Air Terjun Benang Kelambu, Objek Wisata Tersembunyi yang Menyimpan Banyak Keindahan

Air Terjun Benang Kelambu, Objek Wisata Tersembunyi yang Menyimpan Banyak Keindahan
info gambar utama

Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keindahan pantai-pantainya. Namun, tak banyak yang tahu bahwa pulau ini juga banyak menyimpan keindahan alam lainnya, seperti air terjun.

Salah satu air terjun yang masih jarang diketahui ialah air terjun Benang Kelambu yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Aliran air terjun ini berasal dari mata air yang mengalir di sekitar tebing.

Dinamakan air terjun Benang Kelambu karena aliran airnya yang tampak tipis persis benang. Hal tersebut dapat terjadi karena aliran air tertutupi oleh tanaman lebat yang tumbuh di sekitar tebing. Hal ini membuat aliran air yang keluar tidak deras dan menjuntai seperti benang, sehingga tidak menimbulkan suara berisik.

Daya Pikat Air Terjun Benang Kelambu

Keunikan air terjun Benang Kelambu membuat wisatawan tertarik untuk menyaksikan keindahan alam yang satu ini. Berikut beberapa daya pikat air terjun Benang Kelambu yang membuat wisatawan ingin mengunjungi air terjun ini.

Kawah Ijen dan Blue Flame, Fenomena Langka Penuh Pesona di Batas Banyuwangi-Bondowoso

1. Keunikan Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu | Foto : Kemenparekraf.go.id
info gambar

Jika biasanya air terjun berasal dari badan sungai yang terpotong oleh jurang, maka berbeda dengan air terjun yang satu ini.

Air terjun Benang Kelambu berasal dari beberapa mata air yang ada di sekeliling tebing. Hal tersebut menyebabkan air terjun tampak seperti keluar dari celah tebing. Pada bagian bawah tebing, terdapat kolam yang sering dijadikan sebagai tempat mandi dan berendam oleh wisatawan.

Selain itu, air terjun ini juga memiliki beberapa tingkatan. Jika dijumlahkan, maka air terjun ini ada tiga tingkatan, yaitu tingkat pertama dengan ketinggian 30 meter, tingkat kedua dengan ketinggian 10 meter, dan tingkat ketiga dengan tingkat ketinggian 5 meter.

2. Air Berkhasiat

Banyak wisatawan yang percaya bahwa air dari air terjun Benang Kelambu ini mengandung banyak khasiat. Mereka percaya jika mandi, berendam atau minum dari air terjun Benang Kelambu, maka mendapatkan banyak manfaat, seperti awet muda dan sembuh dari segala penyakit.

Mitos tersebut berasal dari legenda yang mengatakan bahwa dulu air terjun Benang Kelambu pernah dijadikan tempat untuk mandi oleh Dewi Anjani yang dipercayai sebagai penunggu Gunung Rinjani.

Intip 5 Air Terjun Keren di Lampung yang Memesona

3. Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Air terjun Benang Kelambu terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah bagian utara.

Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Mataram dan bisa ditempuh kurang lebih selama 1 jam melalui Jalan Raya Mataram-Labuan Lombok. Kawan juga bisa menaiki pesawat dari Bandara Internasional Lombok dengan jarak 55 kilometer selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Air terjun ini buka setiap hari pada pukul 07.00-17.30 WITA. Wisatawan yang datang melewati jam operasional tidak diizinkan masuk. Hal tersebut karena penerangan yang ada di sekitaran air terjun masih terbatas. Oleh sebab itu, jam operasionalnya hanya dibuka sampai sore hari saja.

Untuk memasuki area air terjun, para wisatawan harus membayar tiket seharga Rp3.000 untuk wisatawan lokal dan RP10.000 untuk wisatawan mancanegara. Dengan harga semurah itu, pengunjung akan puas melihat keelokan air terjun Benang Kelambu yang sangat memanjakan mata.

Pesona Air Terjun Kanto Lampo Bali di Dataran Rendah

Selain mandi dan berendam, wisatawan juga bisa berfoto-foto sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Jika lupa membawa makanan, Kawan bisa membelinya di sekitar air terjun. Banyak pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Bagi Kawan yang hendak liburan, mungkin air terjun Benang Kelambu bisa dijadikan sebagai wishlist liburan. Selain menyenangkan, Kawan juga bisa ikut berpartisipasi dalam memopulerkan keindahan alam Indonesia yang satu ini.

Referensi: IDN Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini