Special Olympics World Games, Tempatnya Atlet Bertalenta Khusus Berjuang untuk Indonesia

Special Olympics World Games, Tempatnya Atlet Bertalenta Khusus Berjuang untuk Indonesia
info gambar utama

Para atlet Indonesia bertalenta khusus akan tampil di Special Olympics World Games 2023. Mereka sudah tiba di Jerman dan siap berjuang.

Atlet Indonesia bertalenta khusus yang berpartisipasi di Special Olympics World Games (SOWG) adalah atlet dengan disabilitas intelektual. Mereka diberi kesempatan beraksi di 7 cabang olahraga yakni atletik, boling, renang, tenis meja, bulu tangkis, senam artistik, dan senam ritmik.

Para atlet Indonesia yang terpilih untuk mewakili SOWG sudah tiba di Jerman, pada Senin (12/6). Untuk diketahui, SOWG tahun ini memang diselenggarakan di Berlin, Jerman mulai tanggal 17 hingga 25 Juni mendatang.

Indonesia mengirim 22 atlet ditambah 3 orang unfield partner ke SOWG 2023. Mereka menjadi bagian dari sekitat 7.000 atlet yang berasal dari sekitar 170 negara yang ikut berlaga.

Sebelum mulai berlaga di SOWG 2023, para atlet Indonesia akan terlebih dahulu melaksanakan program host town selama di Wiesbaden selama empat hari untuk mengenal budaya masyarakat Jerman, sekaligus adaptasi perbedaan waktu dan cuaca. Setelahnya, baru pada tanggal 15 Juni, para atlet akan menuju Berlin.

Untuk diketahui, SOWG adalah ajang olahraga yang cukup tua meski tidak seberapa populer. Tercatat, edisi pertama ajang ini diselenggarakan pada 20 Juli 1968 di Chicago, Amerika Serikat.

Dalam perhelatan SOWG edisi sebelumnya yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada tahun 2019, Indonesia juga ikut serta. Hasilnya, 21 medali sukses diboyong dengan rincian 11 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Prestasinya Diakui Dunia, Legenda Basket Indonesia Sonny Hendrawan Masuk FIBA Hall of Fame

Didukung Pemerintah

Keikutsertaan para atlet Indonesia di SOWG 2023 mendapat dukungan pemerintah. Dikirimnya atlet ke ajang tersebut adalah wujud dari komitmen pemerintah untuk memaksimalkan seluruh potensi olahraga yang ada di Indonesia.

“Bulan lalu saya hadir di pemusatan latihan mereka di Semarang. Semangatnya luar biasa, daya juangnya sangat tinggi untuk meraih hasil maksimal. Ini adalah komitmen pemerintah untuk mendorong seluruh potensi olahraga di Tanah Air,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Kiprah para atlet yang mewakili Indonesia di SOWG juga diharapkan bisa membuahkan hal positif bagi negara melalui prestasi dan inspirasi.

“Semoga perjuangan mereka ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Mereka (para atlet) akan membawa prestasi untuk Indonesia. Semoga mereka bisa mengembangkan diri dan membangun kepercayaan diri,” tambah Menpora Dito.

Program Medali Dari Warga, Aksi untuk Bantu Mantan Atlet yang Hidupnya Memprihatinkan





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini