Mengapa Harus Mematikan HP di Pesawat? Simak Faktanya!

Mengapa Harus Mematikan HP di Pesawat? Simak Faktanya!
info gambar utama

Kawan yang pernah naik pesawat pasti tahu kalau ada peringatan dilarang menyalakan handphone (HP) di pesawat. Sebenarnya, mengapa, ya, kita harus mematikan HP di pesawat?

Belum lama ini, beredar rekaman dari seorang penumpang maskapai Yeti Airlines beberapa detik sebelum pesawat itu jatuh. Diketahui, rekaman tersebut berasal dari siaran langsung di Facebook.

Hal ini menimbulkan perdebatan di dunia maya. Bagaimana penumpang itu bisa menyalakan HP di pesawat? Apakah boleh menyalakan HP di pesawat? Simak faktanya berikut ini, yuk!

Mengapa Harus Mematikan HP di Pesawat?

Pesawat | Foto: Kevin Woblick
info gambar

Melansir Britannica, tidak hanya ponsel, tetapi perangkat elektronik lain memancarkan gelombang radio berdaya rendah sekitar 0,25 W yang terhubung ke menara seluler dan penerima lain. Hal ini menganggu sistem pesawat, seperti sensor, peralatan navigasi, peralatan mencegah tabrakan di udara, dan instrumen lainnya.

Adanya mode pesawat (airplane mode) berguna agar ponsel tidak memancarkan gelombang. Oleh karena itu, ketika di dalam pesawat kita dianjurkan mematikan HP atau mengaktifkan mode pesawat.

Baca juga: Biar Viral! 5 Cara Meningkatkan Trafik Organik Akun Instagram

Melansir dari USA Today, berdasarkan survei 2017 oleh Allianz Global Assistance ditemukan 40 persen penumpang masih menyalakan HP atau perangkat elektronik lain saat di udara.

Federal Aviation Administration sudah mewajibkan penumpang menggunakan mode pesawat saat berada dalam penerbangan. Oleh karena itu, kita sering mendengar peringatan tersebut di pesawat. Bila melanggar, siap-siap terkena denda!

Meski begitu, European Aviation Safety Agency pernah mengumumkan perangkat elektronik tidak membahayakan penerbangan. Jaringan 5G juga dinilai tidak membahayakan karena panjang gelombangnya tidak menganggu. Beberapa maskapai bahkan menyediakan koneksi Wi-Fi onboard di pesawat. Sistem jaringan Wi-Fi onboard tidak berisiko dibandingkan dengan data seluler di ponsel.

Tetap saja, kita harus mematikan HP atau perangkat elektronik lain di pesawat untuk menghindari kejadian tak diinginkan.

Apa Fungsi Mode Pesawat di HP?

Setiap ponsel pasti memiliki mode pesawat. Hmm, kira-kira apa, ya, fungsinya? Apakah ponsel kita bisa terbang jika mengaktifkan mode pesawat?

Baca juga: Mematikan Perangkat Elektronik Saat Hujan Petir, Fakta atau Mitos?

Fungsi utama mode pesawat adalah mematikan gelombang ponsel agar tidak menganggu sistem di pesawat. Bila sedang mengudara, Kawan harus mengaktifkan mode pesawat di ponsel.

Tak hanya itu, mode pesawat juga berfungsi untuk menguatkan sinyal. Dengan mengaktifkan mode pesawat, jaringan yang ada di ponsel akan terputus. Ketika mematikannya kembali, ponsel akan mencari jaringan baru yang lebih kuat.

Mode pesawat juga berguna kalau Kawan ingin mengisi baterai HP lebih cepat. Begitu pula dalam menghemat baterai.

Apakah Pesawat Bisa Jatuh Karena Menyalakan HP?

Belum ada bukti konkret bahwa interferensi elektronik menjatuhkan pesawat. Namun, secara teori pesawat bisa mengalami kecelakaan karena interferensi elektronik.

"Dari perspektif investigasi kecelakaan, kami tidak memiliki bukti apa pun bahwa (menyalakan HP atau perangkat elektronik) telah menyebabkan kecelakaan, tapi bukan berarti hal itu tidak dapat bertanggungjawab atas kecelakaan," kata Shawn Pruchnicki, profesor di Pusat Studi Penerbangan di The Ohio State University, dikutip dari USA Today.

Baca juga: Sudah Tahu Arti Esport dan Perbedaannya dengan Gaming? Beda Lho!

Lebih lanjut, Pruchnicki menambahkan bahwa ponsel yang tidak dalam mode pesawat saat mengudara akan membebani jaringan, terutama saat lepas landas karena pesawat harus menghubungi beberapa menara sekaligus.

Insiden jatuhnya pesawat Yeti Airlines juga masih dalam proses investigasi dan belum diketahui penyebab pastinya. Jadi, kita tidak bisa langsung menarik kesimpulan kalau kecelakaan tersebut diakibatkan ponsel penumpang yang menyala.

Nah, sekarang Kawan sudah tahu kan mengapa harus mematikan HP di dalam pesawat? Selalu patuhi aturan ketika mengudara, ya, Kawan GNFI! Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:Britanicca | USA Today | IDN Times

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini