Pebalap WSBK 2023 Ikut Karnaval Budaya Mandalika, Axel Bassani: Senang Sekali!

Pebalap WSBK 2023 Ikut Karnaval Budaya Mandalika, Axel Bassani: Senang Sekali!
info gambar utama

World Superbike (WSBK) melakukan balapannya hari ini, sesuai dengan jadwal yang telah diberitakan sebelumnya, tepatnya pada 3–5 Maret 2023 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara WSBK 2023 sebelumnya telah melakukan segala persiapan yang maksimal demi mendukung kelancaran gelaran kompetisi ini.

Sebanyak 750 kru dan pembalap WSBK 2023 dikabarkan Tribun Lombok telah tiba di Sirkuit Mandala pada Kamis (2/3/2023). Berbagai perlengkapan logistik juga sudah diangkut menuju Sirkuit Mandalika sejak 27 Februari yang lalu.

Sisi Lain WSBK Mandalika 2022: Ketika Pebalap Berinteraksi dengan Alam & Masyarakat Lombok

Disambut beragam atraksi kebudayaan

Gelaran WSBK 2023 menjadi spesial karena dirayakan bersama karnaval budaya Mandalika. Sebelum balapan sungguhan, para rider disambut dengan beragam atraksi kebudayaan dalam event kolaborasi ini.

Dikutip dari situs resmi Go mandalika, ada delapan pembalap yang ikut serta dalam festival budaya itu, di antaranya adalah Phillip Oettl, Axel Bassani, Hafizh Syahrin, Lorenzo Baldassarri, Nicholas Spinelli, Bahattin Sofuoglu, Adam Norrodin, dan Can Oncu.

Kedelapan pembalap tersebut mengenakan selendang tradisional Lombok dan ikat kepala yang disebut Sapuk. Mereka mengikuti arak-arakan didampingi oleh Puteri Mandalika.

Sebelumnya, Axel Cs dikabarkan akan diarak menggunakan jaran kamput ('kuda tunggangan'). Namun agar bisa berinteraksi dengan warga langsung, mereka akhirnya ikut karnaval dengan berjalan kaki.

Tari-tarian dan musik tradisional, serta martial arts olahraga tradisional Lombok bernama "peresean" juga memeriahkan karnaval itu.

Axel Bassami mengaku terkesan mengikuti kegiatan tersebut. “Ya, saya sangat senang sekali bisa mempelajari budaya lombok,” ucap Axel dilansir dari Antara News, Kamis (2/3/2023).

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, berharap agar seluruh pihak termasuk masyarakat mendukung keberhasilan ajang WSBK saat ini dan juga ajang MotoGP yang akan datang untuk pengembangan pariwisata di Mandalika.

Jajaran Pebalap Indonesia yang Berlaga di Sirkuit Mandalika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini