Terbuat dari Kentang, Inilah Dodol khas Jambi

Terbuat dari Kentang, Inilah Dodol khas Jambi
info gambar utama

Daerah di Sumatera memiliki berbagai kuliner khas yang punya keunikannya masing-masing. Lupakan sejenak mengenai segala kuliner khas daerah yang berada dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, atau Sumatera Selatan yang sudah banyak yang populer.

Sekarang, mari kita ke provinsi Jambi. Wilayah yang terkenal dengan Gunung Kerinci dan perkebunan tehnya ini menyimpan berbagai kekayaan kuliner yang khas dan tak kalah enak untuk dicicipi.

Soal kudapan Jambi memiliki dodol kentang. Sesuai dengan namanya, bahan dasar utamanya terbuat dari kentang. Lalu, bagaimanakah rasanya dan apa yang membedakan dengan dodol di daerah lain seperti dodol khas Garut atau khas Jawa?

Gurihnya Pendap khas Bengkulu, Mirip dengan Pepes dan Jadi Favorit Soekarno

Lahir dari kaki Gunung Kerinci

Dodol kentang sendiri bisa kita jumpai di daerah kaki Gunung Kerinci. Salah satu gunung tertinggi di daerah Jambi ini tak cuma memiliki kebun teh, namun komoditas kentangnya juga termasuk unggul dan jadi andalan di daerah Jambi.

Dari kentang yang menjadi produk hasil bumi oleh masyarakat di sini, tentunya kentang ini juga kerap dikonsumsi atau dimanfaatkan. Dari hal tersebut, akhirnya tercetuslah untuk mengolah kentang ini menjadi sebuah makanan baru yang akhirnya menjadi dodol kentang.

Sebenarnya, awal mula inovasi untuk menciptakan dodol yang terbuat dari kentang ini tergolong tidak terlalu lama. Sehingga makanan ini bukanlah panganan tradisional sejak zaman dulu, tetapi merupakan buah dari kreativitas masyarakat.

Misal seperti dikutip dari jurnal berjudul Perkembangan Industri Dodol Kentang Ditinjau Dari Perspektif Sejarah : Studi Kasus di Kecamatan Siulak, di daerah Lubuk Nagodang Siulak, usaha ini mulai berkembang sekitar tahun 1994 sebagai sampingan dari warga yang kemudian dikelola oleh PKK.

Setelahnya, ide untuk menambahkan rasa pada dodol kentang tersebut tercipta hingga akhirnya menjadi favorit masyarakat dan sudah didistribusikan ke berbagai wilayah di provinsi Jambi.

Bekasam, Fermentasi Ikan Khas Sumatra Selatan

Bagaimana rasanya?

Mungkin bagi pembaca yang sudah pernah mencoba dodol Garut atau jenis dodol lainnya yang populer, tekstur yang sudah terbayang di kepala adalah kenyal-kenyal lengket dengan rasa yang legit.

Namun, tidak halnya dengan dodol kentang khas Jambi ini. Ketika Anda sudah mencicipinya, maka anggapan mengenai dodol tersebut mirip dengan dodol pada umumnya akan berbeda.

Sebab, dodol khas Jambi ini memiliki tekstur yang tidak begitu kenyal. Bahkan, cenderung ke arah lembut. Selain itu, dodol kentang ini tak terlalu lengket bila dibandingkan dengan dodol khas Garut.

Sementara untuk rasanya pun bukan manis yang terlampau legit, tetapi terdapat rasa gurih yang beriringan dengan rasa manis ketika mengunyahnya. Bagi yang tidak suka camilan yang terlalu manis, mungkin dodol ini akan terasa cocok di lidah.

Unik mendapatkannya di Jambi pun tak terlalu sulit. Kini, dodol khas tersebut sudah bisa ditemukan di berbagai pusat oleh oleh, bahkan minimarket terdekat di sana. Kalau mampir ke Jambi, jangan lupa untuk mencicipi ya.

5 Makanan Khas Jambi Bercita Rasa Manis



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini