Biar Viral! 5 Cara Meningkatkan Trafik Organik Akun Instagram

Biar Viral! 5 Cara Meningkatkan Trafik Organik Akun Instagram
info gambar utama

Dilansir dari Dataindonesia.id, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 97,38 juta pada Oktober 2022. Tentunya jumlah tersebut cukup tinggi sehingga banyak dimanfaatkan oleh beragam kalangan. Tentunya trafik organik ini bisa meningkatkan akun Instagram Kawan atau orang lain. Contohnya dalam bisnis, data pengguna Instagram digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa.

Tidak hanya itu, seiring banyaknya pengguna Instagram di Indonesia, hadir pula konten kreator baru dengan fokus yang berbeda, seperti di bidang pendidikan, ekonomi, hiburan, dan sebagainya.

Bagaimanapun, media sosial Instagram menjadi tempat untuk promosi sekaligus berbagi banyak hal seputar bidang yang sesuai dengan minat pembuat konten.

Cara promosi tersebut juga berbeda-beda. Pada umumnya, promosi media sosial dilakukan secara berbayar ataupun organik. Perihal berbayar, Kawan akan menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan produk di Instagram dan Facebook. Sementara itu, promosi organik (trafik organik) biasanya tidak dikenakan biaya apapun karena pembuat konten mengandalkan algoritma Instagram. Lalu, bagaimana cara meningkatkan trafik organik untuk akun Instagram Kawan?

Cara meningkatkan trafik akun Instagram
info gambar

1. Gunakan Palet Warna yang Kuat

Kawan mengetahui bahwa 'toko oren' tenar karena cara promosinya yang ciamik. Di balik hal itu, ada peran palet warna yang kuat dan solid. Alhasil, brand mereka semakin terkenal dengan palet warna tersebut. Dengan begitu, Kawan bisa menentukan palet warna yang kuat untuk brand Kawan.

Entah dalam bisnis atau konten kreator, Kawan bisa menggunakan palet warna yang mencolok, seperti kuning, oranye, merah, biru muda, atau warna kuat lainnya. Selanjutnya, Kawan bisa mengombinasikan dengan warna-warna lainnya (Disarankan untuk menggunakan warna santai agar tidak terlalu mencolok). Dengan begitu, Kawan bisa menggunakan palet warna ini untuk setiap konten Instagram Kawan.

Baca juga: Mematikan Perangkat Elektronik Saat Hujan Petir, Fakta atau Mitos?

2. Perluas Jejaring Akun Kawan

Instagram memiliki fitur, yakni rekomendasi teman terdekat atau explorer. Namun, jarang orang mengetahui bahwa hal itu bisa digunakan untuk meningkatkan trafik pada akun. Dalam bisnis, Kawan bisa menggunakan itu untuk menganalisis kompetitor atau menjalin kerja sama dengan kompetitor.

Meskipun begitu, Kawan diingatkan untuk tidak mengikut (follow)terlalu banyak akun. Sebab, banyak akun profesional atau akun bisnis yang tidak mengikuti akun orang lain sehingga melebihi followersnya. Apakah Kawan mau menerapkan tips ini?

3. Percantik Bio Kawan

Maksudnya adalah Kawan bisa menuliskan penjelasan singkat atau bio di Instagram. Pastikan penulisan bio di Instagram Kawan profesional, jelas, dan akurat. Contohnya:

"Budi | SEO Specialist

Bantu kamu untuk capai #1 di mesin pencarian

Kunjungi portofolioku di bawah ini

[Link website]"

Dengan contoh di atas, baik followers maupun non-followers dapat mengetahui nama, profesi, visi, dan link website Kawan. Apabila Kawan tidak memiliki website, bisa gunakan linktr.ee atau bit.ly.

4. Posting Rutin

Dilansir dari dataindonesia.id, rata-rata pengguna Instagram di dunia menghabiskan waktu untuk scroll Instagram sebanyak 51 menit per hari (Juli 2022). Tentunya alasan mereka melakukan hal itu, seperti mencari hiburan, mendapatkan informasi, dan aktivitas sebagai konten kreator.

Baca juga: 5 Contoh Penggunaan Artificial Intelligence dalam Bisnis, Jadi Efisien

Dengan begitu, pembuat konten atau konten kreator perlu melakukan posting rutin. Hal ini agar konten masuk dalam algoritma Instagram. Selain itu, posting rutin juga harus dilakukan agar followers tidak unfollow akun Kawan. Untuk itu, Kawan bisa menentukan berapa kali posting dalam sehari atau seminggunya.

5. Konsistensi dan Kualitas Konten

Berbagai hal rutinitas akan sulit dijalankan apabila tidak ada konsistensi di dalamnya. Untuk itu, posting rutin juga harus diiringi dengan konsistensi Kawan. Tidak hanya itu, kualitas konten juga memengaruhi trafik organik pada akun Instagram Kawan.

Sebisa mungkin Kawan membuat konten terbaik. Contohnya, dalam membuat reels, Kawan harus memperhatikan caption, menyunting video, menambahkan sound yang cocok, dan mencantumkan hashtag yang sesuai dengan isi konten.

6. Ajak Interaksi dengan Followers Kawan

Setiap orang tidak lepas akan interaksi, khususnya Instagram. Untuk itu, akun Instagram Kawan bisa mengajak followers untuk berdiskusi atau berinteraksi. Caranya Kawan bisa menggunakan fitur instastory untuk membubuhkan pertanyaan atau polling tentang topik yang sesuai dengan visi akun Kawan.

Selanjutnya, Kawan bisa berkreasi dengan menambah giphy atau fitur lainnya yang tersedia di instastory. Bagi Kawan yang menjalankan bisnis online, bisa mempromosikan produk Kawan dengan mencantumkan link website toko online Kawan di instastory.

Baca juga: Stabilkan Jaringan Internet dengan Mikrotik, Apa itu?

7. Peka terhadap Tren

Instagram akan memasukkan postingan-postingan yang sedang tren dalam fitur explorernya. Dengan begitu, Kawan bisa menyesuaikan isi konten dengan hal yang viral sekarang. Hal itu bisa meningkatkan peluang konten masuk ke dalam fitur explorer Kawan.

Alhasil, konten Kawan banyak disukai atau dilihat oleh pengguna Instagram lainnya. Meskipun begitu, pastikan konten yang dimuat Kawan harus positif dan berkualitas, ya.

Beberapa poin tadi bisa Kawan terapkan di akun Instagram. Perlu diingat, cara ini memang tidak 100% menjamin bahwa konten Kawan akan viral. Namun, Kawan setidaknya berusaha untuk menyebarkan informasi positif dan berkualitas kepada banyak orang. Semangat, ya!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini