Dari Olahraga Finswimming, Indonesia Incar Lonjakan Prestasi di SEA Games 2023

Dari Olahraga Finswimming, Indonesia Incar Lonjakan Prestasi di SEA Games 2023
info gambar utama

Olahraga finswimming Indonesia menatap SEA Games 2023. Di sana, para atlet mengemban misi untuk memberikan lonjakan prestasi.

Finswimming adalah salah satu cabang olahraga yang akan dilombakan di SEA Games 2023. Indonesia pun tak ketinggalan ikut berpartisipasi dan mengirimkan para atlet terbaiknya.

Untuk tahun ini, SEA Games akan dilangsungkan di Kamboja. Pesta olahraga terakbar se-Asia Tenggara itu dijadwalkan diselenggarakan pada 5 hingga 17 Mei mendatang.

Perlu diketahui, cabor finswimming di SEA Games 2023 akan melombakan 24 nomor. Namun, Indonesia hanya boleh mengikuti maksimal 20 nomor.

Adanya 24 nomor yang dilombakan itu menandakan cabor selam di SEA Games 2023 mendatang akan berbeda dengan SEA Games 2022 lalu. Sebab, nomor yang dilombakan menjadi lebih banyak ketimbang sebelumnya, yakni hanya 13 nomor.

Dari kesempatan tampil di 20 nomor itu, Indonesia sudah memasang target, yakni meraih tujuh medali emas.

"Target kami tujuh emas di SEA Games," ujar Pelatih cabang olahraga selam atau finswimming Indonesia Abdul Kholik, seperti dilansir ANTARA.

"Di SEA Games Vietnam hanya ada 13 nomor, sementara di Kamboja ada 24 nomor. Tetapi kami hanya boleh ikut di 20 nomor sesuai regulasi tuan rumah. Semoga target tujuh emas bisa tercapai," lanjutnya.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’

Lonjakan Prestasi

Finswimming merupakan salah satu olahraga air yang kerap dilombakan di berbagai ajang multievent. Olahraga ini merupakan adu kecepatan antaratlet dalam berenang di permukaan atau bawah air menggunakan alat berupa sepatu katak.

Dari target yang dipasang, tampak jelas bahwa Indonesia mengincar lonjakan prestasi di cabor finswimming seiring dengan nomor perlombaan yang juga bertambah. Sebab, target tersebut jauh lebih tinggi ketimbang raihan Indonesia di SEA Games 2021.

Dalam ajang SEA Games 2021 yang dihelat di Vietnam, Indonesia meraih tiga medali emas, enam perak, dan tiga perunggu. Raihan itu menempatkan Indonesia di peringkat kedua cabor finswimming.

Indonesia masih kalah unggul dari Vietnam yang merajai perolehan medali finswimming. Total, Vietnam mengoleksi sepuluh medali emas, lima perak, dan tiga perunggu.

Olahraga finswimming termasuk salah satu yang kerap menyumbang prestasi gemilang untuk Indonesia. Maka dari itu, kenaikan target di SEA Games 2023 sebetulnya bisa dibilang masuk akal.

Salah satu bukti gemilangnya finswimming Indonesia adalah hasil yang didapat di Kejuaraan Dunia Finswimming 2022 di Phuket, Thailand. Saat itu, Indonesia meraih peringkat kedua.

Menurut laporan Skor.id, Indonesia menjadi tim peringkat kedua setelah mengoleksi lima emas, tujuh perak, dan sembilan perunggu. Menariknya, gelar juara disabet oleh Vietnam.

Berprestasi di Turnamen SEAKF, Perjalanan Berat Timnas Karate Indonesia Berbuah Manis



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini