5 Toko Roti Legendaris di Indonesia, Bikin Rindu!

5 Toko Roti Legendaris di Indonesia, Bikin Rindu!
info gambar utama

Siapa nih, yang menginginkan roti hangat dengan isian manis semacam coklat atau vanila? Toko roti memang dikenal dengan baunya yang khas. Dengan baunya yang khas, banyak orang yang terpincut untuk membeli beberapa roti.

Ditambah, toko roti juga menjadi peluang bisnis yang cukup besar karena roti akan selalu dikenang sepanjang masa. Hal itulah yang terjadi di beberapa toko roti legendaris di Indonesia. Sudah berdiri bertahun-tahun, beberapa toko roti ini membuat sebagian pengunjung merasa nostalgia dengan beragam menu roti klasik yang dibuatnya. Apa saja toko roti legendaris itu?

1. Toko Roti Go

Siapa nih, yang belum mengenal dengan Roti Go? Toko Roti Go memang dikenal legendaris karena sudah beridri pada 1898. Bayangkan, toko roti ini berjaya di zaman kolonial Belanda hingga pendudukan Jepang di Indonesia. Perlu diketahui, nama "Go" diambil dari nama suami, yaitu Go Kwee Ka.

Ia mendirikan toko roti bersama istrinya di Kota Purwokerto, Jawa Tengah. Kawan bisa mengunjungi toko ini, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman No.724, Kauman Lama, Purwokerto. Sejarah panjang toko roti ini telah dihias secara klasik melalui interior dan exterior yang masih teguh hingga saat ini.

Baca juga: Roti Tenong, Roti Goreng Khas Padang Panjang

Cerita menarik dari toko ini adalah pernah menjadi korban dari Agresi Belanda II tahun 1948. Dari hal tersebut, banyak alat produksi yang hangus dan rusak. Meskipun begitu, toko roti ini berhasil bangkit dengan mempertahankan cita rasa yang khas. Dengan produksi yang tradisional, Toko Roti Go menjualn beberapa jenis roti, seperti roti manis, roti sobek, roti tawar, dan roti tradisional lainnya. Kawan bisa membelinya dengan harga sekitar Rp3 ribu sampai Rp6 ribu.

2. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi
info gambar

Bagi warga Bandung, Toko Roti Sidodadi memang sudah dikenal lama. Diketahui, Toko Roti Sidodadi menjual beberapa roti jadul yang bikin Kawan nostalgia. Toko Roti Sidodadi berdiri pada 1954.

Beberapa menu yang terkenal dalam toko roti ini, seperti roti gambang, roti kismis, dan roti tawar. Dengan alat produksi tradisional dan modern, roti-roti yang dihasilkan oleh toko ini sangat segar. Untuk Kawan yang ingin membelinya, mari kunjungi tokonya di Jalan Otto Iskandardinata No.255, Bandung.

3. Toko Oen

Toko Roti Oen
info gambar

Salah satu toko roti tertua di Yogyakarta. Yap, Toko ini bernama Toko Oen. Diketahui, toko tersebut telah berdiri sejak 1922. Ciri khas toko ini bisa dilihat dari pembuatan produksinya yang masih tradisional.

Selain itu, Kawan akan melihat beberapa dekorasi berbahan kayu ala vintage. Hal ini akan menambah nuansa klasik dan nostalgia dalam Toko Oen. Apakah Kawan tertarik untuk mengunjunginya?

Baca juga: Toko Roti Tertua di Indonesia Ada di Banyumas, Inilah Toko Roti Go

4. Toko Bogor Permai

Toko Roti Bogor Permai
info gambar

Siapa yang ingin berkunjung ke Bogor? Tidak enak rasanya kalau ke Bogor, tidak mengunjungi ke toko roti ini. Yap, namanya adalah Toko Bogor Permai. Kawan bisa mengunjunginya di Jalan Jenderal Sudirman No.23, Bogor.

Nuansa dalam toko roti ini berwarna putih dengan konsep modern. Beberapa roti yang disediakan di toko ini, seperti roti tapal kuda, roti keset, roti gambang, dan roti-roti lainnya. Kawan juga bisa memesan roti dengam campuran gula merah, mentega, dan cokelat.

5. Toko Roti Tan Ek Tjoan

Toko Roti
info gambar

Masih di Bogor, terdapat satu toko roti legendaris bernama Toko Roti Tan Ek Tjoan. Toko roti ini telah berdiri sejak tahun 1921. Berdiri sebelum Indonesia merdeka, toko roti ini tetap menyajikan cita rasa roti yang khas hingga kini.

Bahkan, pada 1953, toko roti ini sering dikunjungi oleh warga Jakarta. Roti buatan Tan Ek Tjoan memiliki serat kasar dengan warna sedikit kekuningan. Tak hanya dijual di toko, roti ini juga menyajikan layanan roti keliling untuk menyasari warga-warga sekitar perumahan.

Itulah beberapa toko roti legendaris di Indonesia. Pastinya ada banyak toko roti yang tersebar di Nusantara. Kawan perlu mendukung kegiatan usaha toko roti dengan minimal membeli rotinya. Apa toko roti yang pernah Kawan kunjungi?

Referensi: indonesianchefassiciation.com | fimela.com | rukita.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini