Berkarya Lewat Musik, 3 Musisi Indonesia Ini Buat Lagu Demi Suarakan Kepedulian Lingkungan

Berkarya Lewat Musik, 3 Musisi Indonesia Ini Buat Lagu Demi Suarakan Kepedulian Lingkungan
info gambar utama

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan, sesuai dengan minat dan kelebihan yang dimiliki masing-masing orang, tentunya selain melakukan aksi nyata seperti pungut sampah hingg ahaya hidup zero waste.

Tapi bagi beberapa orang yang memiliki jiwa kreatif, ada yang menyuarakan aksi kepedulian lingkungan lewat cara unik, yaitu ada yang membuat buku, atau membuat film misalnya berjenis dokumenter.

Cara lain yang juga kerap dipilih oleh segelintir kalangan dalam menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan--bumi dan alam adalah lewat lagu. Tujuannya, para pendengar tidak hanya bisa menikmati alunan musik yang indah, tapi juga makna yang terkandung di dalamnya.

Menariknya, Indonesia juga memiliki sederet musisi yang diketahui pernah membuat karya musik yang dimaksud. Siapa saja musisi yang dimaksud? Berikut tiga di antaranya:

Lagu-Lagu Musisi Indonesia yang Sering Dikira dari Luar Negeri

Dere - Rumah

Nama Dere mungkin belum terlalu banyak didengar, karena Dere adalah seorang penyanyi muda yang baru debut. Berada di bawah naungan manajemen Tulus (Tulus Company), penyanyi berusia 19 tahun ini belum lama merilis sebuah lagu berjudul Rumah.

Melihat liriknya, lagu Rumah mengandung ungkapan tentang merawat alam dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga bumi. Dalam lagu tersebut, Dere mengaku menyalurkan keresahan akan kondisi alam yang menurutnya semakin sakit.

Menurut Dere, manusia lahir, tumbuh, dan berada di bumi, tapi ia mempertanyakan mengapa manusia tidak merawat tempat tinggal mereka sendiri. Dalam lagu tersebut, Dere mengajak banyak orang untuk menjaga bumi yang menjadi tempat tinggal hingga di masa depan kelak.

"Aku tulis lagu ini bareng kak Tulus. Itu muncul dari keresahan aku, kita tukar pikiran. Akhirnya kita ke topik tentang kondisi bumi yang semakin sakit. Aku sebenarnya takut dan resah tentang masa depan. Aku enggak berumur panjang, ada bencana menyeramkan dan lainnya," jelas Dere, mengutip merahputih.com.

5 Sosok Publik Figur Indonesia Ini Punya Kepedulian Tinggi Terhadap Lingkungan

Fiersa Besari - Alam Bukan Tempat Sampah

Pria satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kalangan anak muda penyuka hal-hal yang berhubungan dengan alam. Sosok yang juga dikenal selalu menuliskan cuitan kata-kata puitis di platform media sosial Twitter ini membuat lagu berjudul Alam Bukan Tempat Sampah.

Bisa ditebak, dalam lirik lagunya Fiersa menyuarakan ungkapan kalau alam dan bumi bukan tempat sampah yang bisa dikotori sembarangan oleh siapapun. Bukan hanya sebatas menyuarakan keresahan lewat lagu, Fiersa sendiri memang dikenal memiliki hobi yang berhubungan dengan aktivitas penjelajahan alam seperti mendaki gunung, dan sejenisnya.

Ia juga banyak dikenal masyarakat sebagai aktivis lingkungan. Selain Alam Bukan Tempat Sampah, Fiersa sendiri sebelumnya memang kerap membuat lagu-lagu yang menggambarkan kondisi alam. Satu di antaranya Petualangan, yang punya makna ajakan menjelajah dan berpetualang untuk menikmati alam di Indonesia.

Terapkan Gaya Hidup Nol Sampah Bersama Komunitas Zero Waste Indonesia

Saykoji - Plastik

Nama Saykoji sejatinya memang sudah tidak asing di kalangan penikmat musik tanah air, khususnya musik beraliran rap. Pada tahun 2019, Saykoji menciptakan lagu yang dia akui terinspirasi dari kepedulian terhadap lingkungan.

Berjudul Plastik, lewat lagu tersebut Saykoji secara tidak langsung memberikan edukasi mengenai tren penggunaan plastik di tengah masyarakat. Dirinya menyinggung tentang penggunaan plastik di berbagai jenis kemasan makanan dan tren pesanan online.

Tidak sendiri, ia juga berkolaborasi dengan anaknya yakni Aaron Miguel Penyami. Mereka mengingatkan mengenai fakta kalau plastik membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terurai. Selain itu, ayah dan anak tersebut juga menyuarakan bentuk pencemaran plastik di berbagai tempat.

Mereka juga mengajak pendengar untuk melakukan gaya hidup yang bijak, seperti melakukan daur ulang sampah plastik dan memilih produk yang ramah lingkungan.

Salah Kaprah Zero Waste dan Cara Asyik Mulai Prinsip Hidup Minim Sampah Plastik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini