Jakarta Mau Jadi Apa Setelah Tak Lagi Berstatus Ibu Kota? Begini Kata Jokowi

Jakarta Mau Jadi Apa Setelah Tak Lagi Berstatus Ibu Kota? Begini Kata Jokowi
info gambar utama

Presiden Joko Widodo bicara soal masa depan Jakarta setelah tak lagi berstatus ibu kota Republik Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia punya rencana memindahkan ibu kota. Dari yang selama ini beribukota di Jakarta, pemerintah akan menjadikan Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru.

Daerah calon ibu kota baru ini disebut juga Ibu Kota Negara (IKN) dan Nusantara. Proyek pembangunan kotanya kini telah berjalan demi menyukseskan misi pemerataan pembangunan serta menekan pertumbuhan kepadatan di Jakarta.

Pembangunan IKN adalah proyek superbesar yang dijalankan Indonesia. Sebab, biayanya sangat tinggi dan durasi proyeknya pun panjang. Biaya pembangunan IKN totalnya diperkirakan mencapai Rp466 triliun, sementara prosesnya diperkirakan rampung secara keseluruhan pada tahun 2045 mendatang.

Lalu, Jakarta akan jadi apa setelah nantinya tak lagi menjadi ibu kota? Soal ini, pemerintah sudah memikirkannya.

Indonesia Ingin Gelar Olimpiade di IKN, Inilah Deretan Stadion Megah di Kalimantan Timur

Rencana Masa Depan untuk Jakarta

Menurut Jokowi, Jakarta akan menjadi kota bisnis, pariwisata, dan ekonomi. Jakarta tidak akan lagi menjadi kota pemerintahan seperti sebelumnya.

“Jakarta sendiri sudah sangat padat, sangat macet. Tetapi Jakarta tetap akan terus kita perbaiki dan menjadi kota bisnis, kota pariwisata, kota ekonomi,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir ANTARA.

Selama ini, Jakarta sebetulnya sudah menjadi kota bisnis dan ekonomi. Sebagian besar perputaran uang di Indonesia pun berlangsung di daerah ini. Jakarta punya kontribusi sekitar 70 persen terhadap perputaran uang nasional.

Tak heran apabila pemerintah sangat ingin melakukan pemerataan ekonomi agar tidak hanya terpusat di Jakarta atau Pulau Jawa. Selain perputaran uang yang dikuasai Jakarta, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pun terkonsentrasi di Pulau Jawa dengan porsi hingga 58 persen, sementara ada sekitar 17 ribu pulau di negeri ini.

“Terus yang 16.999 pulau itu diberi bagian berapa persen? Semuanya ada di Jawa. Sebanyak 58 persen, dan 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa, betapa sangat padatnya Pulau Jawa,” kata Jokowi.

IKN memang diproyeksikan baru rampung pada tahun 2045. Namun, bukan berarti kota itu juga masih lama beroperasinya. Pemerintah berencana mulai memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta TNI dan POLRI ke sana mulai tahun 2024.

Pemindahan akan dilakukan secara bertahap. Targetnya, pelayanan publik di IKN harus bisa berjalan pada tahun 2024.

3 Kota Ini Pernah Jadi Ibu Kota Indonesia dalam Sekejap

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini