Apa Saja Keunggulan Alam Indonesia?

Apa Saja Keunggulan Alam Indonesia?
info gambar utama

Hai Kawan GNFI, sebagai masyarakat Indonesia sudah seharusnya kita mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh negara kita. Maka dari itu, agar kamu lebih mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh negara yang indah ini, mari Kawan GNFI baca informasi di bawah ini!

1. Memiliki Wilayah yang Luas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki wilayah yang luas, baik daratan maupun lautan. Indonesia menjadi negara terluas di peringkat ke-15 dunia dan menepati posisi ke-6 di Asia. Menurut Kementerian Pendidikan, diketahui luas wilayah Indonesia adalah 5.193.250 km2, dengan rincian 1.919.440 km2 luas daratan dan 3.273.810 km2 luas lautan.

Kisah Kolam Keramat yang Disucikan di Masjid Kasunyatan Banten

2. Wilayah Strategis

Letak Indonesia terbilang strategis karena terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Australia. Lokasi yang berada di antara dua benua ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Indonesia juga terletah diantara dua samudera, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik, yang menjadikan Indinesia berada di posisi silang.

Karena letanya yang strategis, Indonesia sering menjadi tempat singgah bagi negara lain dan menjadi alur perlintasan dunia baik darat maupun laut.

3. Sumber Daya Alam

Negara Indonesia juga terkenal dengan kekayaan alamnya baik yang berada di darat ataupun laut. Beragam macam flora dan fauna yang ada di Indonesia beserta bahan tambang alam yang tersebar di wilayah negara ini, dari Sabang hingga Merauke. Karena memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga menyimpan beberapa jenis kekayaan alam terbesar di dunia, seperti:

  1. Indonesia menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di dunia.
  2. Penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia.
  3. Menjadi pengahasil batu bara terbesar ke-3 di dunia.
  4. Memiliki hutan terluas ke-3 di dunia.
  5. Indonesia juga menjadi penghasil emas terbesar ke-9 di dunia dan beberapa kekayaan alam lainnya.
Kesiapan Operasional Jalan Nasional dan Jalan Tol untuk Sambut Lebaran 2023

4. Keindahaan Alam yang Memukau

Selain memiliki kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) yang melimpah, Indonesia juga memiiki keindahaan alam yang sangat menakjubkan. Sebut saja dari gunung, pantai, taman terumbu karang, bukit, laut, air terjun, padang pasir ataupun padang rumput, dan keindahaan alam lainnya.

Indonesia juga menepati peringkat satu pada daftar negara terindah di dunia. Ranking ini berasal dari Forbes yang merupakan hasil study situs asal Inggris, yaitu money.co.uk. Maka dari itu, sudah menjadi hal yang wajar jika Indonesia menjadi tempat yang sering di datangi oleh wisatawan asing.

5. Masyarakatnya yang Ramah

Keunggulan lainnya dari bangsa ini adalah warganya yang bersifat ramah. Sudah dikenal menjadi penduduk yang ramah di mata dunia, masyarakat Indonesia sudah terbiasa untuk menjunjung sopan santun, ramah, dan saling tolong menolomg terhadap sesama. Sehingga para wisatawan asing pun merasa terbantu dengan sifat masyarakat lokalnya yang sangat berguna bagi mereka.

6. Tanah yang Subur

Seperti yang kita ketahui di atas bahwa Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang berasal dari daratan dan memiliki hutan yang luas, itu semua berasal dari tanah yang subur. Tanah subur yang dimiliki oleh Indonesia banyak berasal dari abu vulkanik yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi.

Hasil dari letusan ini mengantung banyak zat mineral dan zat hara yang baik untuk tumbuhan, sehingga tumbuhan bisa tumbuh dengan baik. Indonesia juga memiliki beberapa macam tanah seperti Aluvial, Andosal, Humus, Laterit, Gambut, Grumosol, dan Podzol

Berkah Kelapa yang Pernah Jadi Emas Hijau bagi Warga Pulau Selayar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NJ
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini