Buah Manau, Si Mungil Kaya Manfaat

Buah Manau, Si Mungil Kaya Manfaat
info gambar utama

Jika kamu pecinta buah-buahan dengan rasa asam yang segar, buah yang satu ini dapat menjadi pilihan kamu. Rasanya yang asam cenderung kecut memberikan sensasi rasa segar saat dikonsumsi. Buah dengan ukuran yang sangat mungil ini bernama Buah Manau, jenis buah yang banyak ditemukan di Kepulauan Belitung sampai Pulau Sumatera.

Buah dari Pohon Rotan

Pohon Rotan yang memiliki buah bernama Buah Manau yang kecut dan asam yang kini mulai langka

Buah Manau atau Buah Rotan (Calameae) merupakan salah satu buah eksotis asal Indonesia. Pohon dari buah ini memiliki warna batang yang hijau kekuningan dengan diameter 2,5 - 4,0 cm. Batangnya tumbuh merambat di antara ranting pohon dan memiliki daun yang cukup bervariasi jenisnya, mulai dari bentuk lanset hingga bulat telur.

Dan kamu perlu berhati-hati jika menyentuh bagian pelepah dan tangkai daun dari Buah Manau ini karena diselimuti duri yang tajam dengan jaraknya yang saling berapatan.

Pohon ini memiliki bunga yang tersusun berbentuk malai atau untaian dengan bentuknya yang memanjang dan menggantung. Buah Manau sendiri merupakan buah yang sangat mungil, panjangnya saja tidak sampai 3 cm dan memiliki kulit yang bersisik dan dengan bentuk buahnya yang melonjong.

Si Mungil yang Kecut

Buah Manau, buah dari pohon rotan atau manau yang bercita rasa masam asal Kepulauan Belitung, Sumatra, dan Kalimantan

Buah Manau merupakan buah yang sangat mungil dan dapat membuat orang yang mengkonsumsi terkejut akan rasanya yang kecut. Mungkin untuk sebagian orang, buah ini bisa dijadikan sebagai buah konsumsi yang menyegarkan namun ada juga orang yang tidak terlalu suka buah ini karena rasanya yang asam dan kadang sepat. Rasa-rasa tersebut biasanya menimbulkan sensasi menebal pada gusi dan menjadi kesat. Hal inilah yang membuat sebagian orang kurang menyukai buah satu ini.

Baca juga aneka buah unik asal Indonesia lainnya: Buah Keledang, Si Nangka Kecil Eksotis Asal Kalimantan

Habitat dan Persebaran Buah Manau

Habitat dan persebaran Buah Manau asal Indonesia

Buah Manau banyak ditemui di daerah pinggiran sungai, dataran rendah dan daerah yang memiliki perairan subur. Tidak jarang juga buah ini juga dapat ditemukan pada daerah perbukitan dengan ketinggian 430 - 550 mdpl.

Di Indonesia, Buah Manau banyak tersebar di Kepulauan Belitung, Kalimantan, dan Sumatera terutama di kawasan hutan hujan ataupun lahan gambut. Lebih luas lagi, Buah Manau juga tersebar di Thailand hingga Semenanjung Malaya.

Dan bagi kamu yang ingin mencoba mencicipi Buah Manau, kamu bisa berkunjung ke pasar-pasar tradisional di daerah Kepulauan Belitung, Kalimantan, dan Sumatera. Buah ini juga dapat ditemui pada setiap musim dan dalam satu batang pohonnya biasanya sekali panen dapat menghasilkan hingga 15-25 kg Buah Manau.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Manau

Buah manau atau rotan yang memiliki banyak manfaat kesehatan

Walaupun ukurannya mungil, ternyata Buah Manau mengandung banyak manfaat akan kandungan gizi di dalamnya. Buah Manau mengandung zat besi yang dapat dijadikan sebagai pemeliharaan kesehatan otot dan kandungan kalsium yang juga dapat membantu menguatkan tulang dan menjaga kepadatan tulang sehingga tulang dapat terhindar dari osteoporosis serta menjaga kesehatan gigi.

Untuk kamu para perempuan, Buah Manau kaya akan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan terhindar dari kekeringan. Kandungan vitamin C ini juga dapat dijadikan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh.

Dan ternyata Buah Manau juga menyimpan kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga buah ini juga dapat dijadikan sumber energi untuk siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Aneka Olahan dan Kreasi Buah Manau

Olahan buah manau atau buah rotan menjadi asinan atau manisan

Untuk kamu yang kurang menyukai rasa asam dengan sensasi kecut kamu dapat menikmati manisan atau asinan Buah Manau yang sudah banyak dijual di tempat oleh-oleh di daerah Kepulauan Belitung, Kalimantan, dan Sumatera.

Tidak hanya buahnya, batang Pohon Manau atau Rotan juga umum digunakan sebagai bahan baku pembuatan rangka kursi, meja, tempat tidur, sofa, dan furnitur lainnya. Kayunya dikenal memiliki kualitas kelenturan dan tahan lama sehingga sering dijadikan cinderamata anyaman dengan kualitas tinggi.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini