Revitalisasi Monas, Penataan Kawasan Dibuat Jadi Lebih Hijau!

Revitalisasi Monas, Penataan Kawasan Dibuat Jadi Lebih Hijau!
info gambar utama

Bangunan ikonik Indonesia, Monumen Nasional atau Monas, akan mengalami revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sebanyak 300 pohon rencananya akan kembali ditanam di kawasan Monas.

Seperti dilansir dari detiknews, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris mengatakan bahwa nantinya kondisi pepohonan di Monas juga bakal diperiksa. Jika kondisinya rapuh, pohon tersebut akan ditangani petugas.

“kalau kita men-take out, kita pasti sudah dilakukan USG terlebih dahulu. Jadi, di-USG itu akan ketahuan pohonnya sebetulnya masih di posisi sehat atau nggak. Kalau pohon nggak sehat, itu past rapuh di dalamnya. Kalau dia rapuh, yang berbahaya ketika asa angin kencang bisa roboh dan mencelakai orang. makanya di mana pun lokasi kita men-take out itu pasti screening-nya lewat USG terlebih dahulu, nggak asal,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono telah melaksanakan rapat pimpinan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penataan kawasan Monas. Pihaknya menyampaikan konsep penataan Monas adalah membuatnya agar lebih hijau.

Cerita Soeharto Memimpin Malam Gema Takbir di Lapangan Monas

Tahap pertama menelan dana Rp100 miliar

Program revitalisasi untuk menghijaukan kembali kawasan Monas di Jakarta Pusat dikabarkan membutuhkan dana sekitar Rp100 miliar untuk tahap pertama.

Seperti diketahui, tahap satu revitalisasi ini akan dimulai Juli atau Agustus 2023 dengan menggunakan anggaran yang berasal dari kolaborasi antara APBD dan APBN. Dengan dana sebanyak ini, penghijauan di kawasan Monas akan bertambah menjadi 64 persen, dari yang sebelumnya hanya 50 persen.

“Penambahan hijau kita dapat dari penambahan di silang-silang monas, di mana empat silang ini nanti akan diperlebar untuk media hijau. Kemudian dilihat juga kan di sana ada parkir IRTI kemudian ada Lenggang Jakarta, ini nanti semua juga akan kita masukan ke dalam area penambahan lajur hijau,” jelas Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan, bersumber dari Antara.

Selain itu, Pemprov DKI nanti juga bakal memperlebar jalur hijau di bagian tengah wilayah silang monas, yang awalnya 12 meter menjadi 30 meter.

Selain Monas dan Kota Tua, Ini 5 Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini