Rekomendasi 5 Program Pertukaran Pelajar untuk SM

Rekomendasi 5 Program Pertukaran Pelajar untuk SM
info gambar utama

Siapa yang ingin mengikuti program pertukaran pelajar? Pasti Kawan tidak menyangka kalau program ini tidak hanya diperuntukkan untuk mahasiswa, loh. Yap, ternyata program pertukaran pelajar juga bisa untuk siswa/i SMA. Jadi, bagi Kawan yang ingin baru lulus SMA dan melakukan studi ke luar negeri, bisa sekali untuk ikut program ini.

Lalu, apa saja rekomendasi program pertukaran pelajar untuk SMA? Mari kita simak!

Rekomendasi Program Pertukaran Pelajar untuk SMA

Pertukaran Pelajar
info gambar

Perlu diketahui, dalam melakukan pertukaran pelajar, setiap program memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Maka dari itu, Kawan perlu menelusuri lebih lanjut terkait informasi program pertukaran pelajar untuk SMA. Bagaimanapun, Kawan juga harus tahu tentang rekomendasi program pertukaran pelajar ini, diantaranya:

1. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

Apa itu program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study? Seperti namanya, program ini merupakan pertukaran pelajar bagi siswa/i jenjang SMA. Tentunya, program ini berbasis fully funded. Jadi, soal biaya, Kawan tidak perlu khawatir karena dibiayai oleh pemilik program tersebut.

Tujuan dari program ini adalah menjadi perantara bagi negara-negara mayoritas penduduk Islam dengan Amerika Serikat. Bagi Kawan yang berprestasi secara akademik dan non-akademik, bisa sekali untuk ikut di program ini.

Baca juga: Dari Olahraga Finswimming, Indonesia Incar Lonjakan Prestasi di Sea Games 2023

Diketahui, dalam program pertukaran pelajar ini, Kawan akan mendapat beberapa benefit, diantaranya: tunjangan bulanan, asuransi, pengurusan visa, tiket pesawat, biaya perjalanan, penempatan di keluarga angkat Amerika Serikat, dan kegiatan pengayaan.

Untuk persyaratannya, Kawan merupakan kelas X dan kelas XI di SMA negeri/swasta. Kawan harus mendapat rerata nilai minimal 80 atau skala B di setiap mata pelajaran. Diutamakan bagi siswa/i yang berprestasi baik akademik maupun nonakademik.

2. Australia-Indonesia Muslim Exchange Program

Apakah Kawan ingin melakukan pertukaran pelajar ke Australia? Maka, program ini bisa jadi jawabannya. Program ini diperuntukkan untuk siswa/i SMA beragama Islam. Dalam hal itu, nantinya Kawan akan mempelajari budaya, pendidikan, dan sosial Islam di Australia.

Durasi program ini kurang lebih 2 minggu. Dengan pengalaman 2 minggu, Kawan bisa menikmati liburan dan edukasi di Australia. Ditambah, pendataran dan administrasi masih terbilang mudah bagi siswa/i SMA.

3. Beasiswa Study in Hefei

Jika Kawan ingin berkunjung ke Cina, maka Kawan bisa mengikuti program beasiswa Study in Hefei. Yap, beasiswa ini menawarkan pelajar asing untuk merasakan pendidikan di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: Bali dengan Segudang Prestasi dan Keindahannya

Tentunya, beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa, pelajar, dan intern yang berkolaborasi dengan Hefei. Nah, terkhusus pelajar, Kawan bisa mengambil beasiswa tipe B. Persyaratan untuk mendapat tipe beasiswa itu adalah Kawan harus jago bahasa inggris. Disarankan untuk menguasai bahasa Mandarin tingkat dasar, ya.

4. Indonesia-Korea Youth Exchange Program

Apakah Kawan penyuka K-Pop? Nah, Kawan berkesempatan untuk menemui idol dengan ikut program ini, lo. Youth Exchange Program adalah program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh GYA (Global Youth Action).

Organisasi pemuda ini memberikan banyak fasilitas bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia pergi ke luar negeri, khususnya Korea Selatan. Ditambah, tujuan GYA adalah mewujudkan sustainable development goal. Maka dari itu, Kawan yang ingin mengikuti program ini harus berjiwa kreatif, leadership, dan ambisi.

Manfaat yang bisa Kawan dapat ketika lulus seleksi akhir program ini adalah beasiswa penuh sebesar 10 juta dan kelas eksklusif. Persyaratannya cukup mudah. Kawan harus status WNI, usia 14-33 tahun, tidak ada batasan jenjang pendidikan, dan komitmen.

5. Asia Kakehashi

Program selanjutnya berada di Negeri Sakura. Yap, program Asia Kakehashi merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Jepang, loh. Kerennya adalah program ini spesial untuk pelajar SMA di Indonesia.

Baca juga: Penyandang Tunarungu Indonesia Ukir Prestasi, Boyong 10 Medali Emas ASEAN Deaf Games

Tujuan dalam program ini adalah mengenalkan sistem pendidikan Jepang ke pelajar Indonesia. Nantinya, Kawan akan tinggal dengan keluarga lokal di sana. Lalu, Kawan berkesempatan untuk menikmati liburan, serta beradaptasi dengan pelajar Jepang. Apakah Kawan tertarik untuk mengikuti program ini?

Yap, masih banyak program pertukaran pelajar dari luar negeri untuk SMA di Indonesia. Jangan sampai Kawan kehilangan kesempatan ini, maka cobalah untuk riset program pertukaran pelajar yang buka di tahun ini. Dapatkan pengalaman baru yang mungkin akan Kawan ingat seumur hidup. Kira-kira Kawan pilih ikut program pertukaran pelajar yang mana, nih?

Referensi: ican-education.com | titiknolenglish.com | ielc.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini