Mengenal Poltekbang Surabaya: Sekolah Kedinasan Penerbangan di Surabaya

Mengenal Poltekbang Surabaya: Sekolah Kedinasan Penerbangan di Surabaya
info gambar utama

Apakah Kawan berencana untuk masuk sekolah kedinasan? Tentunya, setiap sekolah kedinasan yang Kawan pilih harus dipersiapkan secara matang. Nah, ternyata ada satu sekolah kedinasan yang bisa menjadi rekomendasi Kawan dalam memilih sekolah kedinasan, nih. Yap, sekolah itu adalah Politeknik Penerbangan Surabaya atau Poltekbang Surabaya.

Definisi Poltekbang Surabaya

Politeknik Penerbangan Surabaya atau Poltekbang Surabaya adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan RI. Sekolah kedinasan ini terletak di Jalan Jemur Andayani I No.73, Surabaya.

Dengan namanya politeknik, sekolah ini menyajikan program vokasi yang mayoritas pembelajarannya adalah praktek. Ditambah, untuk menyiapkan tenaga kerja yang profesional, sekolah kedinasan ini bisa menjamin taruna/taruni-nya untuk masuk ke perusahaan BUMN/BUMS berbasis penerbangan.

Sejarah Poltekbang Surabaya

Sebelum menjadi Poltekbang yang kita kenal, Poltekbang Surabaya merupakan aset dari Kantor Wilayah III Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Surabaya. Pemanfaatan aset itu bermula pada 1989 dengan nama Balai Pendiidkan dan Pelatihan Penerbangan Surabaya.

Hal ini juga dilansir dari Keputusan Menteri Perhubungan No.22 Tahun 1989 tentang Organisasi Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Surabaya. Pembentukan tersebut pastinya untuk menyiapkan tenaga profesional dalam transportasi udara di Indonesia. Diketahui, selain pelatihan penerbangan yang disiapkan di Surabaya, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan juga tersebar di berbagai daerah, seperti Palembang, Makassar, Jayapura, dan Medan.

Baca juga: Sejarah Sekolah Kedinasan STMKG, Dulunya di Kampus ITB

Tentunya, sejarah pendidikan penerbangan di Surabaya juga mengalami perkembangan. Pada puncaknya, sesuai Keputusan Menteri Perhubungan No. PM 32 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Penerbangan Surabaya. Dengan hal itu, Poltekbang Surabaya menjadi penyelenggara pendidikan vokasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang penerbangan.

Program Studi Poltekbang Surabaya

Poltekbang Surabay
Prospek Kerja di Poltekbang Surabaya tinggi di dunia penerbangan. | Sumber: rawpixel.com

Seperti namanya, Poltekbang Surabaya menyajikan program studi yang sesuai dengan bidang penerbangan. Maka dari itu, ada beberapa program studi yang diselenggarakan oleh Poltekbang Surabaya:

1. D3 Lalu Lintas Udara

Siapa yang ingin mengambil jurusan Lalu Lintas Udara? Dalam Poltekbang Surabaya, program studi Lalu Lintas Udara disediakan untuk jenjang D3. Pastinya, Kawan yang ingin memahami jalur penerbangan di Indonesia wajib mendaftar pada jurusan ini.

Prospek dalam lulusan ini adalah Kawan akan ditempatkan sebagai Air Traffic Controller atau pemandu lalu lintas udara. Kawan akan berkomunikasi dengan pilot tentang petunjuk lalu lintas yang baik dan tepat rute. Beberapa mata kuliah yang akan Kawan pelajari adalah Communication, Rules of The Air, Aerodrome Control Procedure, Air Traffic Services, Aeronautical Information Service, Aerodynamics, dan lain-lain.

2. D3 Komunikasi Penerbangan

Apakah Kawan ingin mempelajari komunikasi dan penerbangan? Nah, jurusan ini adalah tepat untuk Kawan. Dalam jurusan D3 Komunikasi Penerbangan, Kawan akan mempelajari tentang ilmu komunikasi, ilmu penerbangan, pramugari, manajemen bandara, dan lain-lain.

Baca juga: Begini Sejarah STIP, Sekolah Kedinasan Berbasis Laut

Dalam jurusan ini, Kawan akan berpotensi untuk mendapat profesi, seperti teknisi penerbangan, pengontrol lalu lintas udara, dan pilot atau ahli penerbangan dengan lisensi tertentu. Apakah Kawan tertarik mendaftar pada jurusan ini?

3. D3 Manajemen Transportasi Udara

Selain belajar komunikasi, Kawan juga akan mempelajari tentang manajemen yang berkaitan dengan penerbangan. Dalam hal ini, Kawan akan mempelajari tentang pengenalan teknik mesin dan dirgantara, statika struktur, kinematika dan dinamika, mekanike fluide, astrodinamika, mekanike kekuatan material, dasar elektronik, dan lain-lain.

Prospek karir yang ditawarkan juga tidak sembarangan. Perlu diketahui, lulusan D3 Manajemen Transportasi Udara berkesempatan untuk dapat profesi, seperti cargo agent, asuransi penerbangan, ground handling, dan lain-lain.

4. Teknik Listrik Bandar Udara

Dalam jurusan ini, Kawan akan mempelajari tentang gabungan dari listrik dan penerbangan. Untuk Kawan yang suka teknik, jruusan ini sangat cocok untuk Kawan. Ditambah, Kawan akan mempelajari tentang sistem kelistrikan pada pesawat. Lalu, cara memelihara dan mengoperasikan kelistrikan di bandara.

Diketahui, beberapa mata kuliah yang akan Kawan pelajari dalam jurusan ini, yakni regulator arus tetap, iluminasi dan fotometri, dasar gambar teknik kelistrikan, generator set, menggambar teknik listrik, elektronika daya, analisa sistem tenaga listrik, dan lain-lain.

Baca juga: Deretan Pilihan Sekolah Kedinasan Bogor, Siap Daftar?

5. Teknik Navigasi Udara

Hampir sama dalam lalu lintas dan komunikasi penerbangan, Kawan bisa mempelajari tentang navigasi dan cara pengoperasiannya, lo. Dalam hal ini, Kawan akan mempelajari tentang pemeliharaan dan perbaikan telekomunikasi bandara, seperti radar, Doppler VHF Omni-Directional Range (DVOR), Non-Directional Beacon (NDB), dan lain-lain.

Prospek kerja pada jurusan ini tidak main-main. Kawan bisa bekerja di perusahaan BUMN dan maskapai swasta, lo. Kawan juga bekerja di bawah lembaga pemerintahan, seperti Dirjen Perhubungan atau Kementerian Perhubungan.

6. D3 Bangunan dan Landasan

D3 Bangunan dan Landasan merupakan suatu program studi yang mempelajari tentang teknik pemeliharaan, penyetelan, dan pengoperasian fasilitas sisi darat dan sisi udara pada bandara. Mungkin, Kawan akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan arsitek dan penerbangan, nih.

Selain itu, Kawan akan mengaplikasikan ilmu pada jurusan Teknik Sipil dalam perancangan bangunan bandara. Beberapa mata kuliah yang Kawan pelajari adalah sistem bandar udara, pengetahuan perencanaan, pengetahuan teknik sipil, mekanika tanah, pengetahuan penerbangan, pengetahuan umum bangunan, dan lain-lain.

7. D3 Teknik Pesawat Udara

Kawan menyukai teknik mesin? Apakah Kawan ingin melakukan perbaikan dan pemeliharaan pada sistem pesawat? Kawan bisa mencoba daftar pada jurusan ini. Yap, D3 Teknik Pesawat Udara mempelajari tentang bagian-bagian mesin dan rangka pesawat untuk mengetahui masalah, serta analisis kualitas pada mesin pesawat.

Tentunya, Kawan bisa menjadi engineer plane sebagai karir kedepannya. Apakah Kawan tertarik untuk mendaftar pada program studi itu?

Itulah beberapa informasi seputar Poltekbang Surabaya. Bagaimanapun, dibutuhkan perjuangan keras untuk menggapai mimpi, ya. Jika Kawan ingin mengetahui informasi lengkap tentang Poltekbang Surabaya, silakan kunjungi website berikut, ya.

Referensi: poltekbangsby.ac.id | tribunnews.wiki | wikipedia.org | rencanamu.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini