Pantai Kembar Terpadu, Wisata Keluarga di Kebumen yang Hits dan Wajib Dikunjungi

Pantai Kembar Terpadu, Wisata Keluarga  di Kebumen yang Hits dan Wajib Dikunjungi
info gambar utama

Liburan bersama keluarga tentunya akan semakin lengkap apabila mengunjungi tempat wisata yang asyik, menarik, dan edukatif. Jika Kawan sedang mencari rekomendasi tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga di masa liburan, mudik, maupun akhir pekan, Pantai Kembar Terpadu adalah jawabannya.

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah bagian selatan yang berdekatan dengan Cilacap, Banyumas, dan Banjarnegara. Oleh karena posisi geografisnya yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, pantai selatan di Kota Lawet ini kebanyakan berombak tinggi di tanggal-tanggal tertentu.

Namun, banyak sekali hal-hal menarik yang dapat Kawan semua jumpai di sana. Simak alasan-alasan berikut ini supaya Kawan semakin mantap untuk datang ke Pantai Kembar Terpadu!

1. Pantainya Bersih dan Lokasi Mudah Dijangkau Kendaraan

Pemandangan Pantai Kembar Terpadu
info gambar

Pantai Kembar Terpadu berlokasi di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Dari pusat Kota Kebumen hanya berjarak sekitar 28,9 kilometer atau sekitar 40 menit jika Kawan melewati Jalan Raya Rokka dan menyusuri sepanjang Jalur Pantai Selatan yang pemandangannya dipenuhi oleh sawah dan pepohonan hijau.

Aksesnya yang mudah dan lokasi yang sudah terdapat di Google Maps membuat banyak wisatawan lokal maupun luar daerah tertarik untuk mencoba menikmati segarnya air laut yang jernih, hamparan gumuk pasir yang luas, langit yang cerah, debur ombak, pohon-pohon kelapa yang melambai, dan menyaksikan perahu-perahu nelayan yang ditepikan di bibir pantai. Pengunjung dapat duduk-duduk di kursi kayu, gazebo, maupun tikar pandan yang disewakan oleh warga setempat.

Pantai ini masih asri dan cenderung belum terjamah banyak orang seperti pantai-pantai terkenal lainnya di Kebumen seperti Pantai Petanahan, Pantai Bocor, Pantai Logending, dan Pantai Menganti.

Pantai Kembar Terpadu masih satu garis pantai dengan kebanyakan pantai yang ada di Kebumen sehingga karakteristiknya hampir sama. Hanya saja, Pantai Kembar Terpadu tak kalah dalam menyajikan pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Dengan tiket masuk gratis dan biaya parkir yang hanya dibanderol dua ribu rupiah saja, pengunjung sudah dapat menikmati segala fasilitas di pantai ini. Murah meriah dan ramah di kantong.

Pesona Pantai Batu Kalang Sumatera Barat, Batu Granit Menjadi Ikon

2. Tempat Konservasi Penyu yang Bisa Jadi Sarana Edukasi

Penyu di Penangkaran
info gambar

Jika Kawan membawa anak, keponakan, adik, atau anak-anak dan remaja yang masih duduk di bangku sekolah, maka Pantai Kembar Terpadu merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan destinasi wisata yang seru dan eksploratif bagi mereka. Mereka bisa mendapatkan pengetahuan soal jenis-jenis penyu, ukuran dan bobot mereka, hingga masa bertelurnya.

Di Pantai Kembar Terpadu, terdapat beberapa kolam penangkaran berisi penyu-penyu yang dapat dilihat dan difoto oleh pengunjung. Ada petugas yang akan menjelaskan proses penangkaran penyu di sana. Mulai dari mengamankan telur-telur penyu, menempatkannya di lokasi yang steril, memantaunya, hingga menunggu masa pelepasan.

Ternyata, lokasi pantai yang landai di Pantai Kembar Terpadu ini memudahkan anak penyu (tukik) untuk dilepaskan ke lautan. Hal inilah yang membuat pemerintah daerah meresmikan pantai ini sebagai tempat konservasi penyu.

Setelah ditempatkan di penangkaran, barulah penyu-penyu kecil dilepaskan ke laut. Proses pelepasan anak penyu juga tidak asal. Tukik akan dilepaskan ketika sudah memasuki usia 3 sampai 5 bulan.

Anak penyu akan dilepaskan di daratan untuk kemudian mereka berjalan dan berenang sendiri menuju lautan. Apabila beruntung, pengunjung bisa langsung mengikuti proses pelepasan penyu yang diselenggarakan pemerintah daerah dengan kerja sama warga setempat.

Pesona Pantai Wediombo: Wisata Bagaikan Surga di Gunungkidul

3. Kuliner Sedap yang Tak Kalah dengan Destinasi Wisata Lain

Kuliner Khas Kebumen
info gambar

Liburan terasa tak lengkap jika Kawan tidak turut mencicipi kuliner khas yang ada di pantai sepanjang jalur selatan Kebumen.

Dengan menu andalan masyarakat setempat yakni tempe mendoan dan pecel, hidangan ini akan menemani aktivitas menyenangkan di Pantai Kembar Terpadu. Selain nikmat, menu favorit ini juga sehat, higienis, dan tentunya mengenyangkan.

Masyarakat asli Kebumen biasa menyantap pecel dan tempe mendoan di pagi hari untuk sarapan karena mayoritas warga lokal mengunjungi pantai di pagi hari, selepas olahraga. Bahkan tidak jarang dari mereka mengejar momen sunset untuk diabadikan.

Bagi Kawan yang menunjungi pantai ini di pagi hari, dijamin tidak akan menyesal dengan pemandangan yang akan didapatkan. Asrinya suasana alam akan menjadi spot foto yang memanjakan mata dan tentunya bisa Kawan pamerkan di sosial media.

Warung-warung yang berjejer sepanjang garis pantai umumnya merupakan gubuk sederhan ayang terbuat dari bambu dengan atap jerami akan menyambut wisatawan dengan ramah. Mereka menawarkan makanan andalan yang harus dicoba oleh pengunjung Pantai Kembar Terpadu.

Jarang Diketahui! Ini 4 Pantai di Bekasi yang Bisa Kawan Singgahi

Dengan harga yang cenderung seragam, Kawan tidak perlu khawatir memilih warung karena paguyuban pedagang di sana sudah menetapkan harga yang sama.

Sambil menatap pantai dan menenangkan pikiran, Kawan sekeluarga bisa menikmati pecel, kupat sambal, tempe mendoan hangat, gorengan, dan minuman sesuai selera.

Bagaimana, apakah Kawan sudah menyiapkan tanggal cuti dan tiket kendaraan untuk bergegas mengunjungi Pantai Kembar Terpadu?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini