Salak Nglumut, Buah Khas Magelang

Salak Nglumut, Buah Khas Magelang
info gambar utama

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Kawan bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis flora dan fauna bahkan buah-buahan.

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan buah salak. Namun, apakah Kawan tahu salak yang satu ini? Salak ini merupakan salah satu buah khas Magelang di Jawa Tengah, yaitu Salak Nglumut.

Nah, berikut rangkuman informasi menarik bagi Kawan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Salak Nglumut.

Berasal dari Wilayah Nglumut

Hampir seluruh kecamatan di Magelang menghasilkan buah salak dan Kecamatan Srumbung yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta merupakan sentra penghasil buah salak di kabupaten Magelang.

Terletak di lereng Gunung Merapi dengan kondisi tanah yang mengandung banyak bahan organik, dapat menyimpan air tanpa mudah menggenang, dan tingkat tanah yang netral mendukung untuk perkebunan Salak di daerah tersebut. Selain itu, ketinggian tanah berada pada 501 mdpl menjadikan tanaman salak dapat berbuah dengan baik.

Yuk Kenali Manau, Buah Pohon Rotan Yang Kaya Manfaat

Dinamai Salak Nglumut karena pertama kali tumbuh di Desa Nglumut, Srumbung, Kabupaten Magelang. Sebenarnya banyak salak yang dibudidayakan di Kecamatan Srumbung, antara lain salak madu, salak pondoh, salak gula pasir, salak manggala, dan salak jawa.

Salak ini lebih dikenal dengan nama salak pondoh super karena jenis buah salak yang paling banyak dibudidayakan petani di Kecamatan Srumbung adalah salak pondoh. Salak Nglumut disebut dengan buah salak pondoh super karena kualitasnya yang sangat baik dan rasanya yang manis.

Hingga saat ini salak nglumut atau salak pondoh super dikenal sebagai buah khas dari Magelang. Salak Nglumut banyak dicari konsumen karena memang rasanya yang manis dan harganya terjangkau.

Ciri Salak Nglumut

Salak Nglumut | FOTO ANTARA/Anis Efizudin/ed/pd/09
info gambar

Salak Nglumut berasal dari lahan pertanian organik, banyak yang mengatakan salak Nglumut memiliki rasa yang lebih segar dibandingkan salak lainnya.

Bentuk buahnya segitiga atau bulat telur terbalik dengan pangkal meruncing, kulit buahnya bersisik tersusun seperti genting pendek dan berwarna coklat kekuningan. Dinding bagian dalam kulit berserat dan dagingnya berwarna putih kekuningan.

Saat buah salak nglumut masih muda, rasanya manis keasaman dan setelah tua rasanya manis. Jumlah biji dalam setiap buah antara 2-3.

Bijinya berwarna coklat, keras, dan memiliki sisi cembung dan datar. Ukuran buah cukup besar, panjang antara 2,5-8 cm dan berat sekitar 70 g/buah. Jumlah buah per tandan antara 10-50 buah.

Nikmatnya Buah Pinang dari Jambi Bakal Sampai ke Bangladesh

Perawatan Salak Nglumut Mudah

Merawat pohon salak Nglumut tidaklah sulit, seperti halnya pohon salak pada umumnya. Salak jenis ini juga terkenal karena lebih aman terhadap serangan hama tikus dibandingkan jenis lainnya.

Diekspor ke Berbagai Negara

Pemasaran salak nglumut tidak hanya di sekitar Magelang atau luar kota saja, bahkan para petani salak nglumut sudah banyak yang mengekspor hasil buah salaknya hingga ke mancanegara antara lain ke Singapura, Kamboja, China bahkan ke Eropa. Bahkan Salak Nglumut ini pernah diteliti langsung para petani Malaysia.

Salak dengan kualitas terbaik dipilih yang tidak memiliki cacat dan berukuran besar dengan kematangan sekitar 70-80% dengan diameter antara 6-8 cm.

Harga jual buah salak dari petani antara Rp4.000 sampai Rp6.000 per kilo dengan tujuan pasar lokal dan antara Rp6.000-Rp8.000 per kilo tujuan pasar internasional saat panen raya.

Jika saat tidak panen raya, harga buah salak bisa naik. Harga salak nglumut bisa mencapai Rp8.000/kg untuk pasar lokal dan mencapai Rp10.000/kg di pasar internasional .

Buah salak nglumut ini tidak mengenal musim karena dapat berbuah (panen) sepanjang tahun. Panen raya biasanya berada di antara bulan November sampai bulan Februari. Selain bulan itu, tetap bisa panen salak nglumut tetapi hasilnya tidak sebanyak saat panen raya.

Buah Lai, Kembarannya Buah Durian Asal Kalimantan

Agrowisata Salak Nglumut yang Patut Dicoba Ketika Berkunjung ke Magelang

Salah satu tempat yang wajib Kawan kunjungi saat berwisata ke Magelang adalah Agrowisata Salak Nglumut. Di sana Kawan bisa memetik buah salak langsung dari pohonnya dan menikmatinya secara langsung juga melihat pembibitan pohon salak.

Referensi: Magelangkab.go.id | Jatengkita.id | Zalacfood.com | Sajiansedap.grid.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini