Indonesia Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023, Ada Misi Penting di Baliknya

Indonesia Jadi Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023, Ada Misi Penting di Baliknya
info gambar utama

Indonesia punya agenda menggelar ANOC World Beach Games 2023. Ada satu misi penting di baliknya

ANOC World Beach Games 2023 merupakan ajang multievent yang mempertandingkan aneka cabang olahraga pantai dan air. Ajang ini bakal diselenggarakan di Bali pada tanggal 5 hingga Agustus 2023.

Ini akan jadi kedua kalinya ANOC World Beach Games. Artinya, Bali menjadi tuan rumah kedua setelah sebelumnya ajang ini diselenggarakan di Doha, Qatar pada tahun 2019 lalu.

Total cabang olahraga yang dipertandingkan di ANOC World Beach Games 2023 ada 14. Seluruh cabang adalah olahraga nonolimpik, alias tidak dipertandingkan di ajang Olimpiade.

Direncanakan ada 130 negara yang ikut serta dan mengirimkan atletnya ke ANOC World Beach Games 2023. Kemudian ada pula General Assembly ANOC yang akan dihadiri 205 negara.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Misi Penting Indonesia

Bagi Indonesia, ANOC World Beach Games 2023 bukan sembarang ajang. Sebab, ada misi penting yang diusung di baliknya.

Misi itu adalah membuka jalan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Sebagaimana diketahui, Indonesia telah menyatakan keinginannya untuk maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade.

Adalah Presiden Joko Widodo yang menyampaikan pesan tersebut saat Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 yang diselenggarakan di Bali. Indonesia juga telah menunjuk kota yang bakal menggelar ajang olahraga terakbar sedunia itu, yakni Ibu Kota Nusantara alias IKN.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (16/11/) seperti dilansir laman resmi Sekretariat Presiden.

Dengan demikian, Indonesia ingin menjadikan ANOC World Beach Games 2023 sebagai batu loncatan. Nantinya, Indonesia ingin menguji kesiapannya sekaligus tanggapan para tamu yang datang mengenai penyelenggaraannya.

"Nah ini bertepatan dengan 78 tahun Indonesia merdeka, saya laporkan kepada Bapak Presiden semangatnya kita sedang menuju menjadi tuan rumah Musim Panas (Olimpiade), ini steping stone (batu loncatan) yang terdekat bagaimana kesiapan dan juga respon yang positif yang didapat dari para tamu nantinya," kata Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Diharapkan, kesuksesan ANOC World Beach Games 2023 nantinya bisa membuat Indonesia punya citra yang bagus di mata olahraga dunia. Selain itu, perputaran ekonomi pun diharapkan semakin kencang sebagai output-nya.

"Diharapkan ini mendorong perekonomian Indonesia lebih cepat lagi. Ini dibuktikan ketika 2008 Asian Beach Games pertama kali diinisiasi di Indonesia ternyata mampu mengendalikan kepercayaan Bali pasca bom Bali, apalagi ini multieven dunia yang berada diatasnya," pungkas Raja Sapta Oktohari.

Asia Pacific Rally Championship: Jagoan Reli Se-Asia Pasifik Akan Ngegas di Danau Toba



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini