Apa itu Lucky Girl Syndrome? Tren Baru Afirmasi Positif

Apa itu Lucky Girl Syndrome? Tren Baru Afirmasi Positif
info gambar utama

Tiktok selalu menghadirkan istilah kata atau tren baru. Beberapa waktu lalu, istilah lucky girl syndrome mencuat dan ramai dibicarakan. Sebenarnya, apa itu lucky girl syndrome?

Pernahkah Kawan merasa tidak beruntung dalam hidup? Ada saja masalah datang, meski sudah berusaha semaksimal mungkin. Mungkin Kawan sebaiknya mengenal lucky girl syndrome, sebuah bentuk afirmasi positif.

Jika berpikiran positif mengenai sesuatu yang akan terjadi nanti, maka hal tersebut akan benar-benar terjadi. Begitulah sekilas mengenai lucky girl syndrome.

Apa itu Lucky Girl Syndrome?

Inti dari lucky girl syndrome adalah menganggap diri sendiri sebagai yang paling beruntung di dunia dan semua hal baik yang diinginkan akan terjadi. Melalui keyakinan tersebut, diri sendiri akan turut yakin bahwa segala keinginan akan terkabul.

Namun, meski menggunakan kata “syndrome” istilah ini tidak terkait dengan medis atau diagnosis lainnya. Istilah ini hanya sebuah frasa. Melansir health.clevelandclinic.org, psikolog Dr. Albers menyebut lucky girl syndrome lebih tepat disebut the lucky girl effect or phenomenon.

Baca juga: Pembuatan Sabun dari minyak jelantah dan Daun pandan
Ilustrasi Lucky Girl Syndrome
info gambar

Lucky girl syndrome pun tidak hanya bisa digunakan oleh perempuan, tetapi juga laki-laki. Istilah ini tidak terbatas pada gender seseorang.

Prinsip lucky girl syndrome memiliki kesamaan dengan law of attraction. Pikiran positif akan membawa seseorang ke arah yang positif pula.

Meski belum ada pembuktian ilmiah, banyak orang meyakini bentuk afirmasi positif ini dan menjadikannya sebuah manifestasi. Lucky girl syndrome juga dikatakan dapat membangun kepercayaan diri dan berani mengatasi semua masalah.

Dampak Negatif Lucky Girl Syndrome

Meski terdengar positif, lucky girl syndrome turut menimbulkan pro kontra karena dianggap dapat berdampak negatif.

Melansir standard.co.uk, psikiater klinis, Dr Plumbly, mengatakan ada perbedaan besar di antara memiliki pola pikir positif dan secara naif percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Dia berkata bahwa lucky girl syndrome dapat membawa seseorang ke toxic positivity.

Bayangkan, Kawan sudah sangat percaya bahwa sesuatu yang didambakan akan terjadi. Namun, ketika gagal, Kawan akan cenderung menyalahkan diri sendiri karena telah meyakini sesuatu yang tidak terjadi.

Apalagi setiap orang memiliki keadaan yang tidak sama, baik dari segi ekonomi maupun permasalahan lainnya. Faktor luar ini turut memengaruhi keberhasilan yang seseorang dapatkan.

Kebanyakan orang yang meyakini lucky girl syndrome juga akan menganggap kesuksesan yang dia raih berasal dari pemikiran positif, bukan usaha dan kerja keras. Tentu pemikiran positif itu dibolehkan, selama beriringan dengan kerja keras. Dengan begitu, Kawan tidak terlarut dalam angan-angan semu.

Baca juga: Identik Timur Tengah, Ada Tiga Cara Pohon Kurma Bisa Tumbuh di Indonesia

Cara Memanfaatkan Pikiran Positif

Tidak ada salahnya berpikiran positif untuk mendapatkan keberuntungan. Kawan hanya perlu tahu cara yang benar untuk melakukannya. Bagaimana caranya?

1. Ucapkan Mantra Positif

Pernah mendengar pepatah “ucapan adalah doa”? Dengan mengucapkan mantra positif kepada diri sendiri setiap bangun tidur, otak akan mengenali dan fokus terhadap hal-hal positif yang terjadi dalam hidup kita.

2. Visualisasikan

Terkadang ucapan saja tidak cukup. Perlu visualisasi agar kita semakin yakin dan bersemangat menjalani hari. Kawan perlu membayangkan hal-hal positif untuk meningkatkan keberuntungan. Otak pun akan terlatih mengenali situasi yang akan terjadi bila apa yang kita inginkan menjadi kenyataan.

3. Cari Dukungan

Melalui dukungan orang lain, kita akan lebih bersemangat melakukan sesuatu. Carilah dukungan baik yang bisa membantu Kawan meraih impian. Entah dari keluarga, teman, atau pacar.

4. Jangan Lupakan Kerja Keras

Pikiran positif akan selalu terjebak di kepala bila kita tidak berusaha. Jangan lupa bekerja keras untuk mewujudkan impian tersebut. Kerja keras ditambah afirmasi positif merupakan kombinasi sempurna.

Baca juga: Soroti Lemahnya Hukum Soal Sampah, Waste4Change Ajak Jurnalis Berkolaborasi

Nah, sekarang Kawan tentu sudah mengetahui apa itu lucky girl syndrome yang tren di Tiktok beberapa waktu lalu. Dampak positif atau negatif dari istilah ini tergantung bagaimana Kawan menerima dan menerapkannya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Referensi: standard.co.uk | health.clevelandclinic.org | narasi.tv

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini