Dibuka Gratis 15 April, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat Tol Solo-Yogyakarta

Dibuka Gratis 15 April, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat Tol Solo-Yogyakarta
info gambar utama

Jalan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1.1 dipastikan bakal dibuka gratis mulai 15 April 2023. Ruas tol yang dapat dilalui terbentang sejauh 6 kilometer, yakni dari Kartasura, Sukoharjo ke Jalan Sawit, Boyolali.

Tidak semua kendaraan bisa keluar masuk tol fungsional ini. Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur, Suchandra Paganda Hutabarat mengungkapkan, hanya kendaraan golongan 1 yang diperbolehkan melintas di jalan Tol Solo-Yogyakarta. Misalnya, mobil sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil. Bus tidak diizinkan lewat di jalan ini.

"Jadi, nanti di depan akses masuk ini sudah kita pasang portal. Kita kasih peringatan bahwa yang bisa masuk hanya golongan I dan tingginya kurang lebih 2,1 meter. Jadi, bus tidak bisa lewat," kata Suchandra di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023), dikutip dari Kompas.com.

Suchandra menjelaskan, kendaraan yang ingin melintas di jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta dapat masuk melalui eksit tol Ngasem, Colomadu, Karanganyar, dan keluar di STA 6 Desa Kateguhan, Sawit, Boyolali. Begitu juga sebaliknya.

"Kalau jarak 6 kilometer dalam kondisi normal, mudah-mudahan sekitar 15 menit sudah bisa terlalui, sudah masuk kembali ke jalan arteri nasional di Sawit," imbuhnya.

9 Ruas Tol Trans Sumatra Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran 2023, Ini Daftarnya

Buka sampai pukul 17.00 WIB

Menurut keterangan Suchandra, Tol Solo-Yogya dibuka fungsional untuk satu arah alias one way. Saat arus mudik Lebaran, ruas tol tersebut hanya dapat dilalui dari Kartasura, Sukoharjo ke Sawit, Boyolali mulai 15-24 April.

Kemudian, ketika arus balik, tol hanya buka dari Sawit, Boyolali ke Kartasura, Sukoharjo pada 25 April hingga 1 Mei 2023.

Sementara itu, jalur Tol Solo-Yogyakarta, kata Suchandra, hanya dibuka pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Pembatasan jam operasional dilakukan mengingat belum adanya penerangan di jalur tersebut.

"Karena enggak ada pencahayaan, makanya hanya dibuka dari jam 06.00 sampai 17.00 WIB," tambahnya.

Tarif Tol Jakarta-Cikampek Diskon 20 Persen Saat Lebaran 2023, Catat Tanggalnya!

Kepolisian siap bantu pemudik

Sejak awal diumumkan, pembukaan Tol Solo-Yogyakarta secara fungsional bertujuan untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat arus mudik-balik Lebaran 2023.

Berkenaan dengan hal ini, Jasa Marga akan bekerja sama dengan personel kepolisian untuk mengarahkan para pemudik yang melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta selama masa angkutan Lebaran 2023.

"Nanti ada petugas, ada posko juga yang mengatur lalu lintas. Dari ujung pintu masuk sampai ke pintu keluar, ada petugas yang komunikasi untuk mendeteksi kondisi di dalam jalur fungsional terkait kepadatannya. Kalau sudah padat sekali kita tutup dulu, situasional melihat kondisi," tutup Suchandra.

Lancarkan Arus Mudik, 11 Jalan Tol Bakal Dibuka Gratis Mulai H-7 Lebaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini