Tak Hanya ASEAN, Atlet Para-Badminton Indonesia Terbukti Mampu Berprestasi di Level Dunia

Tak Hanya ASEAN, Atlet Para-Badminton Indonesia Terbukti Mampu Berprestasi di Level Dunia
info gambar utama

Dunia badminton Indonesia kembali mempersembahkan prestasi. Kali ini, prestasi datang dari para atlet disabilitas yang beraksi di Canadian Para-Badminton International 2023.

Canadian Para-Badminton International 2023 merupakan ajang para-badminton yang mempertemukan 233 atlet para-badminton dari 39 negara. Ajang tersebut dilaksanakan di Ottawa, Kanada, pada 14-18 Juni lalu.

Hasilnya, Indonesia mampu membawa pulang sepuluh medali. Adapun medali-medali tersebut terdiri dari empat medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Empat medali emas disumbangkan oleh Subhan/Rina Marlina, Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila (ganda campuran SL3 - SU5), Qonitah Ikhtiar (tunggal putri SL3), dan Rina Marlina (tunggal putri SH6).

Lalu medali perak disumbangkan Khalimatus Sa’diyah (tunggal putri SL4), Leani Ratri/Khalimatus (ganda putri SL3-SU5) dan Fredy Setiawan/Khalimatus (ganda campuran SL3-SU5). Sementara itu, penyumbang medali perunggu adalah Fredy Setiawan dan Hikmat Ramdani (tunggal putra SL4) dan Dheva Anrimusti (tunggal putra SU5).

Pencapaian ini tentu luar biasa. Apalagi, ada atlet Indonesia yang awalnya sempat mengalami kesulitan dengan bertanding menggunakan peralatan seadanya dari hasil pinjaman gara-gara insiden koper hilang.

Meski demikian, para atlet Indonesia sudah melakukan usaha terbaik yang berbuah hasil baik pula. Terlebih, ajang ini adalah tempatnya mengumpulkan poin untuk menuju Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Catatan Laga Timnas Indonesia vs Argentina: Terbukti, Garuda Mampu Meladeni Juara Dunia!

Menyusul ASEAN Para Games 2023

Perjuangan lain yang harus dilalui para atlet adalah langsung pergi menuju Kanada setelah menuntaskan ASEAN Para Games 2023. Namun pada akhirnya perjuangan itu juga berbuah manis karena kesuksesan di ASEAN Para Games 2023 bisa berlanjut di Kanada.

“Kendala utama yang dihadapi atlet tentu masalah pemulihan karena sebelumnya atlet tampil di APG langsung menuju ke Kanada dan juga panjangnya perjalanan,” ujar pelatih para-bulu tangkis Indonesia Jarot Hernowo seperti diwartakan ANTARA.

Ya, tim para-badminton Indonesia memang juga berprestasi di ASEAN Para Games 2023. Tercatat, Indonesia mampu meraih 30 medali yang terdiri dari 13 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Dengan medali yang diraih, Indonesia berhasil menduduki posisi teratas di cabor para-badminton. Di urutan kedua, ada Thailand dengan koleksi 29 medali dan disusul Malaysia yang menempati posisi ketiga dengan raihan 10 medali.

Kesuksesan di ASEAN Para Games 2023 yang berlanjut di Canadian Para-Badminton International 2023 sekaligus membuktikan bahwa para-badminton Indonesia tidak hanya mampu berprestasi di level Asia Tenggara, melainkan dunia.

Indonesia Open, Ajang Badminton yang Seakan Bersahabat dengan Viktor Axelsen



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini