Buah Lai, Kembarannya Buah Durian Asal Kalimantan

Buah Lai, Kembarannya Buah Durian Asal Kalimantan
info gambar utama

Jika kamu melihat buah satu ini sekilas memang hampir menyerupai Buah Durian. Namun tahukah kamu, buah satu ini bukan Buah Durian melainkan Buah Lai yang berasal dari Pulau Kalimantan.

Tampilannya yang menyerupai Buah Durian dikarenakan Buah Lai ini masih satu famili dengan Buah Durian yaitu Malvaceae. Selain kenampakannya, aromanya pun membuat orang terkecoh karena persis seperti aroma Buah Durian namun perbedannya yaitu buah ini tidak terlalu memiliki aroma yang menyengat.

Buah dengan nama latin Durio kutejensis ini biasa masyarakat Kalimantan sebut dengan nama Buah Pampakin dan biasanya dengan mudah ditemukan di kawasan Kutai, Kalimantan Timur.

Dipanen Berbeda dengan Durian

Buah Lai asal Kalimantan yang memiliki rupa seperti Durian tetapi dipanen berbeda daripada Buah Durian dan berukuran lebih kecil

Buah Lai merupakan buah dari pohon yang memiliki ketinggian mencapai 24 meter dengan diameter batang sekitar 40 cm. Pohon Buah Lai hasil budidaya dapat berbuah jika tinggi pohon sudah mencapai 4 - 5 meter.

Daun dari pohon ini pun persis seperti pohon durian, namun ukurannya lebih besar dan tebal dengan tangkai buah yang pendek. Tangkainya berwarna hijau hingga kekuningan namun saat matang berubah menjadi kuning hingga coklat.

Sedangkan untuk waktu panen buah ini berada kisaran Desember – Januari dengan bentuk buah berbentuk bulat persegi lima seperti Buah Durian. Ukuran Buah Lai biasanya memiliki diameter 13 – 15 cm dengan kulit berwarna kuning tua saat telah masak.

Cara pemanenan Buah Lai juga berbeda dengan Buah Durian, jika Durian dipanen dengan menunggu buah jatuh atau bisa dipetik jika sudah matang, pemanenan Buah Lai dilakukan dengan dipetik sebelum matang di pohon dan selanjutnya diperam hingga matang.

Bercita Rasa Manis Berlemak

Buah Lai asal Kalimantan yang memiliki rupa seperti Durian memiliki daging buah berwarna kuning jingga

Disebut-sebut sebagai kembaran buah Durian, buah ini memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan buah durian. Rasa Buah Lai juga cukup unik karena tidak terlalu manis namun mampu memberikan sensasi rasa manis di ujung lidah serta tekstur berlemak saat dimakan.

Daging Buah Lai tidak seperti buah durian yang memiliki warna kuning pucat nyaris putih namun daging Buah Lai cenderung berwarna kuning dengan semburat jingga yang cukup mencolok.

Baca juga aneka buah unik asal Indonesia lainnya: Buah Manau, Si Mungil Kaya Manfaat

Habitat dan Persebaran Buah Lai

Habitat dan persebaran Buah Lai komoditi unggulan Kalimantan

Buah yang berasal dari pulau Kalimantan ini banyak tersebar di hutan lereng berbukit di daerah pedalaman Kalimantan Timur. Kabarnya, Buah Lai menjadi buah unggulan yang mulai dikembangkan besar-besaran sejak tahun 2008.

Mengutip dari laman Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Timur bahwa sudah terdapat tiga varietas Buah Lai yaitu Lai Batuah, Lai Kutai, dan Lai Mahakam.

Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat kesehatan mengkonsumsi Buah Lai

Buah Lai mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk tubuh terutama pada kesehatan kulit dan membantu proses pembentukan kolagen. Tidak hanya kesehatan kulit, Buah Lai juga dapat mencegah anemia dengan membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Di tengah suasana setelah pandemi Covid-19 ini, sistem kekebalan tubuh perlu diperhatikan salah satunya adalah mengkonsumsi vitamin C dan antioksidan. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada Buah Lai dapat memberikan manfaat yang baik pada kekebalan tubuh.

Selain kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi, buah ini juga mengandung vitamin B1 atau tiamin yang dapat berfungsi sebagai penambah nafsu makan. Berkat tiamin, neurotransmitter di otak akan membantu menginformasikan bahwa tubuh kamu sedang lapar. Nah, sangat cocok bukan untuk kamu yang sedang menjalankan program menaikkan berat badan.

Pengolahan Buah Lai

Produk olahan Buah Lai

Buah Lai sama seperti buah durian, daging buahnya dapat dimakan secara langsung tanpa melewati proses pengolahan. Akan lebih segar, jika kamu langsung mengkonsumsi Buah Lai segera setelah dikupas. Jika kamu ingin mengkreasikan olahan Buah Lai yang lebih bervarian kamu dapat mengolahnya menjadi jus yang segar untuk menghilangkan dahaga.

Masyarakat juga sudah banyak mengembangkan Buah Lai menjadi olahan keripik buah yang menghasilkan aroma khas Buah Lai dan tekstur yang renyah, dan sangat cocok bagi kamu untuk dijadikan teman nyemil di kala waktu santai. Selain itu Buah Lai juga dapat dijadikan sebagai bolu ataupun pengganti filling pada pengolahan bakpia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini