Yuk, Simak Tips Memulai Investasi Emas Bagi Pemula!

Yuk, Simak Tips Memulai Investasi Emas Bagi Pemula!
info gambar utama

Ada beberapa tahap jitu untuk memulai investasi emas bagi pemula. Banyak orang mungkin takut untuk memulai karena jumlah yang harus dikeluarkan atau bertanya, berapa lama investasi emas bisa untung? Kawan GNFI yang baru ingin memulai investasi bisa mendapatkan imbal hasil optimal dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun. Seiring berjalannya waktu, nilai emas akan cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Namun, investasi emas juga memerlukan beberapa kiat-kiat khusus yang perlu diperhatikan. Para pemula perlu menentukan strategi pintar untuk instrumen emas agar dapat membawa banyak keuntungan di masa yang akan datang. Berikut adalah cara yang bisa Kawan GNFI lakukan saat berinvestasi emas maupun logam mulia:

  1. Menentukan Tujuan Investasi

Tentukan tujuan investasi Kawan, apakah itu untuk jangka pendek atau jangka panjang. Ini akan membantu Kawan dalam memilih strategi investasi yang tepat dan menyesuaikan jangka waktu serta besaran jumlah investasi setiap bulan.

  1. Menyesuaikan Kemampuan Finansial

Kawan GNFI bisa mengalokasikan sebagian uangmu untuk membeli emas secara digital dengan nominal kecil, lho! Dengan perencanaan keuangan dan alokasi pendapatan yang matang, Kawan GNFI bisa merencanakan berapa banyak uang yang ingin digunakan untuk diinvestasikan dalam emas sesuai dengan kemampuan finansial.

Ingat, instrumen investasi ini bukanlah tempat penyimpanan seluruh pendapatmu! Investor dapat menyisihkan dana lebih dari pengeluaran sehari-hari dan dana darurat setiap bulannya walaupun harga emas sedang turun. Bahkan, investor pemula sudah bisa investasi mulai dari 10 ribu. Jadi, jangan menunda investasi, ya!

Mengapa UMKM begitu Powerful dalam Ekonomi Indonesia?
Pyramid Perencanaan Keuangan | Foto: depositobpr.id
info gambar

  1. Pelajari Pasar Emas

Setelah menetapkan bagaimana tujuan dan rencana keuangan Kawan, mempelajari pasar emas menjadi langkah berikutnya. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui bagaimana pasar emas bekerja dan apa yang mempengaruhi harga emas. Perhatikan juga faktor-faktor seperti penawaran dan permintaan, kebijakan pemerintah, dan fluktuasi mata uang.

  1. Memilih Bentuk Invetasi

Ada beberapa bentuk investasi emas yang tersedia, seperti emas batangan, koin emas, dan produk investasi emas seperti ETF dan reksadana. Pelajari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bentuk investasi dan pilih yang paling sesuai dengan tujuan investasi Kawan.

7 Tips Investasi Bagi Pemula Dengan Mudah
  1. Membeli Emas di Tempat Pembelian Terpercaya

Kawan bisa memilih toko atau dealer emas yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan mereka memiliki sertifikat dan izin yang diperlukan serta menawarkan harga yang kompetitif. Ditambah lagi, kini, juga banyak layanan online yang menawarkan jual-beli emas digital dengan mudah dan aman melalui aplikasi investasi.

  1. Memantau Rutin Perkembangan Emas

Pantau kinerja investasi Kawan secara teratur dan lakukan perubahan jika diperlukan untuk memastikan investasi emas tetap sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko Kawan. Adapun, jika harga emas turun, Kawan bisa memanfaatkan momennya untuk menbeli emas lagi.

  1. Menyimpan Emas di Tempat yang Aman

Setelah membeli emas, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan terlindungi seperti brankas atau safe deposit box di bank. Kawan bisa menyimpan emas di brankas pribadi di rumah yang dilengkapi dengan pin dan sidik jari. Sebagai alternatif, Kawan juga bisa menyimpannya secara digital di aplikasi. Sekarang, beli dan jual emas bisa via aplikasi sehingga investor pemula lebih fleksibel saat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja.

Ada banyak cara untuk melakukan investasi emas, juga ada banyak strategi pula untuk memulainya. Semoga tips ini membantu Kawan GNFI memulai investasi emas yang sukses!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini