Heboh Ikan Belida Lopis yang Kembali dari Kepunahan, Apa Kata Pakar IPB?

Heboh Ikan Belida Lopis yang Kembali dari Kepunahan, Apa Kata Pakar IPB?
info gambar utama

Kabar mengenai ikan chitala atau belida lopis yang muncul kembali setelah dinyatakan punah sempat menghebohkan warganet. Pada unggahan tersebut disebutkan akan terjadi kehebohan bila belida lopis memang tidak punah.

Hal ini bermula dari sebuah cuitan akun Twitter yang menayangkan ulang unggahan akun Facebook. Pengunggah menjelaskan bahwa ikan belida lopis yang dinyatakan punah pada 2020 ternyata masih ada.

Ikan Kodok Maluku Daya Tarik Wisata Ambon yang Terancam Punah

Dirinya meyakini hal tersebut setelah ada orang yang mengambil foto ikan belida lopis. Ikan yang dipotret tersebut dikatakannya mempunyai kesamaan ciri dengan fisik belida lopis yakni berbadan pipih dengan bentuk kepala dan ekor yang cekung.

“Kayaknya bakal gempar dunia Ichthyologi nih. Chitala lopis yang dinyatakan punah 2020 ternyata nggak beneran punah. Kebetulan jurnalnya mau di publish. Kelihatan ciri khas chitala lopis nya (garis-garis silver vertikal di sepanjang badannya),” cuitnya.

Penjelasan pakar IPB

Ikan belida lopis/Shutterstock
info gambar

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Perikanan Bogor (IPB) Irzal Effendi mengungkapkan bisa jadi ikan belida lopis memang belum punah. Dirinya menduga ikan tersebut hanya punah di kawasan tertentu.

Diketahui ikan belida lopis memiliki persebaran yang cukup luas di wilayah Indonesia, seperti Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Sedangkan ikan yang diduga belida lopis itu ditemukan di Riau.

Jenis-Jenis Ikan yang Dilindungi di Indonesia (Bagian 2)

“Saya kira punah untuk kawasan tertentu di pulau-pulau tersebut di atas kapal, tapi tidak di kawasan lain,” ujar Irzal yang dimuat Kompas.

Sementara itu soal narasi kepunahan yang beredar di media sosial, Irzal menyebut bahwa ada kemungkinan ikan ini bergerak dari kawasan yang belum punah. Sehingga bisa ditemukan di wilayah lain.

“Sehingga ikan ini muncul kembali,” katanya.

Mengenal belida lopis

Ikan belida lopis/Shutterstock
info gambar

Irzal mengungkapkan bahwa ikan chitala lopis mempunyai nama lain yakni belida atau pipih. Ikan belida sebenarnya juga mempunyai lebih dari satu spesies seperti Chitala borneensis, Notopterus notopterus, dan Chitala hypselonotus.

“Tidak hanya chitala lopis,” imbuhnya.

Jenis-Jenis Ikan yang Dilindungi di Indonesia (Bagian 1)

Dirinya menjelaskan bahwa ikan tersebut dapat dijadikan ikan hias dan diperdagangkan ketika ukurannya masih kecil. Di sisi lain, beberapa penangkar ikan dan pelaku usaha ikan hias kemungkinan juga memelihara belida lopis.

“(Penjualan ikan chitala lopis) bisa dicek di beberapa sentra perdagangan ikan hias Jakarta,” tutur Irzal.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini