Belum Konser, Euforia Kedatangan Coldplay ke Indonesia Sukses Guncang Jagat Maya

Belum Konser, Euforia Kedatangan Coldplay ke Indonesia Sukses Guncang Jagat Maya
info gambar utama

Selasa (9/5/2023), PK Entertainment akhirnya secara resmi mengumumkan hadirnya Coldplay ke tanah air, untuk menggelar konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta, yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) pada tanggal 15 November 2023 mendatang.

Bukan hal yang mengejutkan sebenarnya, mengingat rumor dan bocoran akan kedatangan band populer asal London tersebut sudah banyak tersebar di jagat maya sejak beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, masuknya Indonesia ke dalam rangkaian World Tour Coldplay merupakan hasil dari jadwal tambahan, yang diumumkan bersama dengan beberapa negara lain di Asia, pada bulan yang sama.

Sebelum ke Indonesia, Coldplay akan lebih dulu menyandangi Jepang dan Taiwan, baru setelahnya diikuti dengan aksi panggung Chris Martin dkk di Australia dan Malaysia.

Tahilalats, Kreator Komik Strip Indonesia yang Kolaborasi dengan Coldplay

Topik panas jagat maya

Tak kalah menghebohkan seperti kedatangan musisi-musisi internasional lain yang kerap menjadi perbincangan utama, akan datangnya Coldplay ke Indonesia bisa dibilang berhasil menghidupkan euforia dan rasa antusias yang tinggi dari masyarakat khususnya penggemar di jagat maya.

Sedikit kilas balik pada kisaran awal bulan Maret lalu, di media sosial TikTok sempat ramai mengenai bocornya dokumen perizinan penggunaan SU GBK selama dua pekan di bulan November mendatang. Awalnya, banyak yang berasumsi jika perizinan tersebut akan digunakan untuk konser musisi internasional lain, yakni Taylor Swift.

Namun kemudian, beberapa bocoran dari berbagai sumber mengarah ke Coldplay. Asumsi tersebut semakin menguat ketika beberapa nama influencer di industri terkait memberikan bocoran serupa.

Tak lama setelahnya, pihak promotor serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sendiri, yakni Sandiaga Uno, juga menggoda penggemar Coldplay di tanah air dengan bocoran serupa di media sosial Instagram.

Saat ini ketika pengumuman resmi akhirnya dipublikasi, terpantau jika beberapa kata kunci yang berkaitan dengan konser Coldplay di Indonesia menjadi perbincangan di berbagai media sosial dan menjadi trending topik, salah satunya Twitter dengan cuitan #ColdplayJakarta

Puji Indonesia Saat Tampil di Panggung Everblast, Simple Plan: Momen Tak Terlupakan

Mengapa konser Coldplay begitu ditunggu?

Dibentuk pertama kali pada tahun 1997, Coldplay bisa dibilang merupakan salah satu band kenamaan dunia yang sudah sangat dikenal secara global.

Band yang digawangi Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion ini banyak digemari karena deretan musiknya yang dipandang memiliki warna universal, dan mudah diterima oleh berbagai kalangan. Beberapa musik yang hingga saat ini populer dan menjadi hits sebut saja Yellow, Viva La Vida, Fix You, dan masih banyak lagi.

Bicara mengenai gelaran World Tour atau konser global, Coldplay sendiri tercatat sudah aktif melakukan rangkaian konser global mulai tahun 2000, dengan tajuk berbeda di setiap serinya ke berbagai negara.

Namun, bersamaan dengan semakin bertambahnya basis penggemar Coldplay di tanah air dari tahun ke tahun, sebelumnya band tersebut tidak pernah menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi untuk memamerkan aksi panggung mereka.

Ada berbagai rumor dan asumsi pula yang sebelumnya banyak beredar, mengenai alasan Coldplay belum menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi konser mereka. Salah satu di antaranya mengenai isu lingkungan yang dikabarkan menjadi penghalang, sehubungan dengan band tersebut yang dikenal menaruh atensi besar terhadap isu terkait, terutama di ranah sustainability.

Namun setidaknya pada tahun 2023 ini, penantian para penggemar Coldplay di Indonesia akhirnya akan terwujud, lewat rangkaian World Tour ke-8 mereka yakni Music of The Spheres, yang sudah lebih dulu dimulai sejak tahun 2022 lalu.

Secuil Indonesia dalam Video Klip Terbaru Coldplay

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini