5 Prinsip Hidup Bahagia ala Winnie The Pooh

5 Prinsip Hidup Bahagia ala Winnie The Pooh
info gambar utama

Setiap serial kartun pasti memiliki pelajaran yang bisa dijadikan prinsip hidup bagi Kawan GNFI. Salah satunya adalah serial kartun terkenal, yakni Winnie the Pooh. Serial kartun ini memang dikenal sebagai kartun yang lucu nan menggemaskan.

Tidak heran, kartun Winnie the Pooh selalu digandrungi oleh anak-anak. Tentunya kartun tersebut selalu menjadi kenangan yang indah bagi anak-anak. Namun, semasa kecil, Kawan mungkin hanya mengingat secara jelas tentang tokoh-tokoh legendaris di Winnie the Pooh.

Kawan bisa saja tidak menyadari bahwa ada hikmah atau pelajaran. Suatu pelajaran yang bisa dijadikan prinsip hidup bahagia. Lalu, pelajaran atau hikmah apa saja yang bisa diambil dari serial kartun Winnie the Pooh?

1. Jangan Hidup Individualis

Sebagai makhluk sosial, kita selalu membutuhkan orang lain. Hal itu digambarkan langsung dari kartun Winnie the Pooh. Pooh memiliki karakter ceria dan menyenangkan bagi orang lain. Tidak heran, ia bersahabat dengan Piglet, babi kecil yang lucu.

Selain itu, setiap ada masalah, Pooh, Piglet, Eeyore, Rabbit, Tigger, Owl, serta Christopher (manusia) akan turut mencari solusinya. Setelah ada solusinya, mereka merasa senang karena bisa melakukan bersama-sama. Hal itulah yang dicari bagi Kawan untuk hidup bahagia.

2. Percaya pada Diri Sendiri

Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Namun, masalah tersebut bisa saja membuat seseorang insecure. Hal inilah yang terjadi pada Piglet. Meskipun memiliki karakter bijaksana, babi kecil ini memiliki ketakutan berlebihan dalam memulai sesuatu.

Dilansir dari brilio.net, pelajaran yang bisa diambil adalah setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Kawan hanya perlu mengembangkan potensi tersebut. Sebisa mungkin Kawan hindari rasa pesimis dan pantang menyerah. Dengan begitu, sikap percaya diri akan muncul dengan sendirinya.

Baca juga: Unik! 5 Prinsip Hidup Sosial ala Hong Banjang Ini Bisa Kawan Terapkan

3. Keluar dari Zona Nyaman

Zona nyaman memang zona yang terbaik bagi sebagian besar orang. Namun, tidak akan baik apabila potensi Kawan tidak berkembang. Tidak hanya itu, dengan berdiam diri di zona nyaman, Kawan juga sulit untuk mendapatkan kesempatan baru.

Dengan begitu, Kawan hanya keluar dari zona nyaman dan mencoba tantangan baru. Hal ini didukung oleh Pooh dengan kata-kata manisnya.

“Kamu tidak bisa hanya terus tinggal dan diam di sudut hutan menunggu orang lain datang. Terkadang Kamulah yang harus menghampirinya!” - Winnie The Pooh, dilansir dari guesehat.com.

4. Bersyukur

Alan Alexander Milne
info gambar

Beragam penelitian telah membuktikan bahwa hidup bahagia dapat memperpanjang hidup. Hal ini dikarenakan Kawan bisa terhindar dari stres. Walaupun begitu, seseorang menggunakan segala cara untuk menggapai sesuatu. Alhasil, ia jadi serakah dan hidup dengan kecemasan.

Dalam serial kartun ini, penulis menggambarkan karakter Piglet sebagai tokoh yang penuh rasa syukur. Piglet merasa cukup dapat menikmati pemandangan serta memecahkan masalah bersama kawan-kawannya.

“Piglet menyadari bahwa meski hatinya sangat kecil, hati tersebut masih bisa mengungkapkan rasa syukur yang besar akan segala hal.” - A.A. Milne,penulis Winnie the Pooh.

Baca juga: Salah Kaprah Zero Waste dan Cara Asyik Mulai Prinsip Hidup Minim Sampah Plastik

5. Berpikir Positif

Berpikir negatif pada orang lain memang membawa petaka. Kawan akan merasa iri dan dengki pada orang lain. Dengan begitu, Kawan berkemungkinan besar bisa mencelakai orang.

Dalam serial Winnie the Pooh, Kawan hanya perlu berpikir positif. Hal inilah yang dilakukan oleh Eeyore. Ia sedikit mempertimbangkan dan menilai orang lain. Ia hanya perlu berbuat baik pada sesama tanpa perlu memperhatikan latar belakang. Dengan begitu, Kawan bisa hidup lebih santai dan bahagia.

6. Kesabaran

Padatnya rutinitas membuat Kawan harus menyelesaikannya dengan cepat dan terburu-buru. Selain itu, Kawan mungkin terobesesi dengan produktivitas yang merugikan kesehatan mental dan fisik. Alhasil, Kawan tidak melihat hal lain yang lebih penting di sekitar Kawan.

Untuk itu, kuncinya adalah sabar. Dengan sabar, Kawan terhindar dari rasa marah yang berlebihan. Kawan juga dapat lebih bijak dalam menghadapi masalah. Maka dari itu, rasa sabar mendatangkan kebahagiaan dalam hidup.

7. Jaga Pola Makan

Kawan tahu bahwa Pooh dikenal sebagai karakter yang doyan makan. Ia selalu terobsesi dengan madu. Meskipun madu terbilang sehat, sebaiknya Pooh tidak memakan itu secara berlebihan.

Hal itu juga berlaku bagi Kawan. Meskipun Kawan memakan sayuran, tidak akan baik apabila Kawan mengonsumsinya secara berlebihan. Dengan begitu, Kawan harus mengatur porsi sesuai kebutuhan energi Kawan dalam sehari. Tidak hanya itu, pola makan sehat juga harus diiringi dengan olahraga teratur.

Baca juga: 5 Film Ini Cocok Untuk Mahasiswa Hubungan Internasional

Pastikan, prinsip hidup bahagia ala Winnie the Pooh diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, ya. Dengan demikian, Kawan bisa menikmati kehidupan yang fana ini.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini