Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah di Jambi: Indahnya Pesisir Danau Berombak Rasa Laut

Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah di Jambi: Indahnya Pesisir Danau Berombak Rasa Laut
info gambar utama

Kabupaten Kerinci di Jambi tidak pernah kehabisan tempat wisata menarik. Setelah Danau Kerinci dan Gunung Kerinci, kini ada Pantai Pasir Panjang yang wajib masuk daftar tempat wisata di Kerinci yang wajib dikunjungi.

Warga sekitar menyebut pantai ini dengan nama Pantai Pasir Panjang Desa Tanjung Tanah. Pantai ini berada persis di depan Danau Kerinci yang legendaris itu. Jadi bukan jenis pantai yang menghadap ke laut lepas seperti pantai pada umumnya. Tentunya airnya pun air tawar, bukan air laut yang asin.

Baca juga: Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat

Menurut beberapa sumber, Pantai Pasir Panjang dulunya adalah sisa-sisa Danau Kerinci di zaman purba yang terbentuk akibat pergeseran sesar aktif Sumatera yang terbentang dari bukit barisan Lampung ke Aceh.

Pantai Pasir Panjang: Tempat Memancing Ikan yang Jadi Destinasi Wisata di Jambi

Salah Satu Kegiatan Wisatawan di Pantai Pasir Panjang
info gambar

Dulunya, Pantai Pasir Panjang bukanlah destinasi wisata andalan di Kerinci karena akses jalannya belum memadai. Pantai ini lebih banyak digunakan sebagai tempat nelayan memancing ikan sekaligus tempat menyimpan tambak ikan buatan mereka.

Ikan-ikan yang mereka buat nantinya akan dijual atau dikonsumsi sendiri. Seiring waktu, masyarakat sekitar menyadari potensi wisata dari pantai ini. Pembenahan pun dilakukan di sana-sini, salah satunya adalah akses jalan yang kini mudah diakses dari mana saja.

Pantai Pasir Panjang punya hamparan pasir luas, serta panorama indah. Wisatawan bisa berjalan-jalan di hamparan pasir luas tersebut sambil berfoto ria. Wisatawan juga bisa menyewa perahu atau menaiki perahu nelayan saat ingin menyusuri perairan pantai ini. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat para nelayan memancing ikan dan lobster di tempat wisata ini, serta anak-anak yang berenang di sini tanpa kenal rasa takut.

Di beberapa sudut pantai ini, wisatawan bisa melihat indahnya Gunung Kembar dan persawahan yang ada di dekat pantai ini, serta tanaman eceng gondok yang tumbuh subur dan terpelihara dengan baik. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Pasir Panjang adalah pagi hari sampai siang hari karena pada waktu-waktu tersebut udara di pantai ini begitu sejuk, serta langit di atas pantai ini cerah kebiruan.

Baca juga: Eksplorasi Wisata Danau Sipin di Jambi

Jika tidak bisa datang di waktu-waktu tersebut, wisatawan bisa mengunjunginya pada sore hari. Pada waktu tersebut, wisatawan bisa menikmati indahnya senja dari pantai ini. Berbeda dengan air pantai lainnya, air di pantai ini bisa diminum karena merupakan air tawar. Hal ini wajar mengingat Pantai Pasir Panjang adalah sisa-sisa dari Danau Kerinci.

Akses Menuju Pantai Pasir Panjang

Salah Satu Pemandangan Pantai Pasir Panjang
info gambar

Pantai Pasir Panjang berada persis di Desa Tanjung Tanah, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi 37172. Tidak sulit untuk mencapai tempat wisata ini. Jika wisatawan berasal dari luar Jambi, perjalanan bisa dilakukan dengan menaiki pesawat terbang dan transit di Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

Setelah transit, lanjutkan perjalanan lewat jalur udara dan mendarat di Bandar Udara Depati Parbo Kerinci, kemudian perjalanan lewat jalur darat dari Kota Sungai Penuh. Selama menempuh perjalanan darat, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan hijau yang indah, serta para petani yang sedang menggembalakan hewan ternak seperti sapi dan itik.

wisata pantai pasir panjang tanjung tanah jambi danau kerinci
info gambar

Wisatawan nantinya akan sampai ke Desa Tanjung Tanah yang memiliki jalan sempit dan hanya cocok untuk kendaraan roda dua. Wisatawan yang membawa kendaraan roda empat harus memarkirkan kendaraannya di desa ini. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 10 menit atau dengan jasa ojek yang disediakan pengelola Pantai Pasir Panjang.

Baca juga: Daya Tarik Tugu Juang di Jambi, Tempat Wisata Bersejarah

Sesampainya di Pantai Pasir Panjang, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6 ribu per orang. Selain harga tiket, wisatawan juga harus membayar parkir jika membawa kendaraan pribadi, dimana biaya parkirnya adalah Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua, serta Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas di Pantai Pasir Panjang cukup memadai walaupun masih harus dikelola dengan lebih baik lagi. Beberapa fasilitas yang tersedia di sana adalah perahu yang bisa disewa dengan tarif Rp 30 ribu; tempat duduk di pinggir pantai; serta penjual makanan dan minuman. Pantai Pasir Panjang bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 06.31 WIB hingga 20.31 WIB.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini