Manfaat Kayu Manis dan Resep Minuman Olahannya

Manfaat Kayu Manis dan Resep Minuman Olahannya
info gambar utama

Kayu manis merupakan salah satu rempah komoditas ekspor di Indonesia. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki potensi komoditas ini, seperti Jambi, Yogyakarta, Boyolali, dan Kalimantan Selatan.

Rempah ini biasanya dimasukkan sebagai tambahan pada adonan kue atau dijadikan bahan baku minuman, Walaupun bernama kayu manis, rempah ini tidak terlalu manis bahkan cenderung pahit.

Ada banyak manfaat dibalik rempah bernama ilmiah Cinnamomum verum ini, beberapa di antaranya adalah:

1. Membantu Mencegah Diabetes

Cita rasa kayu manis yang tidak terlalu manis membuat rempah ini aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Menurut sebuah penelitian yang menggunakan kayu manis dengan sampel kecil, kayu manis bisa memicu hormon insulin yang dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Semakin terkendali kadar gula darah dalam tubuh, semakin kecil kemungkinan seseorang mengidap diabetes tipe 2.

2. Membantu Mengatasi Peradangan

Tubuh memiliki banyak cara untuk melindungi diri supaya tidak sakit, salah satunya peradangan. Walaupun membuat tubuh jadi kurang nyaman, peradangan bisa melindungi jaringan tubuh dari infeksi.

Sayangnya, ada beberapa kasus peradangan yang terjadi dalam waktu lama sehingga membuat tubuh semakin tidak nyaman. Hal tersebut terjadi saat tubuh terserang infeksi yang cukup berat.

Saat hal itu terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi minuman atau makanan yang sudah dicampur kayu manis. Kayu manis punya kandungan polifenol yang membantu melawan radikal bebas, serta mengatasi peradangan dalam tubuh.

3. Infeksi Gigi yang Disebabkan Jamur Candida

Infeksi gigi bisa terjadi oleh beberapa faktor, salah satunya jamur candida. Jika kamu mengalami infeksi tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kayu manis. Seperti halnya cengkeh, rempah ini punya kandungan zat yang bisa menangani jamur candida penyebab infeksi gigi. Kayu manis pun bisa digunakan untuk menangani infeksi gusi yang disebabkan oleh bakteri P. Gingivalis.

4. Meredakan Rasa Sakit Saat Haid

Walaupun merupakan hal yang wajar, rasa sakit saat haid akan membuat perempuan tidak nyaman, mulas, serta membuat emosi naik-turun. Kabar baiknya, rasa sakit itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan kayu manis.

Resep Olahan Minuman Berbahan Dasar Kayu Manis

Wedang Kayu Manis, Salah Satu Minuman Berbahan Kayu Manis
info gambar

Seperti yang sudah dibahas, kayu manis sering dijadikan campuran pada minuman. Adapun salah satu contohnya adalah wedang kayu manis. Minuman ini cocok diminum di waktu hujan atau di malam hari. Selain bisa menghangatkan tubuh, minuman ini juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika kamu tertarik membuatnya, kamu bisa simak resepnya di bawah ini!

Baca juga: Serai, Tanaman Obat dan Bumbu dari Negeri Tropis Asia Tenggara

Bahan-Bahan:

  • 1 batang kayu manis berukuran 7-10 cm.
  • 2 rimpang jahe yang sudah digeprek.
  • 1 batang serai yang sudah digeprek.
  • 1 sendok teh madu.
  • 1,5 gelas air.
  • Gula aren secukupnya.

Cara Membuatnya:

  • Siapkan panci berisi 1,5 gelas air, lalu rebus air dengan api sedang.
  • Masukkan kayu manis, jahe, serai, dan gula aren saat air sudah mendidih.
  • Masukkan 1 sendok teh madu saat air rebusan mengeluarkan aroma wangi jahe. Aduk-aduk sebentar sampai semua bahan tercampur, lalu matikan api kompor.
  • Siapkan wadah bersih seperti gelas atau cangkir lalu letakkan saringan di atasnya. Tuang air rebusan wedang kayu manis sampai wadah terisi penuh. Wedang kayu manis pun bisa langsung dikonsumsi.

Tips Membuat Wedang Kayu Manis:

  • Jika tidak ingin wedang kayu manis buatanmu berwarna cokelat gelap, kamu bisa masukkan gula batu atau gula pasir ke dalam air rebusan wedang kayu manis.
  • Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes air lemon supaya lebih segar atau menambah beberapa rempah lainnya jika ingin lebih kaya rempah dan banyak khasiat.
  • Pastikan kayu manis yang digunakan masih dalam keadaan segar. Cara mengetahuinya adalah mencium aroma dari kayu manis tersebut. Kayu manis yang masih segar aromanya akan cenderung manis, agak pedas, dan semerbak.

Baca juga: Stevia, Gula Sehat yang Menembus Pasar Mancanegara

Referensi:

gramedia.com | idntimes.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini