Tahilalats, Kreator Komik Strip Indonesia yang Kolaborasi dengan Coldplay

Tahilalats, Kreator Komik Strip Indonesia yang Kolaborasi dengan Coldplay
info gambar utama

Kawula muda masa kini di tanah air rasanya hampir sebagian besar tidak asing dengan akun-akun hiburan di media sosial, yang fokus utamanya membagikan konten humor yang dapat mengundang tawa.

Jika dalam skala global dan lebih besar ada akun 9gag yang aktif membagikan konten hiburan berupa meme atau dalam bentuk lain, di Indonesia juga ada beberapa akun media sosial atau bahkan kreator yang memproduksi konten untuk menghibur pengikutnya di ranah digital.

Salah satu yang paling dikenal di antaranya Dagelan, mengacu pada pengertian sebagai adegan atau lakon yang menimbulkan kelucuan dan mengundang tawa. Jika dilihat dari konten yang dibagikan pada media sosialnya, media satu ini memang sering membagikan cuplikan peristiwa dalam bentuk video atau foto yang terjadi di tanah air dan biasanya viral, lalu dikemas sedemikian rupa dengan tambahan dialog atau keterangan unggahan yang membuat konten tersebut semakin disukai oleh masyarakat.

Bukan hanya itu, hal yang membuat konten yang dibagikan banyak disukai tak lain karena sering munculnya konten berisi humor sarkas, namun menggambarkan keadaan yang sesungguhnya dari kondisi kehidupan di tengah masyarakat tanah air.

Hal serupa juga dimiliki oleh salah satu akun kreator bernama Tahilalats. Bedanya, mereka mengemas humor dalam bentuk komik strip yang memiliki ciri khas tersendiri dan sebagian besar menggambarkan cerita random kehidupan masyarakat di Indonesia.

Baca juga Komik Si Nopal yang Mendunia Lewat Kerjasama dengan Facebook

Kolaborasi Tahilalats dan Coldplay

Menariknya, belum lama ini Tahilalats membuktikan eksistensinya sebagai kreator konten, khususnya komik tanah air yang menarik minat band internasional Coldplay. Hal itu kemudian berujung dengan kolaborasi keduanya untuk lagu terbaru Coldplay.

Pada awal Mei lalu, Tahilalats membawa kabar gembira sekaligus membanggakan dan berhasil mencuri perhatian penikmat musik di tanah air. Melalui instagram, mereka mengumumkan kolaborasi untuk perilisan lagu terbaru band terkenal asal Inggris itu yang bertajuk ''Higher Power''.

Mengutip Kompas, (11/5/2021), Nurfadli Mursyid selaku pendiri Tahilalats menceritakan kalau kolaborasi yang dilakukan antara tim Tahilalats dan Coldplay berawal dari sebuah obrolan santai.

"Prosesnya cepat banget. Waktu itu ngobrol santai aja dengan salah satu tim dari Warner Music yang kemudian bercerita mengenai project terbaru dari Coldplay serta single-nya," ungkap Nurfadli.

Sekadar informasi, Warner Music adalah agensi yang menaungi band Coldplay dan digawangi oleh Chris Martin, Jonny Buckland, Will Champion, dan Guy Berryman.

Tim Tahilalats pun akhirnya membuat konten kolaborasi untuk mempromosikan lagu terbaru Coldplay. Jalan cerita komik yang dikerjakan dibuat sesuai dengan konsep dari lagu yang rilis, serta menggambarkan keempat personel Coldplay sebagai karakter komik dengan nuansa luar angkasa.

Saat karya komik tersebut selesai dibuat dan dipublikasi, banyak masyarakat Indonesia yang ikut menyampaikan kegembiraan dan ucapan selamat atas kolaborasi yang berhasil diraih oleh tim kreator yang dipimpin oleh Nurfadli Mursyid tersebut.

Baca juga Secuil Indonesia dalam Video Klip Terbaru Coldplay

Awal mula perjalanan Tahilalats

Nurfadli Mursyid
info gambar

Nurfadli Mursyid, adalah sosok di balik keberadaan Tahilalats atau yang dikenal juga dengan nama Mind Blowon, dan saat ini sudah memiliki sekitar 4,6 juta pengikut di instagram. Bukan hanya sebatas kreator komik strip biasa di media sosial seperti akun humor mainstream, Tahilalats membuktikan eksistensinya dalam membuat konten humor berkualitas dengan menghadirkan versi internasional dari komik strip yang mereka buat.

Saat ini, Tahilalats memiliki dua akun instagram lainnya yang tersedia dalam versi global dengan nama @tahilalats.en di mana dialog yang dibuat dalam komik menggunakan Bahasa Inggris, ada juga @tahilalats.cn yang dialog dalam komiknya dibuat dalam versi Bahasa Mandarin.

Tidak cukup sampai di situ, Tahilalats juga hadir di platform Line Webtoon, sebuah platform publikasi untuk konten-konten berupa komik yang di dalamnya terdapat karya komik dari berbagai komikus mancanegara dan memiliki audiens yang menjanjikan di tanah air.

Baca juga Perkembangan Komik di Indonesia dari Era Cetak sampai Digital

Tahilalats mulai aktif sejak Agustus 2014, dan langsung menarik perhatian masyarakat karena uniknya konten yang dibagikan melalui ciri khas yang pada awalnya hanya berupa potongan empat panel di media sosial instagram, tapi senantiasa menghadirkan plot twist atau akhir cerita komik yang sulit diduga oleh pembaca.

Berdasarkan cerita yang dibagikan Nurfadli kepada Antara, (28/2/2016), pria berdarah Bugis ini nyatanya memulai karir sebagai illustrator komik humor di Dagelan, walau nyatanya bidang tersebut jauh berbeda dan tidak ada hubungannya dengan studi yang ia jalani sebagai mahasiswa teknik sipil.

Namun nyatanya, keseriusan yang didalami dalam bidang ilustrasi untuk menggarap komik membuat karya yang dimiliki dan Nurfadli ditawarkan untuk menjadi kontributor di Line Webtoon. Bahkan, di tahun 2015 dirinya bertolak ke Korea Selatan bersama penulis komik daring lainnya untuk menghadiri Hari Webtoonist 2015.

Di lain kesempatan, Nurfadli juga berharap konten atau komik yang ia buat bersama timnya dapat menghibur lebih banyak orang khususnya masyarakat Indonesia.

Baca juga Grup Band Asal Indonesia Ini Isi Soundtrack Film Animasi Disner 'Wreck-it-Ralph 2'

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini