5 Arsitek Ternama di Indonesia, Ada Favoritmu Juga?

5 Arsitek Ternama di Indonesia, Ada Favoritmu Juga?
info gambar utama

Kawan mungkin pernah melihat beberapa bangunan megah dengan desain interior maupun exterior indah. Tentunya, hasil bangungan tersebut tidak lepas dengan pemikiran dari arsitektur. Yap, arsitektur ternama di Indonesia memang memiliki karya yang patut diacungi jempol.

Mereka mengeluarkan banyak tenaga dan biaya dalam merancang bangunan. Selain memerhatikan desain bangunan, mereka juga perlu meriset material dan aksesibilitas agar bangunan tersebut tetap kokoh di masyarakat. Lalu, siapa saja arsitektur ternama di Indonesia?

7 Arsitektur Ternama di Indonesia

1. Ir. Soekarno

Yap, selain jago dalam bidang politik, Presiden RI ke-1 Ir. Soekarno juga berperan tinggi dalam dunia arsitek Indonesia. Beliau merupakan perancang dari Monumen Nasional atau Monas. Tentunya bangunan tersebut menjadi ikonik kota Jakarta hingga sekarang.

Bahkan, banyak media asing yang meliput rancangan Ir. Soekarno sebagai wisata atau pusat budaya di Jakarta. Memang keren sekali Bung Karno, ya.

Baca juga: Namdur, Burung dengan Kemampuan 'Arsitek' Endemik Papua

2. Achmad Noe'man

Mungkin Kawan masih awam dengan nama ini. Namun, di dunia arsitek Indonesia, nama ini selalu menjadi panutan bagi mahasiswa arsitektur. Yap, Achmad Noe'man adalah seorang arsitek kelahiran 1942 di Garut. Beliau merupakan perancang dari beberapa masjid terkenal, seperti Masjid Islamic Center di Jakarta.

Beliau juga pernah mendesain Masid Amir Hamzah Ismail Marzuki, Masjid Salman ITB, dan Masjid Syekh Yusuf di Afrika Selatan. Tidak heran kalau Achmad selalu dijuluki sebagai arsitek sejuta masjid. Kira-kira karya Achmad Noe'man apa yang Kawan ingat?

3. Ridwan Kamil

Seperti Ir. Soekarno, Ridwan Kamil juga pandai dalam bidang politik dan arsitek. Gubernur Jawa Barat ini memang menjadi idola bagi kaum milenial dan generasi Z. Ditambah, beliau juga merancang bangunan masjid di Jawa Barat sehingga ikonik bagi warga di sekitarnya.

Beliau yang lulusan S2 di University of California ini pernah bekerja part-time di Departemen Perencanaan Kota Berkeley. Pada 2002, Ridwan Kamil kembali ke Indonesia dan mendirikan Urbane, perusahaan arsitektur.

Salah satu karya Ridwan Kamil yang terkenal adalah Rumah Botol di Kota Bandung. Kawan bisa melihat bangunan tersebut berasal dari sekitar 30 ribu botol bekas. Tidak heran kalau Ridwan Kamil mendapat Green Design Award oleh BCI

Baca juga: 5 Tips Jadi Arsitek Muda Profesional, Terus Ikuti Tren!

4. Harjono Sigit

Ayah dari seorang artis ternama Maia Estianty ini juga seorang arsitektur hebat. Dalam dunia arsitektur, Harjono Sigit pernah menjadi mantan Rektor ITS. Selain itu, Harjono Sigit juga merupakan cucu dari pahlawan nasional HOS Tjokroeaminoto, pendiri Sarekat Islam.

Dalam dunia akademisi, Harjono Sigit mengajar di ITS, tepatnya pada Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) selama 41 tahun. Beberapa karyanya yang terkenal ialah Pasar Alam Surabaya, Gedung Pusat IKIP Surabaya, Gedung PPS Semen Gresik, dan Gedung Direksi Perhutani.

5. Frederich Silaban

Masjid Istiqlal
info gambar

Mungkin, Kawan tampak asing dengan nama ini. Namun, sebenarnya nama ini selalu melekat bagi Ir. Soekarno. Sebab, Ir. Soekarno mempercayai Frederich Silaban untuk membangun Monumen Nasional bersama.

Arsitek terbaik di Indonesia ini pernah merancang beberapa bangunan terkenal, seperti Stadion Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Kantor Pusat Bank Indonesia, dan Tugu Katulistiwa di Kalimantan.

Itulah beberapa arsitek ternama di Indonesia. Pastinya masih banyak arsitek ternama dengan bangunan-bangunannya yang hebat. Apakah Kawan ingin menjadi arsitek?

Referensi: asianparent.com | reddoorz.com | japdesain.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini