Geblek Menoreh View, Angkringan Bernuansa Sawah di Kulon Progo

Geblek Menoreh View, Angkringan Bernuansa Sawah di Kulon Progo
info gambar utama

Yogyakarta memang istimewa. Kata-kata inilah yang sering terpikirkan oleh banyak turis ketika berkunjung atau berlibur ke sana. Yogyakarta memang daerah yang cocok untuk melepas penat dan hiruk pikuk dari kota Jakarta. Banyak juga yang pada akhirnya harus kembali lagi di daerah tersebut, setelah liburan di sana.

Budaya hingga wisata di Yogyakarta selalu punya kenangan dan cerita tersendiri. Jangan lupa juga kuliner khas juga memanjakan mata dan lidah. Angkringan bernuansa sawah contohnya.

Iya, Kawan GNFI tidak salah mendengarnya. Ada angkringan bernuansa sawah di daerah Kulon Progo. Salah satu wisata sekaligus kuliner yang memanjakan mata dan lidah adalah Geblek Menoreh View. Mungkin beberapa Kawan GNFI ada yang pernah mendengarnya.

Pesona Geblek Menoreh View ini direkomendasikan kepada Kawan GNFI yang ingin bersantai sejenak dengan pemandangan sawah yang indah. Belum lagi makanan yang ditawarkan dalam bentuk angkringan seperti di pinggir jalan pada umumnya.

Ketika Selera Kuliner Ikut Melebur dalam Pertemuan Budaya di Nusantara

Angkringan Bernuansa Sawah Berlatar Pegunungan

Angkringan bernuansa sawah, Geblek Menoreh View
info gambar

Angkringan di Geblek Menoreh View mempunyai pesonanya tersendiri dibandingkan dengan angkringan lainnya. Kawan GNFI akan melihat hamparan sawah hijau dan menguning di depan mata. Di tengah terdapat jalan yang dilatarbelakangi oleh pegunungan. Angkringan bernuansa sawah ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Sekilas seperti gambar anak kecil dan anak sekolah. Gunung, sawah, jalan, hingga pohon bergabung menjadi satu jadi lukisan. Makanan yang ditawarkan di angkringan juga beragam. Ada nasi dengan lauk pauk seperti tempe orek, ikan teri, hingga ayam suwir. Nasi dan lauk pauk dalam porsi kecil tersebut dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Selain itu ada juga gorengan, tahu/tempe bacem, hingga aneka sate yang bisa menemani Kawan GNFI menikmati sawah.

Untuk minumannya, juga ada beberapa minuman tradisional. Sebut saja empon-empon, cendol, wedang uwuh, hingga es tape.

Gowes di Tengah Sawah Geblek Menoreh

Menariknya lagi kamu juga bisa berjalan ataupun menyewa sepeda dan ATV untuk mengelilingi Geblek Menoreh View. Memang di sini hamparan sawah sangat luas sehingga Kawan GNFI membutuhkan sepeda maupun ATV jika ingin mengelilingi sawah ini.

Sambil bersepeda Kawan GNFI bisa menghirup udara segar dan bisa melihat sawah-sawah yang hijau hingga menguning. Belum lagi pegunungan dan perbukitan yang mengelilingi sawahnya. Kawan GNFI bisa takjub dan puas melihatnya. Jangan khawatir jalan sudah di-cor beton jadi bisa gowes sepuasnya di sini.

Perlu diketahui daerah Kulon Progo memang terkenal dengan jalan yang dikelilingi sawah. Ada kafe, restoran, hingga angkringan bernuansa sawah yang tersebar di Kulon Progo. Kawan GNFI pasti lebih mengenal Tumpeng Menoreh dibandingkan Geblek Menoreh. Jaraknya juga tidak terlalu jauh.

5 Kuliner Bojonegoro Tempo Dulu yang Harus Kamu Tahu

Bisa Melihat Orang Memanen Padi

Para petani memanen padi di sawah Geblek Menoreh View
info gambar

Bak sedang dihampiri dewi fortuna, ketika tiba di Geblek Menoreh View, hujan berhenti sejenak dan saat itu sedang musim panen padi. Seketika ada beberapa petani yang sedang memanen padi. Padi-padi tadi dikumpulkan menjadi beberapa karung. Ini juga bisa diabadikan jika Kawan GNFI juga ingin hunting foto.

Foto yang diabadikan juga maksimal mengingat saat itu tidak banyak orang yang datang dan lebih memilih untuk berteduh usai hujan.

Hunting Foto

Selain itu hunting foto juga kegiatan yang wajib dilakukan di Geblek Menoreh. Dengan latar sawah dan pegunungan cocok untuk jadi wallpaper smartphone ataupun bisa diunggah di media sosial. Semuanya sudah menjadi paket lengkap ketika berkunjung di Geblek Menoreh View.

Iya, angkringan bernuansa sawah dan konsep kekinian yang ada di Kulon Progo ini bisa menjadi spot hunting terbaik.

Asal Usul Nama Geblek Menoreh

Geblek merupakan nama makanan kudapan yang terbuat dari pati singkong
info gambar

Kawan GNFI pasti ada yang penasaran mengapa ada wisata namanya Geblek Menoreh View? "Geblek" terasa asing dan mungkin sebagian orang berpikir bahwa kata tersebut merupakan kata yang tidak pantas diucapkan.

Jadi geblek merupakan jenis makanan kudapan yang terbuat dari pati singkong. Tentu makanan ini bisa menambah energi Kawan GNFI. Sementara "Menoreh" adalah nama Menoreh adalah nama bukit di daerah Kulon Progo.

Geblek ini sangat terkenal di Kulon Progo. Biasanya geblek ini dikonsumsi oleh para petani yang bekerja di sawah maupun di ladang. Namun sekarang ini geblek bisa dimakan semua kalangan.

Warga Patilereng dalam Upaya Konservasi Menggunakan Warisan Kuliner

Kawan GNFI bisa mencobanya di angkringan bernuansa sawah, Geblek Menoreh View. Letaknya sendiri ada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Angkringannya sendiri buka setiap hari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.***

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CA
KO
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini