Kawan bisa mengakses situs ini dengan mengunjungi laman Sage Publisher.

Baca Juga:Rekomendasi 5 Situs dan Aplikasi Alternatif bagi Para Pejuang Skripsi

Memastikan Kredibilitas Referensi

Beberapa artikel ilmiah dari jurnal internasional yang telah sesuai dengan topik penelitian, alangkah baiknya jika Kawan menyelidiki kredibilitas jurnal tersebut sehingga isinya bisa dipercaya. Ini karena kredibilitas referensi dapat mempengaruhi kualitas skripsi.

Oleh karena itu, ada yang namanya situs Scimago, hadir bagi para peneliti untuk memastikan kredibilitas artikel. Scimago menampilkan peringkat jurnal berdasarkan ISSN artikel, nama jurnal, dan nama penerbit yang tertera pada artikel.

Perbedaan Artikel dan Jurnal

Artikel adalah karya tulis lengkap, sedangkan jurnal khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu | Foto: Unsplash (Wes Hicks)
info gambar

Setelah mengetahui situs penyedia referensi untuk skripsi, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui perbedaan dari artikel dan jurnal. Menurut KBBI, artikel merupakan karya tulis lengkap, sedangkan jurnal merupakan majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu.

Sederhananya, berbagai artikel atau karya tulis ilmiah para peneliti digabung menjadi satu dalam jurnal tertentu sesuai dengan bidang ilmu atau dapat disimpulkan juga bahwa jurnal merupakan kumpulan artikel yang dibukukan berdasarkan edisi tahun terbitnya.

Apabila Kawan ingin mencari referensi sebagai justifikasi pada karya ilmiah, lebih disarankan untuk mencari artikel dengan cara memasukkan kata kunci dalam bahasa Inggris secara langsung dan memilih tipe artikel pada opsi filter di samping kiri.

Untuk mencari jurnal, ada baiknya jika Kawan mencari jurnal sesuai bidang ilmu, misalnya pendidikan, ekonomi, teknik, dan sebagainya. Namun, perlu digarisbawahi bahwa setiap jurnal dengan bidang ilmu yang sesuai tidak selalu mencantumkan topik penelitian yang diharapkan sehingga lebih baik hanya mencari dengan kata kunci yang diinginkan agar lebih menghemat waktu.

Baca Juga:Bosan Hadapi Skripsi? Isi Kejenuhanmu dengan Aktivitas Ini!

Proceedings sebagai Alternatif Referensi

Prosiding sebagai referensi skripsi
info gambar

Selain artikel pada jurnal ilmiah, referensi skripsi juga dapat diperoleh melalui proceedings. Dilansir dari lp2m.uma, proceedings atau prosiding merupakan sekumpulan artikel yang telah dipublikasikan sebelumnya melalui seminar mengenai topik tertentu. Artikel ilmiah yang dipublikasikan berasal dari hasil penelitian dosen ataupun peneliti ahli atau yang biasa disebut dengan paper.

Sama halnya dengan artikel ilmiah, paper merupakan karya ilmiah berupa studi atau kajian yang diikutsertakan dalam sebuah konferensi oleh lembaga. Paper dari hasil seminar kemudian dikumpulkan menjadi satu pada proceedings. Perbedaan yang dimiliki proceedings adalah tidak ada proses penyuntingan atau peer-reviewed sehingga memiliki tingkat keilmiahan yang lebih rendah.

Kendati demikian, proceedings masih bisa digunakan dari segi pendapat para ahli di bidangnya untuk memperkuat fakta lapangan yang dapat dicantumkan pada—penulisan karya tulis ilmiah, termasuk skripsi. Kawan bisa menemukan proceedings pada kelima situs yang direkomendasikan di atas. Dengan begitu, sebagai pejuang skripsi, Kawan tidak perlu khawatir dan kesulitan lagi untuk menemukan artikel ilmiah sesuai topik penelitian karena proceedings bisa menjadi alternatif lain yang masih diakui keabsahannya.

Baca Juga:5 Pelajaran Hidup Saat Menulis Skripsi!

Itulah beberapa rekomendasi situs internasional untuk referensi skripsi yang diharapkan dapat membantu Kawan dalam menyelesaikan tugas akhir pendidikan sarjana ini. Jatuh-bangun mengerjakan skripsi merupakan perjuangan demi meraih gelar studi bagi para mahasiswa. Yang jelas, setiap prosesnya tidak akan menemui titik terang apabila tidak sering mencari informasi dan meningkatkan minat baca.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini